Advertisements

Info Kode Plat ED : NTT (Pulau Sumba : Sumba Timur, Sumba Barat)

Kode plat nomor setiap kendaraan pasti berbeda, walaupun hanya satu huruf. Hal ini dikarenakan, setiap kode pada plat nomor menyimpan informasi kendaraan. Berikut gambar penjelasan arti kode pada plat nomor kendaraan di Indonesia.

Kode Plat

Wilayah NTT (Pulau Sumba) memiliki kode wilayah yang menunjukkan asal kendaraan. Tahukah Anda, apa kode plat wilayah NTT khususnya Pulau Sumba?

Plat nomor ED adalah plat nomor kendaraan yang terdaftar di kepolisian wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) Pulau Sumba, yang meliputi Kab. Sumba Barat, dan Kab. Sumba Timur.

Penting: Ketika anda ingin mengetahui  mengetahui nama pemilik kendaraan dan cek plat nomor Kendaraan secara online, anda dapat melakukannya dengan Aplikasi Cek Nomor yang bisa didownload melalui tombol berikut

Artikel ini akan menjelaskan mengenai kode plat wilayah NTT (Pulau Sumba) secara lengkap, meliputi :

  1. Cek Kendaraan Asal NTT  Secara Online
  2. Daftar Kode Belakang Plat ED NTT (Pulau Sumba)
  3. Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat
  4. Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur
  5. FAQ (Frequently Asked Questions) Plat ED
  6. Sekilas Tentang Wilayah NTT (Pulau Sumba)

1. Cek Kendaraan Asal NTT Secara Online

Jika dahulu nformasi kendaraan bisa kita ketahui dengan melihat STNK atau BPKB, di era digital seperti sekarang, Kita bisa mengetahui informasi kendaraan secara online melalui handphone.

Bagaimana caranya??

Cek kendaraan dapat dilakukan menggunakan Aplikasi Cek Informasi Kendaraan yang terinstal di handphone. Aplikasi ini membantu Anda mencari informasi kendaraan hanya dengan memasukkan kode plat nomor.

Berikut contoh cek mobil menggunakan Aplikasi Cek Informasi Kendaraan.

Aplikasi Cek Informasi Kendaraan

Seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, informasi yang diberikan Aplikasi Cek Informasi Kendaraan meliputi nama pemilik, alamat pemilik, identitas fisik kendaraan (nomor mesin, nomor rangka, warna, dan tipe/merk), masa berlaku STNK, waktu pembayaran pajak, serta tarif pajak.

Aplikasi Cek Informasi Kendaraan bisa Anda download secara gratis dengan klik tombol di bawah ini.

2. Daftar Kode Belakang Plat ED NTT (Pulau Sumba)

Pada penjelasan diawal telah disebutkan bahwa, pada kode plat terdapat kode huruf bagian belakang yang menginformasikan Kota/Kabupaten asal kendaraan. Nah, agar kita tahu asal Kota/Kabupaten kendaraan di wilayah NTT (Pulau Sumba), Anda bisa melihatnya pada daftar berikut.

Asal Kota/ KabupatenKode Huruf BelakangContoh
Kab. Sumba BaratAED 1234 AF
Kab. Sumba TimurBED 1234 BN

3. Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat

Plat ED Kab. Sumba Barat adalah plat nomor dengan ciri – ciri kode huruf depan ED, diikuti nomor pendaftaran kendaraan, dan kode huruf belakang A.

Berikut contoh mobil dengan plat nomor ED Kab. Sumba Barat.

Mobil Plat Nomor ED Kab Sumba Barat
Lexus Plat Nomor ED Kab. Sumba Barat

4. Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur

Plat ED Kab. Sumab Timur adalah plat nomor dengan ciri – ciri kode huruf depan ED, diikuti nomor pendaftaran kendaraan, dan kode huruf belakang B.

Berikut contoh mobil dengan plat nomor ED Kab. Sumba Timur.

Mobil Plat Nomor ED Kab Sumba Timur
Toyota Kijang Plat Nomor ED Kab. Sumba Timur

5. FAQ (Frequently Asked Questions) Plat ED

Apakah hanya kendaraan plat ED saja yang dapat menggunakan Aplikasi Cek Informasi Kendaraan?

Tidak, Aplikasi Cek Informasi Kendaraan dapat digunakan oleh seluruh kendaraan yang menggunakan plat nomor Indonesia dan terdaftar di kepolisian.  Hal ini dikarenakan, Aplikasi Cek Informasi Kendaraanterhubung langsung dengan E-Samsat setiap daerah di Indonesia, sehingga informasi yang diberikan sesuai dengan data pemerintah provinsi.

Bagaimana cara cek kendaraan plat ED menggunakan Aplikasi Cek Informasi Kendaraan?

  • Pertama, silahkan Anda buka Aplikasi Cek Informasi Kendaraan yang telah terinstal di handphone
  • Pilih wilayah asal kendaraan Anda, jika kendaraan Anda berasal dari NTT (Pulau Sumba), silahkan Anda pilih wilayah “NTT (Nusa Tenggara Timur)”
  • Kemudian, masukkan plat nomor kendaraan Anda dengan benar
  • Klik “Cari”, dan informasi kendaraan akan ditampilkan secara lengkap

6. Sekilas Tentang Wilayah NTT (Pulau Sumba)

Sesuai penjelasan di atas, hanya terdapat 2 wilayah yang menggunakan kode plat nomor kendaraan ED, yaitu Kab. Sumba Barat, dan Sumba Timur.

Kedua wilayah tersebut berada di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi pulau ini berbatasan dengan Pulau Sumbawa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2020, diketahui jumlah kendaraan bermotor di Kab. Sumba Barat sebanyak 14.401 unit, dan Kab. Sumba Timur sebanyak 37.785 unit.

Jumlah kendaraan tersebut lebih banyak jika dibandingkan tahun 2019. Pada tahun 2019, jumlah kendaraan bermotor di Kab. Sumba Barat 12.409 unit, dan Kab. Sumba Timur 33.636 unit.

Jumlah kendaraan di Kab. Sumba Barat dan Kab. Sumba Timur tahun 2020 tersebut sekitar 5,65% dari total keseluruhan jumlah kendaraan NTT tahun 2020.