Advertisements
banner iklan

Harga Bekas Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia (Update 2021)

Eclipse Cross

Harga Bekas Mitsubishi Eclipse Cross – Eclipse Cross merupakan salah satu mobil SUV produksi Mitsubishi yang baru dipasarkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu. Tampilan yang stylish dan fitur-fiturnya yang canggih membuat banyak orang menyukai tipe mobil ini.

Sayangnya harga terbaru mobil ini terbilang cukup mahal, yaitu sebesar Rp. 450 jutaan. Namun jika Anda tertarik, Anda bisa membeli Eclipse secara second atau bekas.

Lalu berapa harga bekas Eclipse Cross? Harga bekas Eclipse Cross tertinggi adalah Rp. 280 juta, sedangkan yang terendah adalah 210 juta.

Untuk mengetahui secara lengkap harga mobil bekas Mitsubishi Eclipse, berikut akan kami sajikan pada artikel berikut.

Daftar Isi:

Daftar Harga Bekas Mitsubishi Eclipse Berdasarkan Tahun

Berikut adalah daftar harga bekas atau second Mitsubishi Eclipse Cross. Harga dibawah bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasaran tergantung pada kondisi mobil dan negosiasi dengan penjual.

ModelTahunHarga
ECLIPSE CROSS 15L EXC 2WA2019 Rp 246.000.000
ECLIPSE CROSS 15L ULT 2WA2019 Rp 248.000.000
ECLIPSE CROSS 15L ULT 2WA2020 Rp 273.000.000
ECLIPSE CROSS 15L EXC 2WA2021 Rp 210.000.000
ECLIPSE CROSS 15L ULT 2WA2021 Rp 280.000.000

Informasi Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross menjadi salah satu produk baru Mitsubishi. Mobil SUV ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak September 2019 lalu dan memiliki peminat yang cukup banyak karena tampilannya yang stylish dan modern. Tak hanya itu, interior dan eksterior mobil ini terkesan sangat mewah.

Spesifikasi yang dimiliki Eclipse Cross hampir sama dengan Xpander terutama model desain lampu utamanya. Selain itu, mobil ini juga cocok digunakan bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun memiliki body keren dan fitur yang canggih.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Mobil Eclipse Cross

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyusutan harga mobil Mitsubishi Eclipse Cross bekas, antara lain:

  • Kondisi body dan warna cat mobil
  • Kondisi mesin
  • Modifikasi bentuk mobil
  • Jarak tempuh
  • Performa atau kinerja mobil
  • Lokasi jual beli mobil

Jadi semakin bagus kondisi mobil, maka semakin mahal pula harga yang mungkin ditawarkan.

Selain kondisi mobil, ada juga faktor lain seperti lokasi pembelian dan juga negosiasi dengan penjual yang mampu membuat harga jual mobil yang ditawarkan bisa menjadi lebih rendah.

Penurunan Harga Mitsubishi Eclipse Cross Pertahun

Sama dengan mobil pada umumnya, harga Eclipse Cross pun juga mengalami penyusutan. Untuk besarnya penyusutan pun tidak tetap. Namun pada umumnya penyusutan tertinggi terjadi pada tahun pertama setelah pembelian.

Penyusutan Mitsubishi Eclipse Cross

Berikut adalah tabel penyusutan mobil Eclipse Cross

TahunTingkat Penyusutan
Mitsubishi Eclipse Cross baru0
Mitsubishi Eclipse Cross umur 1 tahunTurun 20% dari harga baru
Mitsubishi Eclipse Cross umur 2 tahunTurun 10% dari harga umur 1 tahun
Mitsubishi Eclipse Cross umur 3 tahunTurun 5% – 8% dari harga umur 2 tahun
Mitsubishi Eclipse Cross umur 4 tahunTurun 5% – 8% dari harga umur 3 tahun
Mitsubishi Eclipse Cross umur 5 tahunTurun 5% – 8% dari harga umur 4 tahun

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa mobil akan mengalami penyusutan harga paling tinggi pada satu tahun setelah pemakaian. Sedangkan pada tahun berikutnya, penyusutan akan menurun tidak setinggi tahun pertama, yaitu sekitar 5% – 10% tergantung pada kondisi mobilnya.

Contoh Perhitungan Penyusutan Eclipse Cross

Agar memahami penyusutan mobil Eclipse Cross dengan lebih jelas, Anda bisa melihat contoh perhitungan penyusutan pada tabel di bawah ini

TahunPenyusutanHarga Setelah Penyusutan
Mitsubishi Eclipse Cross baru0Rp. 480.000.000
Mitsubishi Eclipse Cross umur 1 tahun20% x Rp. 480.000.000Rp. 384.000.000
Mitsubishi Eclipse Cross umur 2 tahun10% x Rp. 384.000.000Rp. 345.000.000
Mitsubishi Eclipse Cross umur 3 tahun8% x Rp. 345.000.000Rp. 317.952.000
Mitsubishi Eclipse Cross umur 4 tahun8% x Rp. 317.952.000Rp. 292.515.840
Mitsubishi Eclipse Cross umur 5 tahun8% x Rp. 292.515.840Rp. 269.114.573

*harga tersebut bisa berbeda tergantung tipe dan kondisi mobil

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa penyusutan mobil tertinggi terjadi pada tahun pertama yaitu sebesar 20% atau sebesar Rp. 96.000.000. Sedangkan untuk tahun kedua, penyusutan menurun menjadi 10% atau sebesar Rp. 38.400.000.

Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin lama usia pemakaian mobil, maka semakin sedikit pula harga penyusutannya.

Tips Dalam Membeli Mobil Eclipse Cross Bekas

  1. Cek kondisi luar mobil

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi body dan cat mobil. Pilihlah mobil dengan warna cat yang masih bagus dan tidak ada kerusakan seperti goresan atau penyok pada body mobil.

  2. Cek interior mobil

    Lakukan pengecekan di bagian dalam mobil. Coba duduki kursi di depan dan belakang. Rasakan apakah kursi masih nyaman atau tidak. Pastikan juga komponen interior lainnya dapat berfungsi dengan baik seperti AC, lampu, sistem audio, pengaman, dan hal-hal lain.

  3. Cek kondisi mesin

    Cobalah untuk mengecek mesin dengan cara membuka kap mesin dan lihat. Komponen mesin yang terdapat kerusakan atau kebocoran nanti akan terlihat. Biasanya ciri-cirinya ada rembesan bensin atau oli yang terlihat pada mesin.

  4. Ajak teman atau mekanik ahli

    Jika Anda tidak begitu faham tentang mobil, sebaiknya Anda membawa kerabat atau mekanik ahli yang lebih faham tentang kerusakan pada mobil bekas. Hal ini untuk menghindari kerugian yang akan Anda alami akibat kurang jeli dalam menganalisa masalah mobil.

  5. Lakukan test driving

    Untuk mengetahui kenyamanan dalam berkendara, Anda perlu melakukan test driving. Hal ini juga berguna untuk mengetahui apakah ada permasalahan atau tidak pada mobil seperti perpindahan transmisi dan fungsi rem saat melewati medan yang menurun atau menanjak.

  6. Cek jarak tempuh

    Semakin sedikit jarak tempuh, maka semakin baik pula kondisi mobil. Hal ini karena mobil jarang dipakai sehingga servis yang mungkin dilakukan tergolong ringan.
    Pada umumnya, mobil pribadi bisa menempuh jarak kurang lebih 15 ribu – 20 ribu km. Carilah mobil Eclipse Cross bekas dengan jarak tempuh kurang dari 60 ribu km untuk usia mobil 3 tahun.

  7. Lakukan pengecekan keseluruhan di layanan servis

    Sebelum melakukan pembayaran atas pembelian mobil bekas, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kondisi mesin secara menyeluruh terlebih dahulu di  bengkel.

  8. Cek kelengkapa surat

    Lakukan pengecekan kelengkapan  dan keabsahan surat-surat seperti STNK dan BPKB mobil. Pastikan data-data pada surat tersebut telah sesuai dengan kondisi fisik mobil dan pemilik mobil yang asli.