Konsumsi Bensin Brio per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Brio – Setiap mobil memiliki kapasitas bensin yang berbeda – beda, termasuk mobil Honda Brio. Honda Brio merupakan salah satu mobil yang memerlukan bahan bakar yang cukup irit. Itulah alasan mengapa banyak orang memilih Honda Brio sebagai kendaraan sehari – hari.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Brio? Konsumsi bensin Brio Satya adalah 22,6 km/liter. Konsumsi bensin Brio RS adalah 20,95 km/liter. Uji konsumsi Honda Brio tersebut dilakukan pada kondisi jalan bebas hambatan. Sedangkan, kapasitas tangki mobil ini sama, yaitu sebesar 35 liter.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang konsumsi bensin Honda Brio, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Brio per Kilometer
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Honda Brio
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Brio dengan Toyota Agya
  • Penyebab Indikator Bensin Brio Tidak Naik

Konsumsi Bensin Brio per Kilometer

Saat dilakukan uji konsumsi bahan bakar, Honda Brio RS dan Honda Brio Satya memang sama – sama irit. Berikut adalah hasil konsumsi bensi Brio per kilometernya.

Advertisements
Tipe MobilKonsumsi Bensin
Honda Brio RS20,95 km/liter
Honda Brio Satya22. 6 km/liter

Nb: konsumsi bensin di atas dipengaruhi oleh kecepatan mobil, kepadatan jalan, dan tekanan angin ban.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar Honda Brio

Berikut ini penjelasan seputar kapasitas tangki dan jenis bensin yang direkomendasikan untuk mobil Honda Brio.

Kapasitas Tangki Bensin Honda Brio

Kapasitas tangki bahan bakar setiap mobil berbeda – beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh kapasitas mesinnya. Semakin besar kapasitas mesin mobil, maka semakin besar pula kapasitas tangki bensinnya.

Namun untuk kapasitas tangki yang dimiliki Honda Brio RS dan Brio Satya sama, yaitu 35 liter. Kapasitas tangki bensin tersebut lebih besar dari Toyota Agya yang memiliki kapasitas tangki 33 liter.

Rekomendasi Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Honda Brio

Sedangkan untuk bahan bakar yang direkomendasikan pabrik untuk Honda Brio adalah Pertamax, dan tidak disarankan untuk menggunakan Pertalite.

Hal tersebut karena saat Honda Brio diuji menggunakan bahan bakar pertalite, pembakaran bahan bakar dinilai kurang sempurna. Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka bisa menurunkan kualitas mesin mobil Honda Brio.

Perbandingan Konsumsi Bensin Brio dengan Toyota Agya

Honda Brio dan Toyota Agya merupakan mobil Hatchback yang masuk dalam status Low Cost  Green  Car (LCGC). Tidak heran jika kedua mobil ini sama – sama memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang tidak jauh berbeda.

Berikut ini perbandingan konsumsi bahan bakar Honda Brio dan Toyota Agya

Merk MobilKonsumsi Bensin
Honda Brio RS20,95 km/liter
Honda Brio Satya22,6 km/liter
Toyota Agya20,75 km/liter
Advertisements

Perlu diingat, pemakaian konsumsi bahan bakar mobil Honda Brio dan Toyota Agya di atas dipengaruhi oleh kecepatan laju mobil, kondisi jalanan, beban mobil, serta tekanan angin ban di setiap mobilnya.

Penyebab Indikator Bensin Mobil Brio Tidak Naik

Ada berbagai permasalahan yang ditemui oleh pemilik Honda Brio, salah satunya adalah indikator bensin yang tidak naik atau bergerak. Hal tersebut tentu akan merepotkan pemilik mobil mengingat fungsi indikator bensin adalah sebagai tanda bahwa mobil harus diisi bensin.

Jika Anda menemukan permasalahan seperti itu, Anda perlu mengetahui dulu penyebabnya. Penyebab indikator bensin mobil Honda Brio tidak naik, antara lain:

Bahan bakar Honda Brio habis total

Salah satu penyebab indikator bensin Brio tidak naik adalah bahan bakar yang ada di dalam tangki bensin sudah habis. Kondisi tersebut menyebabkan indikator bensin tidak naik atau bergerak.

Jika sudah seperti itu, Anda bisa mengecek kondisi bahan bakar di dalam tangki bensin yang berada di sebelah kiri mobil Honda Brio. Jika bensi habis, segera isi bahan bakar mobil Brio Anda agar mobil bisa berfungsi dengan normal.

Aki Honda Brio rusak

Indikator bensin Honda Brio dapat menyala menggunakan arus DC yang didapatkan dari aki mobil. Jika aki mobil rusak, maka aki tidak akan mengantarkan listrik sehingga indikator bensin pun tidak akan berfungsi dengan normal.

Kabel indikator putus

Advertisements

Jika kabel indikator bensin mengalami kerusakan, maka wajar saja jika indikator bensin tidak berfungsi. Untuk mengetahui penyebab kerusakan indikator bensin Honda Brio, segera bawa mobil Brio Anda ke tempat servis untuk pengecekan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Fuel Sensor Brio rusak

Seringkali permasalahan yang terjadi adalah karena fuel sensor yang rusak. Untuk pengecekan fuel sensor rusak atau error Anda harus membawa mobil Anda ke tempat servis. Jika memang penyebabnya adalah fuel sensor yang rusak, maka harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

Pelampung Bensin Brio bermasalah

Pelampung bensin yang ada di dalam dashboard mobil Honda Brio menjadi salah satu alasan indikator bensin tidak menyala.

Untuk menentukan apakah kerusakan indikator bensin disebabkan oleh pelampung bensin atau bukan, Anda perlu mengeceknya dulu dengan cara melepas soket kabel, kemudian hubungkan dengan kabel pelampung tangki.

Jika indikator bensin menyala, maka bisa dipastikan pelampung bensinnya yang megalami kerusakan.

Speedometer Brio rusak

Kemungkinan terakhir kenapa indikator bensin tidak menyala adalah karena speedometer yang error. Bisa saja ada kabel pada speedometer yang putus atau mengalami konslet sehingga indikator bensin tidak berfungsi dengan normal.

Permasalahan ini memang jarang sekali terjadi, namun jika penyebab indikator bensin tidak menyala karena speedometer yang rusak maka akan sulit diperbaiki.