Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka L300 (Pick Up dan Minibus)

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka L300 – Saat membali Mitsubihsi L300 bekas, Anda harus memeriksa nomor rangka dan nomor mesinnya agar sesuai dengan data yang ada pada STNK dan BPKB.

Advertisements

Hal ini penting dilakukan agar proses balik nama dan pembayaran pajak Anda nantinya menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesinnya.

Lalu dimanakah letak nomor mesin dan nomor rangka L300?

Letak nomor rangka L300 pick up dan minibus terletak di roda belakang sebelah kanan, sedangkan letak nomor mesin L300 pick up dan minibus berada di bawah jok kursi depan sebelah kiri.

Daftar Isi :

  1. Letak Nomor Rangka L300 Pick Up dan Mini Bus
  2. Letak Nomor Mesin L300 Pick Up dan Mini Bus
  3. Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 Secara Online
  4. Arti dan Fungsi Nomor Rangka L300
  5. Arti dan Fungsi Nomor Mesin L300
  6. Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 yang Tidak Sesuai
  7. Cara & Syarat Pengurusan Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 yang Hilang

Letak Nomor Rangka L300 Pick Up dan Mini Bus

letak nomor rangka l300
Advertisements

Nomor Rangka L300 terletak pada sisi dalam ban belakang mobil sebelah kanan. Nomor rangka tersebut sangat mudah dijangkau karena terlihat dengan jelas dari celah-celah mobil.

Letak Nomor Mesin L300 Pick Up dan Mini Bus

Nomor mesin L300 Pick Up dan Mini Bus terletak di bawah jok penumpang baris pertama sebelah kiri. Lebih tepatnya di sebelah kiri dinamo starter. Untuk melihatnya, Anda harus membuka dulu kursinya, baru Anda bisa melihat nomor mesin mobil tersebut.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat penjelasan letak nomor mesin L300 pada gambar di bawah ini.

letak nomor mesin l300
letak nomor mesin l300
Advertisements

Mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin diperlukan saat Anda ingin membeli mobil L300 bekas. Karena jika terjadi ketidakcocokan data antara nomor mesin dan nomor rangka dengan STNK dan BPKB, maka akan menyulitkan Anda dalam pengurusan balik nama kendaraan dan pembayaran pajak L300 nantinya.

Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 Secara Online

Jika Anda tidak mengetahui apakah nomor rangka dan nomor mesin mobil yang akan Anda beli murni dari pabrik atau tidak, Anda bisa mengeceknya secara online lalu mencocokkannya pada kendaraan tersebut. Pengecekan ini hanya akan membutuhkan identitas berupa plat nomor kendaraan saja.

Caranya sangat mudah yaitu Anda cukup download sebuah aplikasi melalui smartphone Anda. Pada aplikasi tersebut, selain mengetahui kecocokan antara nomor rangka dan nomor mesin dengan kondisi fisik mobil, Anda juga bisa mengetahui besaran pajak kendaraan beserta dengan dendanya.

Berikut ini tampilan informasi yang akan Anda dapat saat mengunduh aplikasi tersebut.

cek nomor rangka dan nomor mesin l300 online

Untuk mendapatkan informasi seperti di atas, Anda bisa mendownload melalui tombol di bawah ini.

Advertisements

Arti dan Fungsi Nomor Rangka L300

Pada setiap kendaraan memiliki nomor rangka yang berbeda-beda. Nomor rangka itu sendiri berfungsi sebagai informasi untuk mengetahui status kendaraan tersebut seperti sejarahnya, rekam jejak, perbaikan, dan catatan mengenai kepemilikan mobil tersebut.

Nomor rangka kendaraan terdiri dari 17 digit yang dibuat sesuai dengan standar masing-masing negara. Kombinasi angka dan huruf yang ada pada nomor rangka memiliki artinya tersendiri. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel di bawah ini.

No UrutDigit ke 1-3Digit ke 4-8Digit ke 9Digit ke 10-17
ArtiDigit ke 1 dan 2 menunjukkan negara perakitan kendaraan.
Digit ke 3 biasanya menunjukkan produsen kendaraan 
Tipe kendaraan (jenis dan ukuran mesin, model mobil, posisi setir, dll.Security code atau check digit untuk mengidentifikasi nomor rangka tersebut adalah resmiDigit ke 10 berisi tahun produksi kendaraan.  
Digit ke 11 – 17 berisi nomor urut produksi.

Arti dan Fungsi Nomor Mesin L300

Pada setiap kendaraan memiliki nomor mesin yang berbeda-beda. Nomor mesin terdiri dari 6 digit. Dari nomor mesin tersebut dapat diketahui informasi tentang tipe mesin dan urutan perakitan mesin dari pabriknya.

Baik nomor mesin ataupun nomor rangka, keduanya sudah tercantum dalam STNK dan BPKB. Jika Anda membeli mobil baru, Anda tidak perlu khawatir karena nomor rangka dan nomor mesin pada surat kendaraan bisa dipastikan cocok.

Namun jika Anda membeli kendaraan bekas, maka Anda perlu mengecek kecocokan data antara nomor mesin dan nomor rangka tersebut pada STNK dan BPKB.

Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 yang Tidak Sesuai

Jika terjadi ketidakcocokan antara nomor rangka dan nomor mesin kendaraan dengan yang tertera di STNK dan BPKB, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah. Bisa saja kendaraan Anda akan dicurigai sebagai kendaraan hasil curian dan disita oleh kepolisian.

Perbedaan nomor rangka atau nomor mesin pada kendaraan itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Rangka  kendaraan yang digunakan bukan orisinil produksi dari pabrik.
  • Telah dilakukan penggantian mesin tanpa meminta surat keterangan penggantian mesin.
  • Kendaraan tersebut hasil curian.

Oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati dalam melakukan pembelian motor atau mobil bekas.

Lalu bagaimana jika nomor mesin atau nomor rangka kendaraan bekas yang Anda beli hilang karena usia mobil yang sudah tua? Silahkan baca cara pengurusan nomor mesin dan nomor rangka yang hilang pada penjelasan di bawah ini.

Cara & Syarat Pengurusan Nomor Rangka dan Nomor Mesin L300 yang Hilang

Jika terjadi ketidakcocokan nomor rangka dan nomor mesin akibat usia kendaraan, Anda harus melakukan pencetakan kembali nomor rangka dan nomor mesin sekaligus perubahan data pada STNK dan BPKB.

Syarat Pengurusan Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang Hilang

  • Pengisian formulir permohonan
  • Tanda bukti identitas pemilik
  • BPKB
  • STNK
  • Surat permohonan dari pemilik tentang perubahan nomor regristrasi yang diinginkan
  • Hasil cek fisik kendaraan

Cara Pengurusan Nomor Rangka & Nomor Mesin yang Hilang

  1. Datang ke Samsat di mana kendaraan Anda terdaftar.
  2. Minta surat pengantar dari Samsat yang menyatakan bahwa nomor rangka kendaraan Anda hilang murni karena usia mobil yang sudah tua, bukan karena kendaraan yang bermasalah.
  3. Setelah itu, datang ke Polda setempat dengan membawa kendaraan, surat-surat kendaraan, dan juga surat pengantar dari Samsat.
  4. Kemudian berikan surat pengantar tersebut ke bagian Administrasi yang ada di Polda.
  5. Lakukan cek fisik kendaraan ulang di Polda.
  6. Setelah cek fisik, Anda akan mendapatkan surat keterangan dari Polda yang menyatakan hilangnya nomor rangka kendaraan Anda.
  7. Setelah itu, bawa kendaraan Anda ke dealer resmi dan serahkan surat pengantar dari Polda untuk proses nomor rangka atau nomor mesin Anda yang baru.