Advertisements

Cara dan Syarat Ganti Plat 5 Tahunan Online, Mudah & Cepat

Advertisements

Ganti Plat 5 Tahunan Online – Seperti yang telah diketahui, pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor dapat dilakukan secara online. Namun, apakah hal tersebut juga berlaku untuk pembayaran pajak 5 tahunan?, silahkan simak artikel berikut.

Berapa biaya ganti plat 5 tahunan online melalui biro jasa? Biaya ganti plat 5 tahunan online melalui biro jasa adalah sesuai peraturan ditambah biaya jasa yang disesuaikan dengan wilayah dan layanan. Di wilayah DKI Jakarta sekitar Rp. 250.000 – Rp. 300.000.

Jika Anda ingin mengetahui biaya ganti plat online tanpa biro jasa, silahkan cek di Aplikasi Cek Pajak Online melalui tombol berikut.

Namun, untuk memastikan lebih lanjut berapa biaya jasa ganti plat 5 tahunan kendaraan bermotor, silahkan hubungi biro jasa yang akan digunakan.

Daftar Isi :

  • Apakah Ganti Plat Pajak 5 Tahunan Dapat Dibayar Secara Online?
  • Cara Bayar Pajak 5 Tahunan Melalui Biro Jasa Ganti Plat Online
  • Biaya Ganti Plat Pajak 5 Melalui Biro Jasa
  • Tips Memilih Jasa Ganti Plat 5 Tahunan
  • Keuntungan dan Kerugian Bayar Pajak 5 Tahunan Online Lewat Biro Jasa
Advertisements

Apakah Ganti Plat Pajak 5 Tahunan Dapat Dibayar Secara Online?

Berdasarkan beberapa informasi yang diperoleh, pembayaran pajak 5 tahunan kendaraan bermotor tidak dapat dilakukan secara online, seperti bayar pajak tahunan.

Hal tersebut dikarenakan, dalam proses ganti plat pajak 5 tahunan perlu dilakukan cek fisik kendaraan (sebagai bukti identifikasi kepolisian), dan saat ini belum terdapat teknologi untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Namun, jika telah memasuki tanggal jatuh tempo dan wajib pajak berhalangan hadir, untuk melakukan proses pembayaran pajak 5 tahunan, silahkan menggunakan biro jasa ganti plat online.

Meskipun tidak dapat dilakukan secara online melalui sistem, tetapi dengan menggunakan biro jasa, wajib pajak tidak perlu repot – repot mengunjungi Kantor Samsat setempat untuk proses pembayaran pajak 5 tahunan.

Cara Bayar Pajak 5 Tahunan Melalui Biro Jasa Ganti Plat Online

Di bawah ini merupakan cara bayar pajak 5 tahunan kendaraan bermotor secara online lewat biro jasa ganti plat online.

  1. Hubungi biro jasa ganti plat kendaraan bermotor online

    Untuk melakukan proses pembayaran pajak 5 tahunan lewat biro jasa online, silahkan cari biro jasa ganti plat online yang terpercaya.
    Di setiap wilayah biasanya terdapat beberapa pilihan biro jasa yang menawarkan berbagai layanan dengan harga bervariasi. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih biro jasa ganti plat 5 tahunan resmi, dan terpercaya.
    Setelah menentukan biro jasa yang digunakan, tanyakan informasi terkait prosedur, biaya, dan proses pengerjaan.

  2. Siapkan dokumen persyaratan ganti plat 5 tahunan

    Setelah menghubungi biro jasa, dan wajib pajak telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang diberikan. Silahkan persiapkan dokumen persyaratan ganti plat 5 tahunan, seperti KTP, BPKB, dan STNK.

  3. Kemudian, pegawai biro jasa akan datang ke rumah Anda untuk mengambil dokumen persyaratan

    Jika seluruh dokumen persyaratan telah lengkap, wajib pajak dapat mengirimkan berkas tersebut ke Kantor Biro Jasa atau pegawai biro jasa datang ke rumah Anda. Hal tersebut tergantung dengan perjanjian yang telah disepakati.
    Setelah itu, petugas jasa ganti plat 5 tahunan akan melakukan pengecekan dokumen persyaratan.

  4. Petugas jasa ganti plat pajak 5 tahunan akan melakukan proses cek fisik

    Apabila dokumen persyaratan ganti plat 5 tahunan telah benar dan lengkap, petugas jasa ganti plat 5 tahunan akan melakukan proses cek fisik kendaraan (gesek nomor rangka dan mesin).
    Untuk proses cek fisik, biasanya pihak jasa ganti plat 5 tahunan akan memberikan beberapa pilihan, yaitu petugas datang ke rumah, wajib pajak datang ke kantor biro jasa, atau menggunakan layanan samsat bantuan (apabila kendaraan di luar kota).

  5. Jika seluruh persyaratan telah lengkap, lakukan pembayaran

    Untuk jumlah biaya pajak 5 tahunan beserta ganti plat kendaraan melalui jasa ganti plat online, wajib pajak akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal, karena harus membayar biaya jasa.
    Berdasarkan informasi yang diperoleh, biaya jasa dan pengurusan dokumen ganti plat pajak 5 tahunan di DKI Jakarta sekitar Rp. 250.000 (motor) dan Rp. 300.000 (mobil). Biaya tersebut tergantung biro jasa dan wilayah.

  6. Selanjutnya, pihak jasa ganti plat 5 tahunan akan memproses pembayaran pajak di Kantor Samsat

    Dikarenakan Anda telah menggunakan layanan jasa ganti plat 5 tahunan online, maka proses di Kantor Samsat akan dibantu oleh pihak jasa tersebut, dan Anda tinggal menunggu informasi.

  7. Pihak jasa ganti plat 5 tahunan akan menghubungi Anda

    Apabila proses telah selesai, maka pihak biro jasa akan menghubungi Anda. Untuk proses pengerjaan tergantung dengan wilayah dan layanan.

Advertisements
cara ganti plat 5 tahunan online

Biaya Ganti Plat Pajak 5 Melalui Biro Jasa

Jika proses pembayaran pajak 5 tahunan dan ganti plat dilakukan secara mandiri, biaya yang perlu dipersiapkan sebagai berikut.

KeteranganBiaya (Motor)Biaya (Mobil)
PKBCek STNK atau Aplikasi Cek PajakCek STNK atau Aplikasi Cek Pajak
SWDKLLJRp. 35.000Rp. 143.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000Rp. 100.000
Penerbitan STNKRp. 100.000Rp. 200.000

Namun, dikarenakan pembayaran pajak 5 tahunan dilakukan melalui biro jasa ganti plat, maka Anda harus membayar biaya jasa tersebut.

Berapa biaya jasa ganti plat 5 tahunan melalui biro jasa?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tarif jasa ganti plat 5 tahunan tergantung wilayah dan layanan yang diberikan oleh biro jasa.

Berikut daftar biaya jasa ganti plat 5 tahunan dan pengurusan dokumen “PT. Jasa Mulai Inovasi – Kota Tangerang”.

WilayahTarif (Motor)Tarif (Mobil)
DKI JakartaRp. 250.000Rp. 300.000
Bekasi (Kota)Rp. 250.000Rp. 300.000
Bekasi (Kabupaten)Rp. 350.000Rp. 400.000
Tangerang (Kota/ Selatan)Rp. 250.000Rp. 300.000
Tangerang (Kabupaten)Rp. 350.000Rp. 400.000
DepokRp. 250.000Rp. 300.000
BogorRp. 450.000Rp. 500.000
BandungRp. 550.000Rp. 600.000
Advertisements

*Tarif di atas merupakan tarif jasa salah satu biro jasa di Kota Tangerang.

Tips Memilih Jasa Ganti Plat 5 Tahunan

Berikut beberapa tips memilih biro jasa ganti plat 5 tahunan kendaraan bermotor.

  • Pilih biro jasa resmi yang terpercaya
  • Tanyakan detail prosedur dan biaya
  • Tanyakan berapa lama waktu pengerjaannya
  • Lihat review dari pelanggan sebelumnya.

Keuntungan dan Kerugian Bayar Pajak 5 Tahunan Online Lewat Biro Jasa

Pembayaran pajak 5 tahunan dan ganti plat melalui biro jasa memang memiliki beberapa keuntungan, seperti wajib pajak tidak perlu repot mengantri dan mengurusnya sendiri di Kantor Samsat. Apalagi jika biro jasa memberikan layanan antar – jemput dokumen.

Namun, di samping keuntungan yang diberikan, terdapat kerugian yang harus ditanggung wajib pajak, yaitu harus membayar jasa ganti plat 5 tahun.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda menggunakan jasa ganti plat 5 tahunan, pastikan biro jasa tersebut resmi dan terpercaya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.