Legalisir SKCK : Cara, Syarat, dan Biaya

Legalisir SKCK – Seperti kita ketahui, SKCK banyak dibutuhkan untuk kelengkapan persyaratan adaministrasi salah satunya lamaran pekerjaan. Namun biasanya yang dikumpulkan sebagai syarat dokumen SKCK hanya bentuk fotokopi.

Advertisements

Walaupun begitu, fotokopi yang bisa digunakan untuk melengkapi syarat administrasi biasanya fotokopi SKCK yang dilengkapi dengan legalisir dari instansi yang berwenang.

Bagaimana cara mengurus legalisir SKCK? Anda bisa mengurus Legalisir SKCK dengan membawa SKCK asli dan fotokopi SKCK sebanyak yang anda butuhkan ke instansi kepolisian yang menerbitkan SKCK anda

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Legalisir SKCK anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Daftar Isi :

  • Syarat Legalisis SKCK
  • Cara Legalisir SKCK
  • Biaya legalisir SKCK
  • Pertanyaan seputar legalisir SKCK

Syarat Legalisir SKCK

Advertisements

Legalisir merupakan proses pembubuhan cap stempel dan disertai tanda tangan pihak berwenang. Legalisir SKCK bertujuan untuk membuktian bahwa fotokopi SKCK anda adalah dokumen valid atau dapat dipercaya keasliannya.

Syarat dalam mengajukan Legalisir SKCK adalah anda hanya perlu membawa SKCK asli dan fotokopi SKCK  ke kantor kepolisian yang menerbitkan SKCK asli anda.

Cara legalisir SKCK

Cara legalisir dapat dibilang cukup mudah dan simple, anda bisa mengikuti langkah-langkah berkut ini :

  1. Siapkan SKCK Asli dan Fotokopi SKCK

    Hal pertama yang perlu anda lakukan menyiapkan dokumen asli SKCK serta fotokopi SKCK sebanyak yang anda butuhkan. Namun biasanya terdapat ketentuan maksimal legalisir yaitu maksimal 5-10 lembar tergantung pada kebijakan kantor polisi daerah anda.

  2. Datang ke Polsek, Polres atau Polda pada jam pelayanan kerja

    Setelah berkas dokumen siap, anda bisa datang ke kantor polisi yang menerbitkan SKCK asli anda pada jam pelayanan, yaitu pada hari Senin – Jumat jam 08.00 – 15.00. usahakan untuk datang di awal waktu untuk menghindari adanya antrean.

  3. Serahkan Dokumen ke Loket Pelayanan SKCK

    Langkah selanjutnya adalah lakukan pendaftaran dan berikan dokumen ke loket pelayanan SKCK, selanjutnya petugas akan langsung meproses legalisir SKCK anda.

  4. Proses Legalisir SKCK Selesai

    Proses legalisir SKCK biasanya hanya membutuhkan waktu yang singkat. Anda telah menerima dokumen legalisir SKCK anda yaitu fotokopi SKCK yang telah dibubuhi cap dan tanda tangan pihak kepolisian yang berwenang.

Advertisements

Biaya legalisir SKCK

Biaya pengurusan legalisir SKCK tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. jika anda dimintai biaya mintalah kuitans resmi Kepolisian tersebut, jika kuitansi tidak ada, maka kemungkinan itu merupakan Pungli atau pungutan liar.

Pertanyaan seputar Legalisir SKCK

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang masih banyak ditanyakan masyarakat mengenai legalisi

Legalisir SKCK untuk apa saja ?

Legalisi SKCK bisa digunakan untuk berbagai keperluan kelengkapan administrasi. Walaupun hanya bentuk fotokopi namun dengan adanya legalisir dari instansi kepolisian terkait menandakan dokumen tersebut valid.

Salah satu contohnya adalah pada para pencari pekerjaan yang biasanya akan melamar di lebih dari 1 tempat, disinilah fungsi legalisir digunakan. Sehingga anda bisa menyimpan SKCK asli dan tidak perlu mengurus penerbitan SKCK baru berulang kali. Selain menghemat waktu juga menghemat biaya.

Dimana Legalisir SKCK?

Advertisements

Legalisir SKCK dilakukan di instansi kepolisian yang menerbitkan SKCK anda. jika anda membuat SKCK asli di Polres Bandung maka anda perlu mengurus legalisir SKCK di Polres Bandung.

Berapa lama legalisir SKCK?

Proses legalisir SKCK hanya berlangsung 1 hari, untuk proses legalisir SKCK di kantor polisi sendiri hanya berlangsung sekitar 30 menit dan tergantung benyaknya antrean.

Apakah Legalisir SKCK bisa online?

Tidak, legalisir SKCK online saat ini tidak ada dalam pelayanan online kepolisian.

Apakah legalisir SKCK bisa diwakilkan?

Bisa, anda bisa meminta tolong kerabat atau teman yang bisa dipercaya untuk mengurus legalisir SKCK. Dengan syarat menunjukan SKCK asli.