23 Kelebihan Honda Vario 150 Esp yang Tidak Banyak Orang Tahu

23 kelebihan vario 150

Kelebihan vario 150 ~ Vario 150 eSP adalah salah satu sepeda motor matic keluaran Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki tampilan sporty dengan lekukan-lekukan tajam, yang sangat cocok untuk anda yang ingin terlihat modern dan gagah.

Advertisements

Honda vario 150 dikeluarkan pada tahun 2015 yang saat itu bertepatan dengan vario 125. dan dihentikan produksinya pada awal tahun 2022.

Vario 150 ini memiliki kapasitas silinder 150 cc dengan mesin 4 tak SOHC, vario 150 juga dibekali cairan pendingin untuk menjaga suhu mesin lebih stabil.

Vario 150 dibekali dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power), yaitu teknologi yang membuat motor semakin efektif dalam efisien. Sehingga tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Teknologi eSP adalah kumpulan beberapa fitur, yang meliputi : ACG starter, Offset Cylinder, Roller type Rocker arm, Spinny Sleeve, Squish, Tumble, PGM FI, CBS (Combi Brake System), ISS (idling stop system).

Bisa dibilang, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Vario 150 ini. berikut ini adalah kelebihan yang kami rangkum :

1. Tarikan Mesin Enak Berkat Mesin 150 CC Esp

terikan mesin vario 150 responsif

Vario 150 CC memiliki tarikan mesin yang responsif, hal ini karena vario 150 memiliki Mesin 150 CC eSP dengan Power 9,3 KW (12,462 dk) /8.500 RPM, serta torsi 12,8 Newton Meter / 8.500 RPM.

Untuk kecepatan Akselerasi, Vario 150 eSP bisa mencapai jarak 0 ke 200 meter dalam waktu 11,9 Detik.

Dengan tenaga seperti ini, vario 150 akan tetap memiliki akselerasi yang responsif meskipun membawa beban yang berat. Sangat cocok untuk anda yang sering membawa barang berat menggunakan motor. Selain itu akselerasi di tanjakan pun cukup responsif.

2. Starter Halus Tanpa Suara Berkat ACG Starter

starter vario halus berkat teknologi acg

Vario 150 dilengkapi teknologi ACG starter (Alaternating Current Generator) yang bisa membuat suara starter Mesin sangat halus, bahkan hampir tanpa suara.

Cara kerja ACG adalah, saat tombol starter ditekan listrik akan dialirkan ke ECM, kemudian ECM akan mengalirkan listrik ke rotor dan magnet, sehingga menimbulkan medan magnet yang bisa memutar mesin. Dan setelah mesin menyala.

Karena menggunakan magnet untuk memutar mesin, maka pada prosesnya tidak terjadi gesekan dan ahirnya suara kasar gesekan tidak akan muncul. Sehingga starter mesin menjadi halus.

3. Tinggi Jok Nyaman Untuk Pengemudi Dengan Tinggi 160 CM

jok vario tidak terlalu tinggi

Tinggi Jok vario 150 adalah 734 mm sampai 769 mm. Karena tidak terlalu tinggi, maka pengemudi dengan tinggi badan 150 cm sampai 160 cm masih akan nyaman untuk menaiki motor ini.

Rata-rata tinggi badan laki-laki di indonesia adalah 166 mm, dan perempuan adalah 154 mm. Itu berarti vario 150 akan cocok digunakan oleh rata-rata orang indonesia baik laki-laki maupun perempuan.

4. Konsumsi BBM Irit Dengan PGM FI Dan ISS

Konsumsi bbm vario 150 adalah 46,9 km per liter

Teknologi PGM FI (Programmed Fuel Injection) adalah teknologi fuel injection yang dikembangkan oleh honda, PGM FI adalah sistem injeksi bahan bakar elektronik yang mengatur jumlah suntikan bahan bakar ke mesin berdasarkan data mesin tertentu, sehingga lebih efisien dan membuat bahan bakar lebih irit.

Ditambah dengan ISS (idle Stop System) yang bisa mematikan mesin saat motor sedang berhenti, bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, terutama jika rute berkendara punya banyak lampu lalu lintas, atau di rute yang kemacetan nya tinggi.

Pihak Astra Honda Motor (AHM) Secara resmi mengumumkan bahwa konsumsi bahan bakar Vario 150 eSP adalah 46,9 km per liter, yang hasil tersebut diuji dengan metode ECE R40 euro 3. Namun konsumsi via ECE R40 hasilnya akan berbeda jika di bandingkan dengan pengujian langsung di jalan.

Dalam pengetesan di jalan oleh pemilik Vario 150, hasilnya bisa lebih boros maupun lebih irit dibandingkan pernyataan resmi Honda, Dalam pengetesan real di jalan Konsumsi vario di jalan yaitu berkisar antara 40 Km Per Liter Sampai 58 Km per liter.  https://youtu.be/Bk7v4_hEnyk?t=1269

Hal yang mempengaruhi adalah kecepatan berkendara, jarak tempuh, apakah jalanan macet, dan juga seberapa sering berhenti di lampu merah.

5. Panel Instrumen Digital Dengan Informasi Lengkap

Panel instrumen di vario sudah digital dengan negatif display, negatif display lebih nyaman dilihat ketika berkendaraa di malam hari, karena tidak silau ketika dilihat.

Di bawah panel instrumen, terdapat 2 tombol menu untuk mengakses berbagai informasi di panel instrumen.

Informasi yang disajikan di panel instrumen antara lain :

  • Level Bensin di tangki yang berisi 6 bar level.
  • Speedo Meter : Pengukur kecepatan motor
  • Odometer : pengukur jarak tempuh kendaraan selama ini
  • Perkiraan konsumsi bensin (Kilometer per liter)
  • Jam : untuk mengetahui waktu saat ini.
  • Trip A, Trip B (untuk mengukur konsumsi bahan bakar per trip)
  • Tegangan Voltase Listrik pada Aki : Jika aki tekor biasanya voltasi dibawah 12V
  • Tanda terhubung dengan remote
  • Tanda idle Stop System Aktif atau tidak
  • Tanda lampu dim Jarak jauh aktif atau tidak
  • Sein kiri dan sein kanan
  • Tanda Check engine (MIL : Malfunction indicator lamp) : indikator kerusakan pada mesin
  • Tanda Alarm aktif atau tidak

Dengan panel instrumen yang lengkap ini, akan memudahkan anda untuk bisa menghemat BBM, dan juga mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak di mesin.

6. Mesin Tidak Gampang Overheat

Vario 150 eSP sudah dilengkapi dengan liquid Cooler atau pendingin air. Pendingin air bisa meredap panas lebih sempurna dibandingkan pendingin udara. Sehingga bisa memperkecil resiko mesin overheat yang berbahaya untuk mesin.

Karena mesin tidak gampang overheat maka komponen di dalam mesin akan lebih awet, sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada mesin. Terutama untuk motor yang jangka penggunaanya panjang setiap harinya.

7. Kapasitas Tangki Bensin Besar

Kapasitas tangki vario 150 adalah 5,5 liter jika diisi full tank. Volume ini lebih besar jika dibandingkan dengan beat dan scoopy yang hanya 4,2 liter saja.

Kelebihan memiliki tangki besar adalah anda tidak perlu sering-sering datang ke pom bensin, anda tinggal mengisi bensin full tank, dan anda bisa gunakan motor vario 150 anda untuk menempuh jarak 275 Kilometer.

8. Vario 150 Dilengkapi Dengan Alarm Untuk Keamanan

Honda vario 150 memiliki alarm yang akan berbunyi jika motor mendapatkan getaran. Hal ini sangat bermanfaat untuk keamanan motor dari pencurian.

9. Kunci Sudah Keyless

vario 150 sudah keyless dengan smart key system

Vario sudah memiliki teknologi Smart key System (keyless). Dimana anda tidak perlu mencolokan anak kunci ke motor untuk menghidupkan motor.

Anda hanya perlu mendekatkan kunci keyless ke motor dan andapun sudah bisa menyalakan motor.

Selain simpel, manfaat fitur keyless ini adalah :

  • Praktis untuk digunakan : tidak perlu colok kunci
  • Lebih aman dari pencurian
  • Solusi untuk pengendara yang lupa mencabut kunci
  • Terlihat lebih mewah.

10. Vario 150 Dibekali Answer Back System

Answer back system adalah fitur yang bisa memberitahukan dimana letak motor anda diparkir. Saat anda pencet tombol answer back, maka lampu sein akan berkedip diiringi suara.

Hal ini sangat berguna saat anda kelupaan dimana anda memarkir motor anda. Anda bisa menemukan motor anda dengan lebih mudah.

Answer back system pada vario 150 bisa disetel sesuai kebutuhan. Misal hanya lampu sein saja yang menyala tanpa suara, setel tingkat volume suara, dan setel nada suara.

11. Lampu Full Led

Semua lampu Vario 150  sudah LED, baik lampu depan, lampu belakang, hingga sein. Lampu LED ini memiliki keunggulan antara lain :

  • Lebih hemat listrik Sehingga AKI bisa lebih awet
  • Lebih tahan lama dibanding lampu halogen
  • Lampu lebih terang dari halogen
  • Mika lampu tidak gampang kusam, karena suhu LED yang rendah

12. Penyusutan Harga Lebih Rendah Dibanding Kompetitor

Jika anda membeli vario 150 dan suatu saat ingin menjualnya, anda akan tetap mendapatkan harga jual yang tinggi jika dibandingkan dengan kompetitor. Hal tersebut dikarenakan penyusutan harga vario lebih rendah.

Berikut ini adalah contoh harga vario bekas berdasarkan tahun nya yang datanya kami dapatkan dari OLX

  • Vario 150 tahun 2020 = Rp. 20.000.000 sampai Rp. 21.000.000
  • Vario 150 tahun 2019 = Rp. 19.000.000 sampai Rp. 19.500.000
  • Vario 150 tahun 2018 = Rp. 18.500.000 sampai Rp. 19.300.000
  • Vario 150 tahun 2017 = Rp. 17.500.000 sampai Rp. 18.500.000
  • Vario 150 tahun 2016 = Rp. 16.000.000 sampai Rp. 17.500.000
  • Vario 150 tahun 2015 = Rp. 15.750.000 sampai Rp. 17.350.000

Tentu saja penyusutan harga vario 150 sangat dipengaruhi oleh kondisi kendaraan. Namun dilihat dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa, harga vario 150 sangat awet, sehingga anda tidak akan terlalu rugi saat menjual kembali motor tersebut.

13. Bobot Lebih Ringan Dibanding Kompetitor

Vario 150 memiliki Bobot 112 Kg, sedangkan kompetitornya yaitu Aerox 155 memiliki bobot 122 kg.

Bobot 112 Kg termasuk bobot yang cukup ringan untuk motor 150 cc, karena masih mudah di dorong ketika ingin putar balik motor. Dan dengan bobot ini, motor akan lebih mudah didorong ketika kehabisan bensin atau mengalami ban kempes.

14. Vario Punya Double Inner Rack Besar

Double inner rack adalah laci yang ada di bagian depan motor, vario memiliki  laci depan yang cukup besar, bahkan laci sisi kiri vario bisa digunakan untuk menaruh botol minuman (tumbler) atau kaleng minuman. Sedangkan rak bagian kiri bisa anda gunakan untuk menaruh barang yang lain.

15. Bagasi Besar Muat Helm Full Face

Ukuran bagasi vario 150 adalah sebesar 18 liter, bagasi vario 150 muat jika digunakan untuk menampung helm full face maupun helm half face. Dengan ukuran 18 liter, anda bisa memasukan lebih banyak barang seperti jas hujan, sepatu atau barang belanjaan anda.  

16. Rem Pakem Dan Dingin berkat Wavy Disc Brake

Vario 150 menggunakan wavy disc brake di roda depan nya. Wavy disc brake adalah disc brake dengan pola gelombang yang berfungsi untuk menjaga suhu piringan rem. Suhu cakram rem sangat berpengaruh pada kepakeman pengereman.

Jika disc brake memiliki suhu dingin, maka pengereman akan lebih pakem. Hal ini juga bisa mengurangi resiko rem blong, mengingat penyebab utama rem blong adalah suhu rem yang terlalu tinggi.

Selain itu, meskipun belum memiliki Fitur ABS (anti lock braking system), namun vario 150 sudah dibekali fitur CBS (combi brake system) yang bisa membuat pengereman lebih maksimal, karena ketika anda melakukan pengereman maka akan memicu pengereman depan belakang secara otomatis.

Fitur CBS bisa membuat jarak pengereman semakin pendek dan motor semakin cepat berhenti.

17. Kecepatan Maksimum 128 Km / Jam

Vario 150 memiliki top speed 128 Km / jam, kecepatan ini sedikit lebih tinggi dibandingkan Aerox yang top speednya 116 KM perjam.

Dengan kecepatan yang tinggi dan tarikan yang responsif, vario 150 enak jika digunakan untuk menyalip kendaraan lain di jalan.

18. Dimensi Yang Ramping

Sepeda motor vario memiliki dimensi yang ramping, dengan panjang 1919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062, membuat vario lebih Kecil dibandingkan kompetitornya Aerox 155.

Dengan Dimensi yang ramping ini, vario 150 lebih mudah digunakan untuk dikendarai di tempat yang sempit.

19. Nyaman Digunakan Untuk Perjalanan Jauh

vario 150 nyaman untuk perjalanan jauh

Vario 150 nyaman digunakan untuk perjalanan jauh dan dekat. Desain aerodinamika dari vario 150 yang baik membuat motor tidak mudah limbung ketika dikendarai, selain itu suspensi vario 150 cukup enak karena tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras.

20. Desain Sporty Dengan Lekukan Tajam

desain vario 150 sporty

Vario 150 memiliki desain sporty dengan lekukan yang tajam, serta desain lampu yang terlihat futuristik membuatnya semakin keren. Velg vario 150 pun adalah model baru yang sporty.  

21. Pajak Vario 150 Murah

Pajak Vario 150 per tahun hanya berkisar antara Rp. 258.000 sampai 364.000 saja. Hal ini disebabkan NJKB nya yang tidak lebih dari 25 juta, dan cc nya yang hanya 150 saja.

Itulah kelebihan vario 150 semoga bermanfaat.

22. Sparepart Mudah Didapat

Honda vario 150 adalah motor 150 CC paling laris di indonesia, dikutip dari otomaniac penjualan motor vario adalah 1.277.024 Unit (data tahun 2022)

Oleh karena jumlah motor yang sangat banyak, maka sparepart yang disediakan juga banyak, bahkan yang memproduksi sparepart vario bukan hanya pihak resmi AHM saja, namun juga pabrikan diluar AHM.

Selain itu, jumlah bengkel resmi honda AHASS juga sangat banyak sehingga sparepart sangat mudah didapatkan.

23. Bengkel Resmi Sangat Banyak

Menurut data dari kompas pada tahun 2017 Jumlah bengkel resmi Honda AHASS adalah sejumlah 3.768 unit. Hal ini sangat memudahkan pemilik vario 150 untuk melakukan perawatan maupun perbaikan kendaraan apabila terjadi kerusakan.

Channel, R & C Motor