Letak Kiprok Beat Injeksi dan Karbu

Letak Kiprok Beat – Kiprok (rectifier regulator) yang ada pada motor Beat merupakan salah satu komponen pada motor yang fungsinya mengatur dan menstabilkan arus listrik. Kiprok yang rusak bisa menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan karena arus kelistrikan motor tidak berjalan dengan baik.

Advertisements

Kiprok yang digunakan untuk motor Beat injeksi berbeda dengan kiprok pada motor Beat Karbu. Oleh sebab itu, gunakanlah kiprok dengan kode yang sesuai dengan jenis motor beat yang Anda gunakan.

Lalu di mana letak kiprok Honda Beat? Letak kiprok Beat injeksi dan adalah di dalam bodi motor sebelah kanan. Letak kiprok Beat karbu adalah di dalam body motor sebelah kanan.

Jika kiprok beat Anda rusak, Anda harus melakukan pergantian. Berikut rekomendasi toko otomotif shopee untuk mempermudah Anda dalam mencari ganti kiprok beat Anda.

Advertisements

Untuk mengetahui infomasi yang lebih jelas tentang kiprok Beat, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Letak Kiprok Honda Beat Injeksi dan Beat Karbu
  • Fungsi Kiprok Motor Honda Beat
  • Perbedaan Kiprok Motor Beat Injeksi dan Beat Karbu
  • Ciri –  Ciri Kiprok Beat yang Rusak
  • Tips Merawat Kiprok Honda Beat

Letak Kiprok Honda Beat Injeksi dan Beat Karbu

Letak kiprok motor Beat FI (injeksi) dan beat karbu sama, yaitu di dalam body motor sebelah kanan. Untuk mengetahui posisi kiprok tersebut, Anda harus membuka cover nya terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat gambar di bawah ini.

letak kiprok beat
Advertisements
letak kiprok beat

Fungsi Kiprok Motor Honda Beat

Kiprok pada Honda Beat injeksi dan Beat karbu memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

Menstabilkan arus tegangan listrik

Kiprok bertugas untuk menstabilkan arus dan tegangan yang kemudian dialihkan ke aki. Karena jika arus listrik yang mengalir ke aki terlalu besar, maka akan terjadi over change. Begitupun jika arus istrik yang mengalir ke aki terlalu kecil, maka akan menyebabkan aki tekor.

Oleh sebab itu, pentingnya fungsi kiprok adalah untuk menstabilkan arus listrik tersebut agar tegangan dan arus selalu seimbang.

Mengubah arah arus listrik menjadi satu arah

Arus AC (Alternating Current) yang dihasilkan oleh spul akan dirubah menjadi arus DC (Direct Current) atau arus searah sebelum arus tersebut mengalir ke aki. Karena arus yang mengalir ke aki harus dalam bentuk arus searah.

Perbedaan Kiprok Motor Beat Injeksi dan Beat Karbu

Seringakali pengguna motor Beat tidak mengetahui bahwa kiprok yang digunakan untuk Beat injeksi dan Beat karbu itu berbeda. Pengguna Beat injeksi seringkali membeli kiprok Beat karbu yang harganya lebih murah (sekitar Rp. 111.000) dibanding kiprok Beat Injeksi yang memiliki harga sekitar Rp. 346.000.

Berikut ini beberapa perbedaan antara kiprok Beat injeksi dan kiprok Beat Karbu:

Kode part yang berbeda

Kode part kiprok yang digunakan untuk motor Beat injeksi dan Beat Karbu berbeda. Untuk Beat Karbu, kode part yang digunakan adalah 31600KVBN51. Sementara kode part kiprok untuk Beat Injeksi adalah 31600K25931.

Bentuk kiprok dan jumlah soket yang berbeda

Kiprok yang digunakan untuk Beat injeksi memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kiprok Beat karbu. Selain itu, jumlah soket pada Beat karbu ada 4, sedangkan soket pada Beat injeksi ada 5. Sehingga kiprok tersebut tidak bisa saling tukar dalam pemasangannya pada motor Beat.

Ciri –  Ciri Kiprok Beat yang Rusak

Setiap komponen yang ada motor mungkin saja terjadi kerusakan. Begitupun juga kiprok Beat. Pada umumnya, ada beberapa gejala yang ditunjukkan jika kiprok motor Beat tersebut mengalami kerusakan, antara lain:

Advertisements

Lampu motor mati

Gejala yang paling sering muncul adalah lampu motor yang berungkali mati meski sudah diganti yang baru. Jika lampu tiba – tiba mati pada saat motor Beat Anda melaju dengan kecepatan tinggi, bisa jadi kiprok tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke lampu sehingga lampu tiba – tiba mati.

Aki cepat tekor

Kerusakan kiprok juga bisa menjadi salah satu ciri – ciri kerusakan kiprok. Kerusakan ini bisa dideteksi sebelum motor Beat tersebut dijalankan. Jika kiprok rusak, maka arus listrik dalam baterai terkuras dan aki menjadi tekor.

Jika aki tekor, maka akan mempengaruhi kelistrikan pada komponen lainnya seperti starter mati dan suara klakson akan meredup.

Motor Beat tiba – tiba mati

Jika kiprok rusak, maka seluruh komponen listrik tidak bisa berjalanan dengan normal. Hal tersebut mengakibatkan tidak adanya arus listrik ke aki sehingga motor Beat tersebut akan mogok atau bahkan tidak bisa dihidupkan.

Tips Merawat Kiprok Honda Beat

Sebelum terjadi kerusakan, sebaiknya Anda melakukan perawatan agar motor Beat tetap berfungsi dengan normal. Berikut ini beberapa tips merawat Beat Injeksi:

Lakukan pengecekan rutin pada sistem kelistrikan motor Beat

Hal yang pertama dilakukan adalah lakukan pengeceka pada seluruh komponen kelistrikan yang ada pada motor Beat. Anda bisa membawanya ke bengkel terpercaya untuk melakukan pemeriksaan. Agar jika ditemukan kerusakan segera bisa diatasi.

Pastikan tegangan arus listrik pada motor Beat dalam kondisi normal

Anda bisa mengecek tegangan arus listrik tersebut sendiri. Tegangan yang normal pada motor adalah 13,5 V. Jika tegangan terlalu rendah atau terlalu tinggi maka bisa mempengaruhi kinerja motor Beat tesebut.