Advertisements

Layanan Online KTP Banda Aceh, Cara, Syarat, & Cek NIK Nya

Advertisements
dukcapil banda aceh
Gambar Dukcapil Banda Aceh Diambil Oleh Yulif Maimun

KTP Banda Aceh – Selain sebagai identitas resmi untuk Penduduk 17 tahun keatas, KTP (Kartu Tanda Kependudukan) juga banyak diperlukan untuk administrasi berbagai layanan Publik, bagi anda warga Banda Aceh yang hendak membuat KTP, berikut ini kami sajikan penjelasan seputar pembuatan KTP Banda Aceh.

Daftar Isi :

  • Layanan Online KTP Banda Aceh
  • Disdukcapil Banda Aceh
  • Layanan Disdukcapil Aceh
  • Syarat Buat KTP di Banda Aceh
  • Cara pembuatan KTP Banda Aceh
  • Cek NIK KTP Banda Aceh
  • Foto KTP Banda Aceh
  • Kode KTP Banda Aceh

Layanan Online KTP Banda Aceh

Pembuatan KTP di Banda Aceh bertempat di Kantor Disdukcapil Banda Aceh, pelayanan hanya dilakukan secara offline atau tatap muka.

Namun anda bisa mengambil nomor antrian pelayanan secara online melalui website Disdukcapil Banda Aceh https://disdukcapil.bandaacehkota.go.id/,  sehingga anda tidak perlu lama lama mengantri di layanan Dukcapil.

Disdukcapil Banda Aceh

Bagi anda yang hendak mengajukan KTP Banda Aceh silahkan datang ke Kantor Disdukcapil Banda Aceh yang berlokasi Jl. TGK. Abu Lam U No.7, Lam Teeh, Baiturrahman, Kp. Baru, Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh 23232 lokasi Kantor Disdukcapil berada satu atap dengan kantor Walikota.

Disdukcapil Banda Aceh memberikan pelayanan pada jadwal pelayanan berikut  :

HariJam Pelayanan
Senin – Kamis08.30 – 16.00 (istirahat 12.30 – 13.30)
Jumat08.30 – 16.00 (istirahat 11.30 – 14.00)
Advertisements

Lokasi Disdukcapil Banda Aceh :

Layanan Disdukcapil Aceh

Disdukcapil Banda Aceh selain melayani pembuatan KTP, juga memberikan layanan administrasi kependudukan lainnya, diantaranya adalah :

  •  KK
  • KTP
  • KIA
  • Akta Perkawinan dan Perceraian
  • Akta Kelahiran dan Kematian
  • Surat Keterangan Pindah atau Datang Banda Aceh
  • Perubahan elemen data Kependudukan, dll.

Untuk pengurusan akta kelahiran dan kematian bisa anda lakukan secara online melalui https://sihati.bandaacehkota.go.id/.

Syarat Buat KTP di Banda Aceh

Berikut ini adalah syarat membuat KTP Banda Aceh yang harus anda siapkan :

  • Telah berumur 17 tahun atau sudah menikah / pernah menikah
  • Fotokopi KK
  • Mengisi formulir (F1.21)

Cara Membuat KTP Banda Aceh Online

Advertisements

Berikut ini cara pembuatan KTP Banda Aceh, yang bisa anda ikuti  :

  1. Siapkan dokumen KK

    Pertama siapkan KK anda, kemudian fotokopi dokumen tersebut dan simpan KK asli anda. untuk pembuatan KTP, hanya membutuhkan fotokopi KK

  2. Daftar antrian online

    Agar anda tidak perlu mengantri lama-lama di Disdukcapil silahkan ambil nomor antrian melalui website https://disdukcapil.bandaacehkota.go.id, kemudian pilih menu “antrian online” > masukkan NIK dan keperluan > klik “ambil antrian.

  3. Datang ke Disdukcapil pada jam pelayan

    Selanjutnya silahkan menuju Disdukcapil Banda Aceh sesuai dengan jam pelayanan Disdukcapil, jangan lupa dengan membawa dokumen persyaratan

  4. Serahkan dokumen persyaratan di loket KTP

    Setelah petugas memanggil nomor antrian anda, silahkan serahkan dokumen persyaratan, petugas akan memberikan formulir (F1.21). isi formulir tersebut kemudian kembalikan pada petugas.

  5. Lakukan perekaman Data Biometrik

    Setelah menginput data petugas akan mengarahkan anda untuk perekaman data KTP elektronik yang terdiri dari, pengambilan foto KTP, rekam sidik jari, iris mata dan tanda tangan.

  6. Tunggu proses cetak KTP

    Selanjutnya petugas akan memverifikasi data KTP anda, dan mencetak KTP ketika sudah mendapat verifikasi dari database kependudukan pusat. Proses cetak KTP kurang lebih 20 menit. namun juga tergantung pada antrian dan ketersediaan blanko KTP.

  7. Ambil KTP di loket KTP

    Setelah KTP anda dicetak petugas akan kembali memanggil nama anda menuju loket KTP untuk mengambil KTP baru anda. pengurusan KTP ini  tidak dikenakan biaya (gratis)

Cara Membuat KTP

Cek NIK KTP Banda Aceh

Jika anda NIK anda tidak bisa ditemukan atau tidak aktif saat melakukan administrasi di instansi layanan publik seperti BPJS, Bank, Pajak dll. Anda bisa mengajukan update data atau konsolidasi data KTP anda.

Aktivasi dan Konsolidasi data KTP Banda Aceh bisa anda lakukan di Kantor Disdukcapil Banda Aceh dengan membawa dokumen KK dan KTP.

Ganti KTP Hilang dan Rusak Banda Aceh

Bagi anda yang hendak melakukan pengajuan cetak ulang KTP hilang dan rusak, bisa anda lakukan di Disdukcapil Banda Aceh, dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut :

  • Fotokopi KK
  • Surat keterang hilang dari kepolisian setempat (jika hilang)
  • KTP-el lama yang rusak (jika KTP rusak)

Foto KTP Banda Aceh

Contoh  foto KTP Banda Aceh bisa anda lihat pada gambar berikut ini :

KTP Banda aceh
contoh KTP belakang

Kode KTP Banda Aceh

Dalam  NIK KTP terdapat 16 angka yang mengandung kode daerah, tanggal lahir, jenis kelamin dan kode sistematik pada pendaftaran KTP.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :

Cara Baca NIK KTP Banda Aceh
Advertisements

Keterangan : tanggal lahir pada NIK ditulis berdasarkan dengan jenis kelamin, untuk laki-laki tanggal lahir ditulis 01-31 (tidak berubah) sedangkan perempuan tanggal lahir ditambah dengan 40 (41-71)

Kode KTP Banda Aceh adalah 11.71 dimana angka 11 merupakan kode Provinsi Aceh dan kode 71 merupakan kode Kota Banda Aceh, kemudian diikuti kode kecamatan.

Berikut ini adalah daftar kode Kecamatan di Kota Banda Aceh :

Kode KTPKecamatan
11.71.01Baiturrahman
11.71.02Kuta Alam
11.71.03Meuraxa
11.71.04Syiah Kuala
11.71.05Lueng Bata
11.71.06Kuta Raja
11.71.07Banda Raya
11.71.08Jaya Baru
11.71.09Ulee Kareng