Macam-macam Komunitas Vespa di Indonesia dan Kegiatan Nya

Komunitas Vespa Indonesia
Advertisements

Komunitas Vespa Indonesia – Seperti yang telah diketahui harga dan besar pajak tahunan vespa bervariasi, tergantung model dan tahun keluaran. Meskipun begitu, jumlah peminat motor vespa cukup banyak, hingga terdapat komunitas vespa di Indonesia dan beberapa negara lain.

Apa saja komunitas vespa Indonesia? untuk mengetahui jawab tersebut, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Tahukah Anda, Apa Itu VCI?

VCI (Vespa Club Indonesia) merupakan klub nasional / komunitas motor yang termasuk salah satu terbesar di Indonesia, dan terdaftar di VWC (Vespa World Club).

VWC merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh Piaggio Foundation dan Piaggio & C. S.p.A, yang berlokasi di Italia. Berdasarkan informasi yang diperoleh, cukup banyak penggemar vespa di seluruh dunia menunggu event vespa yang diselenggarakan oleh VWC.

Namun, perlu diketahui di setiap provinsi, bahkan kota dan kabupaten di Indonesia memiliki klub vespa dengan nama masing – masing.

Tujuan dan Kegiatan Komunitas Vespa Indonesia

Bukan hanya sekedar kumpul sana sini, adanya komunitas vespa Indonesia menjadi wadah sesama pengguna dan pecinta motor berjenis skuter, vespa.

Selain itu, mereka juga melakukan beberapa kegiatan, seperti riding, kegiatan kemanusiaan / bakti sosial, baik di daerah masing – masing atau diluar.

Daftar Komunitas Vespa Indonesia

Di bawah ini merupakan beberapa nama komunitas vespa yang berada di wilayah Indonesia.

Advertisements
Asal ProvinsiKomunitas Vespa
DKI JakartaVespa Cowboys Jakarta
BantenEqual Vespa Tangerang
Jawa BaratScooter Owner Club (SOG) – Bandung, Sprinter Bekasi (Khusus Vespa Sprint Se Bekasi Raya)
Jawa TimurSC Scooter Club Surabaya
Jawa TengahVespa Club Semarang (VCS),  Modern Vespa Chapter Solo (MOVE Solo)
D.I YogyakartaMataram Scooter Club (MSC)
BaliVesplore
NTB / Nusa Tenggara BaratRinjani Scooter Club (RSC) – Lombok
NTT / Nusa Tenggara TimurScooter Ala Kupang (SCAK)
Sulawesi UtaraBrotherhood of  Scooters (BOSS)
Sulawesi BaratScooter Adventure Team (SAT) – Mamuju
Sulawesi TengahEboony  Scooter Club (ESC) –  Palu
Sulawesi Tenggara
Sulawesi SelatanScooter Club Nusantara
Gorontalo
AcehAceh Tamiang  Scooter Club (ATSC)
Sumatera UtaraMedan Scooter Club (MSC)
Sumatera BaratScooter Fans Club  Padang
Sumatera SelatanScoots.id Palembang
RiauForum  Komunitas Scooter Riau
Kepulauan RiauBatam  Skuter Community
JambiScooter Independent  Anak Jalanan
Bangka BelitungDewa Scooter Pangkal Pinang
Bengkulu
LampungScooter Owner Group (SOG) Chapter Lampung
Kalimantan UtaraKomunitas Vespa PPU – Penajam Paser Utara
Kalimantan Tengah
Kalimantan BaratSambas Scooter Club (SSC)
Kalimantan  TimurParamods – Bontang
Kalimantan SelatanBanjarmasin Vespa Club
Maluku
Maluku Utara
PapuaJayapura Vespa Club

*) Nama komunitas vespa di atas hanya beberapa yang kami ketahui di provinsi tersebut.

Berikut penjelasan beberapa komunitas vespa di Indonesia.

Vespa Cowboys Jakarta

Vespa Cowboys Jakarta telah berdiri sejak tanggal 12 Juli 2015. Sebenarnya, Vespa Cowboys tidak hanya berada di Jakarta, tetapi juga terdapat di kota lain, yaitu Bali, Bandung, Medan, Makassar, Jambi, dan Banten.

Pada komunitas ini tidak hanya pemilik vespa matic saja yang dapat bergabung, tetapi pemilik vespa klasik diperbolehkan untuk bergabung.

Komunitas Vespa Cowboys Jakarta memiliki kegiatan rutin riding bulanan / monthly riding. Bukan hanya itu saja, Vespa Cowboys Jakarta cukup sering mengikuti event, antara lain :

  • Scooter Vaganza
  • Jakarta Nite Ride Vol. 4
  • Jakarta Nite Ride Vol. 5, dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kegiatan komunitas VESPA Cowboys Jakarta, silahkan kunjungi akun Instagram vespacowboysjakarta.

Advertisements

Jakscooter – Pendukung Persija Jakarta

Salah satu komunitas vespa yang berada di Jakarta dengan anggota merupakan pendukung sepak bola Persija.

Komunitas ini telah berdiri sejak Januari 2004, dan cukup aktif dalam melakukan kegiatan sosial. Jika Anda ingin mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini, silahkan kunjungi akun Instagram jakscooter.

Bagaimana cara bergabung dengan komunitas Jakscooter?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, bagi Anda yang ingin bergabung dengan komunitas Jakscooter, silahkan datang langsung di Taman Menteng, setiap malam minggu.

Scooter Owner Club (SOG) – Bandung

Komunitas SOG memiliki jumlah anggota yang cukup banyak, sehingga tergolong sebagai komunitas vespa yang besar. Sebenarnya anggota SOG tidak hanya berada di  Bandung atau Indonesia saja, tetapi di beberapa negara lain, seperti Malaysia, Singapore, Thailand, dan sebagainya.

Untuk bergabung menjadi anggota komunitas SOG, Anda hanya perlu memiliki scooter / vespa jenis apapun (manual atau matic), dan melakukan pendaftaran pada laman https://www.sogindonesia.org/.

SOG Indonesia

Berikut beberapa fasilitas yang akan diperoleh ketika menjadi anggota SOG.

  • NRA + Logo Oval
  • Logo Kalong
  • KTA
  • Buku Pedoman
  • Kaos Almamater SOG Indonesia.

Scooter Club Nusantara – Makassar

Sama halnya dengan wilayah lain, Makassar juga memiliki komunitas vespa, bernama SCN / Scooter Club Nusantara. Komunitas ini telah ada sejak tahun 2020 dan telah melakukan beberapa kegiatan yang dibagikan melalui akun Instagram, scnmakassar.

Sukoharjo Scooter Club (SSC)

Selain Semarang, di Kabupaten Sukoharjo juga terdapat komunitas motor skuter yang telah berdiri sejak tahun 1999. Komunitas ini bukan hanya memiliki kegiatan touring, tetapi juga melakukan aksi bakti sosial.

Bentuk keanggotan klub ini tidak terlalu formal, dan untuk kegiatan rutin mereka berkumpul di depan Kantor DPRD Sukoharjo, setiap malam minggu.

Scooter Independent Anak Jalanan – Jambi

Scooter Independent Anak Jalanan merupakan komunitas vespa yang berada di Kerinci, Provinsi Jambi. Bukan hanya vespa klasik yang bergabung dengan komunitas ini, tetapi juga terdapat vespa gembel.

Perlu diketahui komunitas aktif dalam memberikan informasi, seperti sejarah vespa di Indonesia dan sebagainya melalui akun Instagram scooter_independentanakjalanan.

Mataram Scooter Club – Jogja

Salah satu komunitas vespa legendaris Jogja yang telah memiliki SK pada tahun 2015, lokasi komunitas ini berada di Bakalan Donoharjo, Sleman.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pada tahun 2017 komunitas ini telah memiliki 1300 anggota pada 7 distrik di Yogyakarta dan Jawa Tengah. 7 Distrik tersebut, antara lain :

  • Skotsa (Skoter Salam), lokasi di Salam Magelang
  • Papses, di Kab. Sleman
  • VOC (Vespa Owner Club), di Sleman Utara (Jalan Kaliurang)
  • Ngayogyakarta, di Kota Jogja
  • ISC, berada di Imogiri
  • SWAT, berada di Wates
  • Kulonprogo.

Perlu diketahui bahwa klub MSC Jogja, biasanya sering berkumpul di Tugu Jogja. Untuk mendapatkan informasi kegiatan terkini komunitas Mataram Scooter Club, dapat Anda cek pada akun instagram mataramscooterclub.

Vespa Club Semarang (VCS)

VCS atau Vespa Club Semarang merupakan komunitas vespa tertua yang berada di Semarang, dan tergolong komunitas resmi di bawah naungan pemerintah. Oleh karena itu, kebanyakan anggota komunitas ini menggunakan vespa standard, memiliki surat lengkap, dan membayar pajak.

Komunitas ini memiliki beberapa kegiatan, salah satunya yaitu Night Ride. Selain itu, anggota VCS ini juga memiliki jadwal bertemu atau berkumpul Setiap Hari Jum’at (Malam Sabtu) pukul 21.30, di Air Mancur, Jl. Pahlawan, Semarang.

Cara Bergabung Komunitas Scooter Indonesia

Biasanya untuk dapat bergabung di sebuah komunitas, Anda hanya perlu datang ke lokasi komunitas tersebut atau bertanya kepada salah satu anggota grup.

Namun, untuk menjadi anggota komunitas yang besar, biasanya memerlukan proses pendaftaran terlebih dahulu melalui website, seperti komunitas SOG.

Berikut cara daftar komunitas SOG.

  1. Buka laman https://www.sogindonesia.org/
  2. Klik tombol Bergabung
  3. Isi formulir sesuai data diri
  4. Klik tombol Registrasi.
Komunitas Scooter Indonesia

Keterangan : Untuk mengetahui cara pendaftaran komunitas vespa lainnya, silahkan menghubungi nomor wa atau akun sosial media masing – masing.

Bagaimana Cara Mengikuti Event VWC?

Seperti yang telah disebutkan, VWC memiliki event yang dinanti oleh penggemar vespa di seluruh dunia. Bagi penggemar vespa di Indonesia yang ingin mengikuti event VWC, Anda harus terdaftar sebagai anggota VCI.

Untuk bergabung dengan VCI, baik perorangan atau  komunitas harus melengkapi beberapa persyaratan, sebagai berikut.

  • Memiliki SIM C
  • Memiliki vespa

Setelah itu, lakukan pengisian formulir pendaftaran pada laman https://vespaclubindonesia.org/.