Advertisements

Biaya Ganti Oli Gran Max dan Rekomendasi Merk Nya

Ganti Oli Gran Max – Ketika Anda memiliki mobil, perhatikan waktu penggantian olinya. Jangan biarkan oli mesin pada mobil Anda benar – benar habis. Untuk melakukan ganti oli Gran Max di bengkel, ketahui biaya serta informasi lain seputar ganti oli Gran Max.

Berapa biaya ganti oli Gran Max? Biaya ganti oli Gran Max di bengkel resmi adalah Rp. 52.000. Sedangkan, di bengkel umum akan dikenakan tarif sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000  . Biaya tersebut belum termasuk harga oli Gran Max sekitar Rp. 70.000 – Rp. 88.400 per liter.

Daftar Isi :

  • Biaya Ganti Oli Gran Max
  • Kapan Waktu Ganti Oli Gran Max Yang Tepat?
  • Rekomendasi Oli Gran Max Serta Harganya
  • Ciri – Ciri Daihatsu Gran Max Harus Ganti
  • Penyebab Oli Gran Max Cepat Habis
Advertisements

Biaya Ganti Oli Gran Max

Untuk menjaga performa mesin mobil Gran Max, pemilik mobil sebaiknya memperhatikan jadwal penggantian oli. Ganti oli Gran Max dapat dilakukan secara mandiri di rumah atau di bengkel.

Di bawah ini merupakan daftar biaya ganti oli Gran Max di beberapa tempat.

Biaya Ganti Oli Gran Max di Bengkel Resmi

Jasa LayananBiaya
Jasa ganti oli Gran Max di Bengkel DaihatsuRp. 52.000

Biaya Ganti Oli Gran Max di Bengkel Umum

Jasa LayananBiaya
Jasa ganti oli Gran Max di Bengkel UmumRp. 50.000 – Rp.100.000

Namun, perlu diketahui bahwa biasanya pihak bengkel akan menggratiskan biaya jasa penggantian. Untuk itu, tanyakan secara langsung kepada petugasnya.

Biaya Ganti Oli Gran Max di Rumah

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran biaya, Anda dapat melakukan ganti oli Gran Max sendiri. Namun, sebelum Anda harus benar – benar memahami bagaimana cara ganti oli mobil Grand Max dengan benar.

Dengan mengganti oli mobil sendiri, Anda hanya perlu membeli oli sesuai kebutuhan. Pembelian oli Gran Max dapat Anda lakukan secara online via Shopee. Untuk mengecek ketersediaan produk, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Kapan Waktu Ganti Oli Gran Max Yang Tepat?

Apabila pelumas yang digunakan pada mobil Anda adalah oli sintetik, maka waktu penggantian oli dapat dilakukan setiap mobil telah mencapai jarak tempuh 10.000 km dan kelipatannya.

Namun, jika kondisi jalan yang sering Anda lewati sering mengalami kemacetan, atau medan yang sulit, maka acuan untuk melakukan penggantian oli yaitu waktu penggunaan. Biasanya oli mobil Gran Max akan diganti setiap 6 bulan sekali.

Rekomendasi Oli Mobil Gran Max Serta Harganya

Berikut beberapa rekomendasi merk dan harga oli Grand Max.

  • Daihatsu SAE 10W-40 API SN (Synthetic Cool Max) 1L, Rp. 88.400
  • Shell Helix HX5 SAE 15W-40 4L, Rp. 167.000
  • Castrol GTX 15W-40 4L, Rp. 252.000
  • Mobil Super 1000 X2 15W-40 API SN 1L, Rp. 70.000
  • Toyota TMO SAE 10W-40 4L, Rp. 165.000.
Advertisements

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, tingkat kekentalan oli yang diperlukan oleh Daihatsu Gran Max yaitu SAE 15W-40, API SN dengan kapasitas 3,5 liter. Namun, jika mobil bertipe penumpang, maka Anda dapat menggunakan oli dengan kekentalan 10W-40.

Ciri – Ciri Daihatsu Gran Max Harus Ganti Oli

Penjadwalan ganti oli Gran Max dapat diatur sesuai jumlah kilometer atau waktu penggunaan. Nmaun, sebenarnya, waktu penggantian oli dapat dilihat dari ciri – ciri berikut.

  • Suara mesin terdengar kasar dan berisik
  • Adanya perubahan warna oli lebih hitam
  • Performa mobil berkurang, saat menekan pedal gas
  • Warna asap knalpot menjadi lebih pekat
  • Indikator oli pada dashboard menyala (khusus mobil modern)

Catatan : Saat memilih jenis dan merk oli, Anda harus benar – benar memperhatikan dan menyesuaikan spesifikasinya dengan mesin mobil.

Penyebab Oli Mobil Gran Max Cepat Habis

Berkurangnya jumlah volume oli seiring dengan pemakaian merupakan hal yang wajar. Namun, jika oli pada Gran Max sangat cepat habis, Anda harus segera melakukan pengecekan.

Berikut beberapa faktor penyebab oli Gran Max cepat habis.

Penggunaan oli dengan kualitas rendah

Kualitas oli dapat mempengaruhi kinerja mesin. Hal ini dikarenakan, oli berperan sebagai pelumas yang menahan gesekan antara komponen mesin.

Semakin baik kualitas oli, maka mesin mobil Gran Max tidak akan cepat panas, sehingga konsumsi oli akan lebih sedikit. Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan oli yang berkualitas rendah untuk menjaga keawetan mesin mobil.

Terjadi kebocoran pada bagian seal

Adanya kebocoran pada bagian seal mesin dapat membuat oli mesin lebih cepat habis. Untuk itu, jika telah diketahui adany kebocoran pada seal, segera lakukan penggantian.

Terjadi kerusakan pada bagian seher atau ring piston

Seher atau ring piston merupakan komponen yang dapat menahan oli agar tidak masuk ke dalam piston. Jika pada bagian ini mengalami kerusakan, maka oli akan masuk ke bagian piston, dan berpotensi masuk ke ruang pembakaran.

Dengan masuknya oli ke dalam ruang pembakaran, akan menyebabkan kinerja busi terganggu, dan keluarnya asap putih dari knalpot.

Penggunaan mobil Gran Max kebut – kebutan

Jika Anda mengenadari mobil Gran Max dengan ugal – ugalan dapat membuat oli cepat habis. Hal tersebut dikarenakan, Anda terlalu sering menggeber mesin mobil, sehingga terjadi penguapan oli lebih cepat.