Lama Mutasi Mobil dan Motor

Lama Mutasi – Cabut berkas atau mutasi, merupakan proses yang dilakukan untuk mengurus perpindahan domisili mobil maupun motor ke luar kota atau daerah. Proses mutasi tersebut dilakukan di dua tempat, yaitu di samsat asal kendaraan dan samsat tujuan domisil baru Anda.

Advertisements

Lalu berapa lama proses mutasi mobil dan motor? Lama mutasi adalah kurang lebih selama 1 bulan, dengan waktu mutasi keluar 3-7 hari dan mutasi masuk 1-2 minggu.

Silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Lama Waktu Mutasi
  • Berapa Lama Proses Mutasi keluar di Samsat Asal
  • Berapa Lama Proses Mutasi Masuk di Samsat Tujuan
  • Lama Proses BPKB Keluar
  • Tempat Pengambilan Berkas Mutasi
Advertisements

Lama Mutasi Mobil dan Motor

Setiap kendaraan yang pindah domisili ke luar kota harus melakukan proses mutasi. Tujuannya adalah untuk memperbarui identitas domisili kendaraan yang ada pada surat – suratnya seperti STNK dan BPKB.

Seluruh proses mutasi keluar dari kota asal hingga ke kota tujuan membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan lamanya.

Karena proses mutasi keluar dilakukan di Samsat asal terlebih dahulu. Setelah mendapatkan berkas mutasi, kemudian menuju ke Samsat di daerah tujuan Anda untuk mutasi masuk.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan seluruh berkas – berkas mutasi yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti KTP, STNK, BPKB, bukti cek fisik, dan Kuitansi jual beli (untuk kendaraan bekas).

Berapa Lama Proses Mutasi keluar di Samsat Asal

Proses pertama yang dilakukan untuk mutasi adalah menuju ke kantor Samsat asal dan melakukan mutasi keluar. Semua berkas persyaratan yang dibutuhkan akan diinput datanya oleh petugas Samsat.

Pemrosesan data dapat dilakukan 1 hari kerja saja. Namun, untuk proses penerbitan surat mutasi dan data kendaraan, Anda memerlukan 3-7 hari tergantung pada masing – masing Samsat di setiap daerah.

Pada tahap ini Anda akan dikenakan biaya untuk mutasi keluar sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

Anda bisa datang lagi ke kantor Samsat lagi untuk mengambil berkas mutasi sesuai dengan tanggal yang ditentukan oleh petugas Samsat.

Berapa Lama Proses Mutasi Masuk di Samsat Tujuan

Advertisements

Setelah mendapatkan berkas mutasi, selanjutnya adalah menyerahkan berkas mutasi tersebut ke kantor Samsat di daerah tujuan Anda.

Anda harus melakukan mutasi masuk dengan segera karena sebelum melakukan mutasi masuk, kendaraan Anda dianggap kendaraan mati.

Untuk lamanya proses mutasi masuk di Samsat tujuan kurang lebih 1 – 2 minggu. Di beberapa daerah ada yang membutuhkan waktu sekitar 1 bulan lamanya,tergantung dari Samsat setiap daerah.

Proses mutasi masuk memang lebih lama dibandingkan dengan mutasi keluar. Anda perlu menunggu STNK, plat nomor, serta proses BPKB yang baru selesai.

Lama Proses BPKB Keluar

Proses mutasi kendaraan dilakukan untuk mengubah data terkait pemilik kendaraan yang ada pada surat – surat kendaraan termasuk BPKB. Data pada BPKB yang akan diubah saat proses mutasi hanya alamatnya. Sehingga Anda

Lalu berapa lama BPKB keluar saat proses mutasi?

Pengurusan BPKB saat proses mutasi kendaraan membutuhkan waktu kurang lebih 7 – 14 hari. Lama nya proses BPKB tersebut tergantung pada Samsat masing – masing daerah.

Selama BPKB baru belum keluar, Anda akan diberi surat jalan sementara sebagai ganti BPKB yang masih berada di Samsat.

Tempat Pengambilan Berkas Mutasi

Seluruh proses mutasi tersebut harus Anda lakukan secara berurutan mulai dari mutasi keluar di Samsat asal hingga memasukkan berkas mutasi masuk di Samsat daerah tujuan nantinya.

Untuk pengambilan berkas mutasi keluar dilakukan di Kantor Samsat asal sesuai dengan domisili kendaraan tersebut terdaftar. Berkas mutasi keluar yang akan Anda terima berupa STNK, BPKB, serta surat mutasi kendaraan.

Sedangkan untuk proses serta pengambilan berkas mutasi masuk dilakukan di Kantor Samsat sesuai dengan daerah tujuan Anda. Berkas mutasi yang akan Anda terima di Samsat tujuan tersebut berupa BPKB dan STNK dengan identitas baru serta plat nomor sesuai kota yang dituju.