Advertisements
banner iklan

Ganti Plat Kendaraan Semarang : Biaya, Cara, & Syarat

Ganti Plat Semarang – Setiap pemilik kendaraan bermotor, wajib membayar pajak kendaraannya juga. Pajak kendaraan yang dibayarkan secara berkala dibagi menjadi 2, yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan (ganti plat).

Untuk pergantian plat Semarang akan memerlukan sejumlah biaya. Berapa biaya ganti plat Semarang?

Biaya ganti plat motor Semarang adalah Rp. 195.000. Biaya ganti plat mobil Semarang adalah Rp. 443.000. Biaya tersebut belum termasuk pajak tahunan kendaraan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ganti plat kendaraan Semarang, Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Samsat Kabupaten Semarang

Ganti plat atau pembayaran pajak 5 tahunan hanya dapat dilakukan di samsat utama semarang. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui informasi Samsat Semarang terlebih dahulu.

Untuk samsat induk di Kabupaten Semarang terletak di Sidosari, Sidomulyo, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50514.

Samsat ini berada di dekat Alun-Alun Bung Karno. Bahkan Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan hanya membutuhkan jangka waktu 4 menit.

Berikut peta lokasi Samsat Kabupaten Semarang.

Jam operasional samsat ini pada Hari Senin – Jum’at selama 08.00-14.30 dan Hari Sabtu jam 08.00-12.00.

Lokasi Samsat Kota Semarang

Untuk samsat induk di Kota semarang terletak di Jl. Hanoman Raya No.2, Krapyak, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50146. Samsat ini berlokasi di dekat RSUDTugu Rejo.

Untuk lebih jelasnya, dapat Anda amati pada tampilan peta berikut.

Berbeda halnya dengan kantor samsat biasa, kantor ini memiliki jam operasional yang lebih panjang saat Hari Jum’at, yaitu 08.00-14.30. Untuk jam operasional Hari Senin – Kamis adalah 08.00-14.00, dan Sabtu jam 08.00-12.00.

Syarat Ganti Plat Motor & Mobil Semarang

  • STNK asli
  • BPKB asli
  • KTP asli
  • Surat kuasa bermaterai

Di dalam Samsat Kota Semarang, terdapat tempat fotocopy. Anda dapat melakukan fotocopy di sana agar lebih mengetahui berapa banyak arsip fotocopy yang akan dibutuhkan saat proses. Letak tempat fotocopy berada di sebelah kanan pintu masuk samsat.

Cara Ganti Plat Motor & Mobil Semarang

Berikut cara yang dapat Anda ikuti saat melakukan pengurusan pergantian plat kendaraan di Samsat Kota Semarang.

  1. Pergi ke Samsat Kota Semarang.

    Karena pengurusan pergantian plat / pajak 5 tahunan yang sedikit lebih rumit, maka Anda disarankan untuk datang lebih pagi untuk menghindari antrian panjang.

  2. Parkirkan kendaraan Anda di dekat Area Cek Fisik.

    Area cek fisik terletak di sebelah kanan pintu masuk, Anda dapat langsung membawa kendaraan Anda ke dalam Samsat dan memarkirkannya di area dekat cek fisik.

  3. Ambil formulir cek fisik lalu lakukan cek fisik kendaraan Anda.

    Ambil formulir cek fisik di loket cek fisik. Isi terlebih dahulu formulir tersebut dengan benar. Jika sudah, serahkan formulir tersebut beserta dengan kendaraan Anda ke petugas cek fisik.

  4. Lakukan pengesahan hasil cek fisik di Loket Cek Fisik Kendaraan

    Jika petugas sudah memberikan hasil cek fisik, bawa hasil tersebut ke loket cek fisik untuk di berikan stempel agar hasil cek fisik kendaraan Anda dianggap sah.

  5. Kumpulkan berkas persyaratan ke Loket Pelayanan Pendaftaran

    Jika berkas sudah di rasa lengkap, masuk ke gedung samsat dan pergi ke Loket Pelayanan Pendaftaran. Berikan seluruh persyaratan yang Anda bawa ke petugas untuk dilakukan cek kelengkapan.
    Tunggu hingga petugas, memanggil nama Anda dan memberikan nota besaran biaya yang harus dibayar.

  6. Bayar Biaya Ganti Plat di Loket Kasir yang berada di samping Loket Pendaftaran.

    Langsung pergi ke loket kasir di dekat Anda. Di sana, Anda dapat memilih membayar pajak secara cash atau melalui ATM BRI yang telah tersedia.

  7. Pergi ke Ruang Arsip untuk mengambil STNK, TNKB, dan BPKB yang telah diperbarui.

    Jika sudah dilakukan pembayaran, simpan nota untuk di tunjukkan ke petugas di Ruang Arsip. Ruang Arsip di samsat ini terletak di area belakang dekat dengan toilet wajib pajak.

Advertisements

Biaya Ganti Plat Kendaraan Semarang

Besar biaya ganti plat motor dan mobil tidak sama. Anda dapat melihat perbedaan besar biaya ganti plat motor dan mobil melalui tabel berikut.

Biaya Ganti Plat Motor

Rincian BiayaTarif
PKB (Pajak Tahunan)Cek di STNK atau Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
SWDKLLJ MotorRp. 35.000
Penerbitan TNKB MotorRp. 60.000
Penerbitan STNK MotorRp. 100.000
Advertisements

Biaya Ganti Plat Mobil

Rincian BiayaTarif
PKB (Pajak Tahunan)Cek di STNK atau Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
SWDKLLJ MobilRp. 143.000
Penerbitan TNKB MobilRp. 100.000
Penerbitan STNK MobilRp. 200.000

Nb. Tidak hanya pembayaran pajak 5 tahunan saja yang menggaruskan Anda untuk melakukan ganti lat, Saat melakukan proses mutasi Semarang Anda juga diharuskan untuk mengganti plat kode H tersebut sesuai dengan domisili kendaraan yang baru.