Letak Kiprok Mio Karbu, GT, J, dan Xeon

Letak Kiprok Mio – Kiprok merupakan salah satu bagian vital yang sangat diperlukan kendaraan. Hal ini karena kiprok berfungsi untuk menstabilkan dan menahan kelistrikan pada motor yang bersangkutan.

Advertisements

Anda perlu mengetahui letak kiprok mio sporty agar dapat menggantinya sendiri saat motor tersebut rusak.

Lalu dimana letak kiprok mio? Letak kiprok Mio Smile atau Mio Karbu adalah berada di dalam body bagian kanan dekat dengan knalpot. Letak kiprok Mio GT, Mio J, dan Mio Xeon adalah terletak di dalam body bagian depan dekat dengan injakan kaki pengemudi.

Untuk informasi lebih jelas seputar kiprok Mio, silahkan simak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Letak Kiprok Mio
  • Harga Kiprok Mio
  • Cara Kerja Kiprok Mio
  • Tanda Kiprok Mio Perlu Diganti
  • Waktu Ganti Kiprok Mio
Advertisements

Letak Kiprok Mio

Letak Kiprok mio berbeda-beda untuk setiap tipenya. Berikut penjelasannya.

Mio Smile (Karbu)

Kiprok pada Mio Smile terletak pada body bagian kanan motor dekat dengan knalpot. Untuk dapat menjangkaunya, Anda perlu membuka terlebih dahulu body mio tersebut.

Pembukaan body Mio Smile, bisa dilakukan dengan melepaskan kurang lebih 10 baut disekitarnya. Setelah itu, kiprok akan terlihat menempel pada body motor.

Berikut penjelasan gambarnya.

letak mio karbu / karbu

Mio GT, Mio J, dan Mio Xeon    

Untuk Mio GT, Mio J, dan Mio Xeon memiliki letak kiprok yang sama. Letak kiprok pada ketiga tipe Mio tersebut lebih mudah dijangkau dibandingkan dengan Mio Smile.

Anda hanya perlu membuka kerangka Mio Depan yang bagian dalam saja (bagian yang biasanya digunakan untuk injakan kaki pengemudi). Setelah itu, kiprok akan terlihat dengan posisi menghadap ke dalam.

Berikut ini penjelasan gambar letak kiprok Mio GT, Mio J, dan Mio Xeon.

Advertisements
letak kiprok mio gt, j, dan xeon

Harga Kiprok Yamaha Mio

Terdapat kiprok Mio yang original dan KW. Kiprok Kw biasanya memiliki nilai jual yan lebih murah. Namun, Anda harus memastikan bahwa kiprok yang Anda beli adalah yangoriginal. Karena, kiprok Kw hanya akan bisa bertahan selam 1-2 bulan saja.

Lalu apa tanda Kiprok ori dan Kw? Untuk sekilas, kiprok ori akan terlihat sama saja dengan kiprok Kw. Namun, jika dilihat lebih detail pada bungkus kiprok ori akan terdapat keterangan spare part dan kode motor sparepart. Namun, kiprok non ori hanya akan menjelaskan nama motor saja.

Harga kiprok Mio Ori berkisar antara Rp. 30.000,00 hingga Rp. 40.000,00.

Jika Anda ingin membeli kiprok Mio original dengan harga terjangkau dan gratis ongkir, Anda bisa mengunjungi Toko Otomotif Shopee melalui tombol berikut.

Advertisements

Cara Kerja Kiprok Motor Mio

Banyak orang hanya memperhatikan aki motor tanpa memperhatikan kiproknya. Padahal jika kiprok rusak, maka aki tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Lalu bagaimana cara kerja kirpok?                                                                                                

Cara kerja kiprok adalah dengan mengganti aliran arus AC (bolak-balik) menjadi DC (searah). Sebelum ke kiprok, seluruh kelistrikan motor baik lampu, bel motor, dan lain-lain akan berkumpul di spul. Saat berada di spul, arus listrik nya masih berupa AC (arus bolak balik).

Setelah itu, seluruh kabel akan menuju ke kiprok untuk di ubah menjadi DC (arus searah). Tidak hanya mengubahnya menjadi DC saja, kiprok juga akan menstabilkan arus listrik pada motor yang bersangkutan.

Arus listrik dari kiprok tersebutlah yang akan dialirkan menuju ke aki. Aki akan mengaliri arus keluar saja namun akan lebih stabil karena bantuan dari kiprok tersebut.

Tanda Kiprok Mio Perlu Diganti

Tidak ada waktu pasti biasanya kiprok Mio perlu diganti. Biasanya kiprok Mio akan diganti jika mengalami beberapa tanda berikut, seperti:

  • Aki cepat habis
  • Lampu motor menyala dengan redup
  • Lampu motor tidak bisa menyala
  • Bel motor mati
  • Auto Starter tidak dapat digunakan
  • Motor tidak bisa menyala

Tanda-tanda tersebut bisa terjadi karena aki yang habis. Jadi Anda perlu pastikan masalah kendaraan Anda berada di aki atau di kiproknya. Namun, jika aki baru diisi dan cepat habis, maka sudah dipastikan masalah pada motor tersebut terletak pada kiproknya.