Info Kode Plat ED : NTT (Pulau Sumba : Sumba Timur, Sumba Barat)

Kode Plat ED – Wilayah NTT (Pulau Sumba) memiliki beberapa kode plat kendaraan, salah satunya adalah plat ED. Penggunaan kode plat ED serta seri huruf belakangnya dapat menunjukkan asal kendaraan tersebut.

Dari mana asal plat ED?

Plat nomor ED adalah plat nomor kendaraan untuk NTT (Nusa Tenggara Timur) Pulau Sumba, tepatnya di wilayah Kab. Sumba Barat, Kab. Sumba Timur, Kab. Sumba Barat Daya, dan Kab. Sumba Tengah.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi kendaraan plat ED dengan lebih mudah, silahkan cek secara online menggunakan Aplikasi Cek Plat Kendaraan. Aplikasi tersebut bisa didownload melalui tombol di bawah ini.

Berikut beberapa hal yang akan dibahas tentang plat ED pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Cek Kendaraan Plat ED Online Via Aplikasi Cek Plat Kendaraan
  • Daftar Kode Belakang Plat ED NTT (Pulau Sumba)
  • Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat
  • Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur
  • Warna Plat Nomor ED dan Spesifikasinya
  • Cek Pajak Plat ED Via Aplikasi B’Sonto
  • Tanya Jawab Seputar Plat ED NTT

Cek Kendaraan Plat ED Online Via Aplikasi Cek Plat

Cek informasi kendaraan plat ED online dapat dilakukan menggunakan Aplikasi Cek Plat Kendaraan. Aplikasi ini dibuat oleh pemerintahkota.com dan digunakan untuk cek pajak sekaligus informasi kendaraan.

Setelah mengakses Aplikasi Cek Plat Kendaraan, Anda bisa mendapatkan informasi seputar biaya pajak, masa pajak, denda pajak, SWDKLLJ, denda SWDKLLJ, serta data kendaraan.

Cara cek kendaraan plat ED online via Aplikasi Cek Plat Kendaraan cukup mudah. Pertama, silahkan pilih wilayah NTT. Setelah itu, masukkan plat nomor ED milik Anda dan juga nomor rangka kendaraan. Nanti akan muncul informasi plat ED yang Anda cari.

Berikut gambar informasi plat ED yang Anda cari.

Cek Plat ED Via Aplikasi Cek Plat Kendaraan

Sebelum menggunakan Aplikasi Cek Plat Kendaraan, Anda bisa download aplikasi nya melalui tombol di bawah ini

Daftar Kode Belakang Plat ED NTT (Pulau Sumba)

Plat nomor ED wilayah NTT memiliki kode huruf belakang yang berbeda di setiap kabupaten. Hal tersebut untuk membedakan plat nomor ED di setiap daerah NTT.

Berikut ini arti setiap kode pada plat nomor kendaraan.

Kode Plat

Untuk mengetahui asal Kota atau Kabupaten kendaraan di wilayah NTT (Pulau Sumba), Anda bisa melihatnya pada daftar berikut.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kab. Sumba BaratAED 1234 AF
Kab. Sumba TimurBED 1234 BN

Nb : Kode huruf belakang plat ED Sumba Barat dan Sumba Tengah masih belum ditemukan informasi lebih lanjut. Untuk mengetahui asal kendaraan plat ED, Anda bisa cek langsung di STNK kendaraan.

Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat

Plat ED Kab. Sumba Barat adalah plat nomor dengan ciri – ciri kode huruf depan ED, diikuti nomor pendaftaran kendaraan, dan kode huruf belakang A.

Berikut contoh mobil dengan plat nomor ED Kab. Sumba Barat.

Mobil Plat Nomor ED Kab Sumba Barat
Lexus Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat

Untuk kendaraan plat ED wilayah Sumba Barat, Anda bisa menuju ke Samsat Sumba Barat untuk melakukan pembayaran pajak. Alamat Samsat Sumba Barat berada di Wee Karou, Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur

Plat ED Kab. Sumba Timur adalah plat nomor dengan ciri – ciri kode huruf depan ED, diikuti nomor pendaftaran kendaraan, dan kode huruf belakang B.

Berikut contoh mobil dengan plat nomor ED Kab. Sumba Timur.

Mobil Plat Nomor ED Kab Sumba Timur
Toyota Kijang Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur

Untuk pemilik kendaraan plat ED Sumba Timur, Anda bisa datang ke Kantor Samsat Waingapu. Alamatnya berada di Matawai, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Apabila kendaraan Anda berasal dari luar daerah, Anda perlu melakukan mutasi kendaraan terlebih dulu agar pembayaran pajak lebih mudah.

Ketentuan Warna Plat Nomor ED dan Nomor Registrasi Kendaraan

Ketentuan warna plat nomor ED telah ditentukan di dalam Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021. Pada peraturan tersebut tertulis bahwa warna plat nomor ED adalah hitam dengan tulisan putih (untuk kendaraan perseorangan).

Selain plat kendaraan perseorangan, warna plat nomor ED untuk jenis kendaraan lainnya juga sudah diatur. Dengan begitu, masyarakat bisa membedakan mana kendaraan plat ED milik pemerintah, angkutan umum, dan jenis lainnya.

Berikut ini daftar warna plat ED sesuai ketentuan yang berlaku.

  • Warna putih tulisan hitam : Untuk kendaraan perseorangan.
  • Warna kuning tulisan hitam : Untuk kendaraan umum (angkutan umum).
  • Warna merah tulisan putih : Untuk kendaraan milik instansi pemerintah.
  • Warna hitam garis biru : Untuk kendaraan listrik milik perseorangan

Selain warna plat, kendaraan plat ED juga diatur mengenai pemberian nomor registrasi kendaraan. Nomor registrasi ini terletak di tengah plat nomor.

Berikut aturan nomor registrasi kendaraan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nomor RegistrasiJenis Kendaraan
1 s.d 1999Mobil Penumpang
2000 s.d 6999Sepeda Motor
7000 s.d 7999Mobil Bus
8000 s.d 8999Mobil Barang
9000 s.d 9999Kendaraan Khusus

Cek Pajak Plat ED Via E-Samsat NTT

Cek pajak plat ED dapat dilakukan menggunakan Aplikasi E-Samsat NTT bernama Aplikasi B’Sonto. Aplikasi ini dibuat oleh Bapenda NTT dan sudah tersedia di Play Store.

Beberapa informasi yang muncul di Aplikasi B’Sonto meliputi data kendaraan nama pemilik kendaraan, biaya pajak, denda pajak, SWDKLLJ, denda SWDKLLJ, serta kode pembayaran pajak.

Berikut cara cek pajak plat ED via Aplikasi B’Sonto.

  1. Download Aplikasi B’Sonto di Play Store.
  2. Klik Pembayaran Pajak.
  3. Masukkan Plat Nomor kendaraan Anda.
  4. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.
  5. Klik Cek Pajak.
  6. Cek informasi pajak plat ED yang ditampilkan.

Berikut tampilan hasil cek pajak plat ED via Aplikasi B’Sonto.

Cek Pajak Plat ED Via Aplikasi B'Sonto

Tanya Jawab Seputar Plat ED

Apakah boleh proses ganti plat ED dilakukan di luar NTT?

Tidak boleh. Proses ganti plat ED hanya bisa dilakukan di wilayah NTT, tepatnya di Kantor Samsat sesuai kendaraan plat ED tersebut terdaftar.

Jika kendaraan plat ED sedang dibawa ke luar daerah, silahkan minta cek fisik bantuan di Kantor Samsat setempat. Nanti berkas cek fisik bantuan bisa digunakan untuk pengurusan pajak 5 tahunan di samsat asal kendaraan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan pada artikel Cara Ganti Plat di Luar Kota.

Apa akibatnya jika tidak membayar pajak kendaraan plat ED?

Kendaraan plat ED yang tidak dibayar pajaknya akan dikenakan denda pajak sesuai lamanya tunggakan. Untuk mengurangi biaya denda pajak dan denda SWDKLLJ, Anda bisa melakukan pembayaran pajak ketika program pemutihan pajak kendaraan sedang dilakukan.

Jika pemilik kendaraan tetap tidak membayar pajak selama 2 tahun setelah plat nomor mati, maka data kendaraan bisa dihapus oleh pihak kepolisian.