Advertisements

Biaya Ganti Oli Datsun Serta Rekomendasi Merk Oli Nya

Advertisements

Ganti Oli Datsun – Mobil Datsun adalah mobil yang diproduksi Nissan Motor Company. Mobil ini dirancang sebagai mobil perkotaan yang banyak diminati. Oleh sebab itu mobil ini perlu perawatan dan pergantian oli karena beresiko pada kondisi kemacetan.

Lantas berapa biaya ganti oli Datsun?

Biaya ganti oli Datsun di bengkel Datsun adalah gratis untuk ketentuan tertentu. Sedangkan untuk biaya ganti oli pada bengkel umum adalah Rp. 20.000 – Rp. 40.000, tergantung dari merk olinya. Lalu harga oli Datsun adalah Rp. 70.000 – Rp. 200.000.

Silahkan untuk melihat pembahasan mengenai ganti oli Datsun berikut ini:

Daftar Isi:

  • Informasi Biaya Ganti Oli Datsun
  • Rekomendasi Oli Datsun Terbaik
  • Jenis Oli yang Tidak Cocok Pada Datsun
  • Waktu Pergantian Oli Datsun yang Benar
Advertisements

Informasi Biaya Ganti Oli Datsun

Tipe mobil Datsun yang diantaranya adalah Datsun GO, GO+ dan juga Cross. Sebagai mobil keluarga dan berada di segmen perkotaan, tentu saja hal yang perlu Anda tekankan adalah dalam hal perawatannya.

Salah satu perawatan pada kendaraan adalah mengganti oli untuk menjaga kondisi kendaraan Anda agar terjaga. Terlebih jika sering terkena kemacetan, hal tersebut sangat berpengaruh pada oli kendaraan.

Maka dari itu di bawah ini adalah gambaran biaya ganti oli Datsun di beberapa lokasi, yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Biaya Ganti Oli Datsun di Bengkel Datsun

Dalam melakukan pergantian oli rutin di bengkel Datsun, Anda tidak akan dikenakan biaya sampai dengan jarak tempuh 50.000 km. Jika telah melampau jarak tersebut, Anda akan dikenakan tarif sesuai jarak tersebut dan biaya oli yang digunakan.

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli Datsun di bengkel DatsunGratis sampai Km 50.000

Biaya Ganti Oli Datsun di Bengkel Umum

Saat melakukan pergantian oli di bengkel umum, Anda akan dikenakan biaya yang berbeda tergantung dari lokasi dan tempat Anda melakukan pergantiab. Biaya tersebut adalah biaya jasa dan biaya oli yang digunakan.

Jasa ServisBiaya
Servis gati oli Datsun di bengkel umumRp. 20.000 – Rp. 40.000

Jika Anda ingin membeli oli untuk mobil Datsun Anda, silahkan untuk mengecek produk tersebut pada Shopee untuk mendapatkan penawaran menarik. Anda bisa terhubung dengan produk yang diinginkan dengan mengklik pada link di bawah ini:

Advertisements

Biaya Ganti Oli Datsun Sendiri di Rumah

Pilihan paling murah untuk mengganti oli adalah dengan melakukan pergantian sendiri. Anda hanya perlu membeli merek oli yang diinginkan dan tidak perlu membayar biaya jasa. Sedangkan untuk jenis olinya juga harus sesuai,

Rekomendasi Oli Datsun Terbaik

Dalam memilih merek oli untuk kendaraan harus dilakukan dengan tepat dan benar. Di bawah ini adalah beberapa pilihan merek oli untuk Datsun dengan kualitas yang bagus:

Merek Oli Datsun Terbaik

Silahkan untuk melihat pilihan rekomendasi merek oli mobil Datsun terbaik berikut ini:

Total Quartz 8000 Future 0W – 20 SN GF – 5 (Rp. 295.000)

Oli ini diproduksi untuk melindungi deposit dan juga mesin yang aus. Dengan teknologi mesin synthetic, oli ini sangat cocok dipaka pada mobil LCGC seperti Datsun.

Genuine R Oil Nano Tech 0W – 20 (Rp. 120.000)

Oli ini memiliki SAE yang cukup encer dan sudah memiliki sertifikasi API SN.  Jenis oli ini sangat cocok untuk dipakai pada mobil Datsun agar memiliki performa yang seperti baru.

Castrol GTX Ultraclean 5W – 30 (Rp. 267.500)

Banyak manfaat dari menggunakan oli Castrol ini. Karena memiliki viskositas yang rendah, oli ini dapat memberikan aksi ganda dalam membersihkan lumpur yang menghalangi saluran mesin oli. Tidak hanya itu oli ini juga dapat menjadikan performa kendaraan lebih baik.

Oli Datsun Harga Terjangkau dengan Kualitas Baik

Shell Helix Eco 0W – 20 Full Synthetic (Rp.83.000)

Oli ini sangat direkomendasikan untuk mobil Datsun yang menggunakan teknologi LGCC atau Low cost green car. Artinya teknologi yang ada pada shell sangat sesuai untuk menjaga kondisi mesin agar tetap bersih dan mampu bekerja secara efisien.

Advertisements

Shell Helix Eco 5W – 30 Synthetic (Rp. 79.500)

Fungsi dari oli ini adalah memang dirancang khusus untuk mobil LCGC seperti Datsun. Oli ini memiliki teknologi full sintetis sehingga bisa memberikan perlindungan mesin kedaran lebih lama. Dengan kekentalan yang rendah oli ini memiliki penguapan yang rendah.

Genuine Oil 5W – 30 (Rp. 59.500)

Penggunaan oli Genuine ini akan menjadikan mobil Datsun Anda memiliki kondisi mesin yang prima. Oli ini juga akan memberikan perlindungan pada mesin kendaraan pada jalanan perkotaan yang macet, menghemat bahan bakar dan memberikan tarikan yang oke.

Jika ingin mendapatkan oli Datsun dengan kualitas bagus dan harga yang murah, Anda bisa membelinya melalui aplikasi Shopee. Disini Anda akan mendapatkan voucher gratis ongkir pada pembelian oli Datsun. Silahkan  untuk  mengklik pada link di bawah ini:

Jenis Oli yang Tidak Cocok Pada Datsun

Jenis oli yang tidak cocok dipakai untuk mobil Datsun adalah oli dengan kekentalan yang cukup tinggi, yaitu sebagai berikut:

  • Lucas semi synthetic SAE 10W – 40
  • Castrol GTX SAE 15W – 40
  • Repsol elite injection SAE 10W – 40
  • Idemitsu SM CF SAE 10W – 30
  • Shell Helix HX3 SAE 20W – 50
  • Pertamina lubricants fastron techno SAE 10W – 40
  • Pertamina lubricants mesran super SAE 20W – 50

Tidak semua oli bisa dipakai untuk semua jenis dan tipe mobil. Hal ini sudah menjadi patokan yang bisa Anda lihat pada buku manual kendaraan.

Pada mobil Datsun menggunakan oli dengan kekentalan yang tinggi menjadikan mesin menjadi berat karena oli menghambat gerakan mesin. Bahkan oli juga bisa menghambat kinerja pompa oli dalam kelancaran sirkulasi mesin.

Waktu Pergantian Oli Datsun yang Benar

Idealnya oli mobil Datsun harus diganti ketika memasuki jarak 10.000 km. Pada umumnya jarak ini akan ditempuh pengendara selama 6 bulan. Jika Anda gemar travelling dengan mobil, jarak ini bisa ditempuh kurang dari waktu 6 bulan.

Bukan hanya itu, jika medan yang biasa Anda lewati adalah bukan jalanan aspal. Anda bisa melakukan pergantian di sebelum memasuki jarak 10.000 km. Hal ini karena mesin akan bekerja 2x lebih ekstra.

Terdapat beberapa pengeluaran mobil lain yang perlu Anda keluarkan selain oli, yaitu Biaya pajak Datsun