7 Daftar Karoseri Terbaik di Dunia Terbaru

Advertisements

Karoseri Terbaik di Dunia – karoseri merupakan kata serapan dari bahasa belanda Carrosserie yang artinya rumah kendaraan. Biasanya, perusahaan karoseri menjual jasa pembuatan body kendaraan beserta desain dan isi interior diatas chasiss dan mesin yang diproduksi oleh produsen mesin kendaraan yang berbeda.

karoseri banyak digunakan pada truk dan bus, terutama pada kendaraan angkutan umum.

Apa saja karoseri terbaik di dunia? Karoseri terbaik di dunia adalah Volvo 9700, irizar PB, Lion’s Coach, Scania Touring, Neoplan Staliner, Setra, dan Travego.

untuk ulasan yang lebih lengkap mengenai karoseri terbaik di dunia, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Daftar Karoseri Terbaik Di Dunia
  • Daftar Karoseri Terbaik Di Indonesia
  • Jenis Karoseri Bus

7 Daftar Karoseri Terbaik Di Dunia

Advertisements

Sampai saat ini bus masih menjadi salah satu transportasi favorit bagi semua kalangan, maka tidak heran perkembangan bus di dunia transportasi masih begitu pesat. Begitu juga dengan tinginya persaingan karoseri-karoseri dalam menginovasi dan memproduksi berbagai jenis bus.

Berikut ini adalah daftar karoseri terbaik di dunia :

1.    Volvo 9700

Karoseri terbaik pertama di dunia adalah Volvo 9700, karoseri Volvo 9700 memiiki sebutan “The Conservative” yang artinya sederhana dan tradisional. Desain bus besukan Amerika ini memiliki model yang simpel dan sederhana  yang merupakan ciri khas Volvo 9700.

Meskipun desain Volvo tidak mengikuti tren yang sedang trending antara karoseri pesaing, namun desain Volvo tetap terkesan special dan mewah karena modelnya yang tidak lekang oleh pergantian musim tren dan tetap awet. Dari segi harga karoseri bus hasil produksi Volvo dipatok sekitar $188.000 atau sekitar Rp. 2,7 miliar.

2.    Irizar PB

Karoseri terbaik selanjutnya adalah Irizar PB yang berasal dari Spanyol. Karoseri bus Irizar PB memiliki sebutan sebagai “The Luxury” dimana desain-desain besutan Irizar PB terkenal dengan kemewahan dan menjadi salah satu karoseri kelas premium dengan tingkat kenyamanan yang sangat tinggi.

Irizar PB menjadi salah satu perusahaan favorit perusahaan otous dunia termasuk Indonesia. Bus ini sangat cocok digunkana untuk bus kelas pariwisata karena fasilitas didalamnya yang sangat nyaman. Untuk harga Karoseri Irizar berkisar mulai dari $78.800 atau Rp. 1,16 miliar.

3.    Lion’s Coach

Karoseri selanjutnya adalah Lion’s Coach, karoseri ini merupakan produksi perusahaan asal Jerman yaitu MAN yang terkesan sebagai produsen truk dan bus. Karoseri Lion’s Coach sering juga disebut “The Guard” dengan penawaran yang ditawarkan menjamin tingkat kenyamanan,  dan keamanan yang kuat. Selain itu fitur dalam bus produksi Lion’s Coach terkenal fitur-fiturnya yang canggih.

Dengan berbagai failitas yang ditawarkan, tidak heran Lion’s Coach merupakan bus yang paling populer di Eropa dan mampu bersaing dengan perusahaan besar dunia lainnya. Untuk dari segi harga, Lion’s Coach memilii beberapa varian dengan harga mulai dari $117.000 – $225.000 atau Rp.  1,7 miliiar – Rp. 3,3 milliar.

4.    Scania Touring

Advertisements

Karoseri selanjutnya adalah Scania Touring yang merupakan salah satu karoseri popular yang di gunakan oleh Indonesia. Bus Scania Touring memiliki karakter yang garang dan memiliki sebutan “The Explorer”. Karoseri ini banyak diperuntukan pada bus touring dan pariwisata.

Selain itu desain karoseri Scania Touring juga banyak diadopsi oleh karoseri local Indonesia.  Sedangkan dari segi harga, harga ScaniaTouring memiliki harga yang lebih murah dari perusahaan karoseri lainnya, yaitu berkisar $ 45.000 atau Rp. 663.435.000.

5.    Neoplan Starliner

Bus Produksi Karoseri Neoplan Starliner memiliki model yang unik dan berbeda dari jenis bus lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari desain bagian depan yang lebih besar dan lebar. Selain itu, karoseri Neoplan juga manawarkan kenyamanan dan kemewahan yang berbeda Karena salah satu desain uniknya adalah adanya sunroof bagi penumpang.

Bus Karoseri Neoplan Starliner memiliki harga yang tidak jauh dari Irizar PB yaitu berada pada kisaran harga $78.000 atau Rp. 1,16 milliar.

6.    Setra

Karoseri hasil produksi setra memiliki julukan sebagai “The Stylish” hal ini karena karoseri Setra memiliki desain yang modern dan stylish.  Setra berada berada dalam satu naungan dengan travego yaitu Daimier Benz. Sehingga tak heran kuliatas bus Setra terjamin bagus.

Untuk harga Karoseri dari Segra berada berkisar pada harga $ 109.000 atau Rp. 1,6 Milliar.

7.    Travego

Karoseri berikutnya yang merupakan karoseri terbaik di dunia adalah Travego yang merupakan buatan Mercedes-Benz. Karoseri Travego menjadi salah satu karoseri terbaik karena kenyaman yang ditawarkan dijamin sangat baik dan tidak teragukan.

Dari segi harga karoseri Travego tidak terlalu berbeda dari saudaranya Setra, yaitu sekitar $154.000 atau Rp. 2,2 milliar.

Karoseri Terbaik Di Indonesia

Indonesia sendiri telah memiliki beberapa perusahaan Karoseri yang kulalitasnya tidak dapat diragukan, bahkan beberapa perusahaan diantaranya sudah melakukan ekspor ke beberapa Negara tetangga seperti Bangladesh, Nepal, Timor Leste, Kenya, dan Suriname.

Berikut ini adalah daftar karoseri terbaik dan terbesar di Indonesia :

  • Karoseri Adi Putro
  • Karoseri New Armana
  • Karoseri Laksana
  • Karoseri Tentrem
  • Karoseri Rahayu Santos
  • Karoseri Morodadi Prima
  • Karoseri Tri Sakti
  • Karoseri Tugas Kita

Jenis Karoseri pada Bus

Advertisements

Bus-Bus hasil produksi Karoseri pada bus yang menghiasi indiustri transpotasi bus di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, berikut ulasannya :

High Decker (HD)

Bus High Decker memiliki atap atau deck yang lebih tinggi dibandingkan pada bus umum. Bus ini memiliki tinggi 3,4 meter-3,5 meter. Bus HD baisanya masih menggunakan kaca tungga (single glass). Jika diperhatikan dari luar bus HD tidak terlihat jauh beda dari bus non-HD, tapi jika dilihat dari dalam dek bus HD terlihat lebih tinggi dan posisi driver lebih rendah dari posisi penumpang.

Super High Decker (SHD)

Sesuai dengan namanya bus super high decker memiliki deck yang tinggi dari bus HD. Tinggi bus SHD adalah 3,8 meter – 3,9 meter. Selain itu ciri khas bus SHD memiliki penyekat kaca depan yang berbentuk seperti topi dan memberikan kesan gagah.

Bus SHD memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar dan mampu menampung barang dengan ukuran yang besar seperti Sepeda Motor.

High Decker Doublre Glass (HDD)

Bus HDD memiliki tinggi 3,7 meter, dan merupakan pengembangan bus HD. Perbedaannya terletak pada kaca depan. Dimana bus HDD meenggunakan kaca ganda (double glass) yang sedang kekinian di kalangan bus.

Double Decker (DD)

Double Decker merupakan sebutan untuk bus kategori bus tingkat. Bus DD memiliki tinggi sekitar 4,15 meter yang telah disesuaikan dengan regulasi Indonesia. Bus DD ini  menawarkan pelayanan kelas premium dengan waktu tempuh cepat.

Ultra High Decker (UHD)

Bus UHD merupakan jenis bus pendatang baru di Indonesia, bus ini menggabungkan fungsi bus SHD dan DD. Dimana dek bawah merupakan deck khiusus Driver, kru serta bagasi, dan untuk de katas adalah dek khusus kabin penumpang.