Kekurangan Honda Jazz Yang Perlu Diwaspadai Sebelum Membeli

Kekurangan Mobil Honda Jazz
Advertisements

Kekurangan Honda Jazz –  Honda Jazz termasuk dalam salah satu mobil yang populer dikalangan muda, dengan desain futuristik, sporty, berperforma tinggi dan hemat bakar. Selain itu, pajak Jazz juga cukup murah.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ternyata Honda Jazz juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu anda waspadai sebelum membelinya.

Untuk mengetahui apa saja kekurangan Honda Jazz, berikut ulasannya :

Fitur Keamanan Kurang Lengkap

Fitur keamanan yang dimiliki oleh Honda Jazz dilengkapi sistem keamanan pasif yaitu Dual Front SRS airbag, seatbelt (sabuk pengaman) untuk setiap kursi, side impact beam and pedestrian protection untuk meminimalisir benturan akibat kecelakaan dan meminimalisir cedera pejalan kaki.

Sayangnya Honda Jazz bahkan tipe terbaru All New Honda Jazz 2020 belum menyediakan airbag untuk penumpang kursi belakang dan airbag sisi interior kendaraan.

Advertisements

Sistem Pengereman

Saat ini All New Jazz 2020 sudah menggunakan sistem pengereman ABS (Anti Lock Braking System) dan sistem EBD (Electronic Brake Force Assist).

Sistem tersebut mengatur pendistribusian daya pengereman pada setiap roda dan meminimalisir mobil slip saat pengereman mendadak dan saat berkendara di jalanan licin.

Namun, Honda Jazz belum dilengkapi sistem Vehicle Stability Control (VSC) untuk kestabilan saat berakselerasi & menikung, serta sistem Hill Launch Assist (HLA) yaitu sistem keamanan saat mobil digunakan di jalan menanjak.

Sedangkan kedua pesaingnya yaitu Mazda2 dan Toyota Yaris sudah menggunakan kedua sistem tersebut, VSC dan HLA.

Untuk Jazz generasi ketiga seperti Jazz tipe S dan RS masih menggunakan sistem rem tromol untuk ban belakangnya, padahal Jazz GE8 sudah mengunakan rem cakram untuk semua rodanya. Rem cakram cenderung memberikan daya cengkram rem yang lebih baik.

Kebisingan kabin

Salah satu kekurangan lain yang sering dikeluhkan oleh pemilik Honda Jazz kebisingan kabin saat berkendara atau road noise.

Anda bisa mengatasi dengan pemasangan noise insulation tambahan, namun pastinya akan memakan kocek yang cukup mahal.

Advertisements

Kualitas Audio

Banyak pemilik Honda Jazz juga mengeluhkan kualitas audio Honda Jazz yang kurang maksimal. Selain itu, audio Honda Jazz belum dilengkapi fitur ALC (Automatic Level Control) yaitu sistem yang dapat menyesuaikan volume audio dengan tingkat kebisingan kabin.

Suspensi Terasa Keras

Honda Jazz memiliki karakter unik pada sistem kaki kaki / suspensi, suspensi Honda Jazz terasa cukup keras di bagian depan dan lembut di bagian belakang.

Oleh karena itu, jika dikendarai sendiri tanpa penumpang, suspensi mobil terasa keras. Namun, jika dikendarai dengan penumpang full (4 orang), mobil terasa amblas.

Ground Clearance Rendah

Advertisements

Perlu diketahui bahwa, ground clearance dari suspensi mobil Honda Jazz cukup rendah , sehingga Honda Jazz kurang nyaman saat digunakan di jalanan bergelombang dan tidak rata. Ukuran ground clearance Honda Jazz generasi terakhir adalah 165 mm.

Mesin Honda Jazz Bergetar

Kelemahan mesin honda yang sering dikeluhkan oleh pemilik Honda Jazz adalah mesin bergetar ketika digunakan berkendara terlalu lama. Hal ini juga ditandai dengan jarum RPM yang tidak stabil. Namun, anda bisa mengatasinya dengan membersihkan throttle body, dan setting ulang ECU agar maksimal.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Honda Jazz

Jika anda ingin membeli mobil Honda Jazz bekas, berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada Honda Jazz :

  • Evaporator sering tersumbat, ditandai dengan suara air mengalir dari keran bagian lantai kabin
  • Power window mudah macet
  • Tarikan awal yang brebet dan akselerasi rendah
  • Suspensi depan dan belakang tidak seimbang
  • Valve body honda jazz yang mudah kotor
  • Konsumsi bahan bakar yang kurang efisien
  • Mesin bergetar saat digunakan berkendara jauh
  • Transmisi CVT bermasalah yang menyebabkan getaran berlebih pada mesin dan mesin tersendat-sendat.