Biaya Ganti Oli Aerox dan Rekomendasi Oli Nya

Ganti Oli Aerox – Oli menjadi salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai pelumasan pada motor Aerox. Oleh sebab itu, ganti oli Aerox perlu dilakukan tepat waktu untuk menjaga performa mesin agar tetap baik.

Advertisements

Lalu berapa biaya ganti oli motor Aerox? Biaya ganti oli Aerox di bengkel resmi Yamaha dan Planet Ban adalah gratis. Sedangkan biaya ganti oli Aerox di bengkel umum adalah Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya oli Aerox yang berkisar antara Rp. 35.000 – Rp. 50.000 tergantung merk oli.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai ganti oli Yamaha Aerox, silahkan Anda baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Biaya Ganti Oli Aerox
  • Merk Oli Yamaha Aerox Terbaik
  • Waktu Ganti Oli Motor Aerox yang Tepat
  • Dampak Buruk Terlambat Ganti Oli Yamaha Aerox

Anda bisa membeli berbagai macam oli Aerox melalui aplikasi Shopee. Ada gratis ongkir untuk pembelian dari seluruh Indonesia. Untuk melihat pilihan produknya, silahkan tekan link di bawah ini.

Advertisements

Biaya Ganti Oli Aerox

Yamaha Aerox memiliki beberapa tipe, seperti Aerox  R, Aerox Naked, Aerox 125 LC, Aerox 155 VVA, dan Aerox 155 Connected.

Semua motor Aerox tersebut memiliki cara perawatan yang hampir sama, yaitu perlu ganti oli setiap periode tertentu.

Biaya ganti oli motor Aerox tersebut berbeda – beda tergantung pada tempat servisnya. Berikut biaya ganti oli Aerox di beberapa tempat servis.

Biaya Ganti Oli  Aerox di Bengkel Resmi Yamaha

Ganti oli untuk motor Aerox di bengkel resmi Yamaha tidak membutuhkan biaya alias gratis. Anda hanya membayar harga olinya saja sekitar Rp. 35.000 – Rp. 45.000.

Berikut biaya ganti oli Aerox di bengkel resmi Yamaha:

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli AeroxGratis

Biaya Ganti Oli Aerox di Planet Ban

Planet ban merupakan salah satu layanan servis motor yang cabangnya berada di seluruh Indonesia. Anda bisa mengganti oli Aerox di Planet Ban terdekat rumah Anda dengan biaya gratis untuk jasa ganti oli nya.

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli AeroxGratis
Advertisements

Biaya Ganti Oli Aerox di Bengkel Umum

Sedangkan servis ganti oli motor Aerox di bengkel umum biayanya berbeda – beda pada setiap bengkelnya. Ada beberapa bengkel umum yang menyediakan jasa servis penggantian oli secara gratis, namun ada juga yang dikenakan biaya.

Berikut biaya ganti oli Aerox di bengkel umum

Jasa ServisBiaya
Servis Ganti Oli Aerox Bengkel UmumRp. 10.000 – Rp. 15.000

Biaya Ganti Oli Aerox Sendiri di Rumah

Selain di bengkel, ganti oli juga bisa Anda lakukan sendiri dengan biaya servis gratis tentunya. Anda tinggal beli saja oli Yamaha Aerox di bengkel yang harganya sekitar Rp. 35.000 – Rp. 50.000.

Rekomendasi Merk Oli Yamaha Aerox Terbaik

Oli pada motor matic dibagi menjadi 2 bagian, yaitu oli gardan dan oli mesin. Setiap oli tersebut harus memiliki spesifikasi yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Merk Oli Mesin Yamaha Aerox Terbaik

Yamaha Aerox memiliki kapasitas oli mesin 1 liter dengan tingkat kekentalan oli yang disarankan adalah SAE 10W – 40. Tingkat kekentalan oli tersebut sudah cocok dengan spesifikasi mesin Yamaha Aerox.

Beberapa rekomendasi merk oli mesin Yamaha Aerox yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Top 1 Action Matic 10W – 40 (Rp. 45.000)
  • Yamalube Power Matic 10W – 40 (Rp. 50.000)
  • Yamalube Super Matic 10W – 40 (Rp. 40.000)
  • Motul Scooter Expert 10W – 40 (Rp. 78.000)
  • Liqui Moly Scooter 10W – 40 (Rp. 170.000)
  • Shell Advance AX7 Scooter 10W – 40 (Rp. 131.000)
Advertisements

Merk Oli Gardan Yamaha Aerox Terbaik

Oli gardan merupakan oli yang berfungsi untuk melapisi komponen transmisi motor Aerox, sehingga jangka waktu untuk penggantian oli gardan lebih lama dibandingkan oli mesin.

Pemilihan oli gardan Yamaha Aerox harus tepat agar oli tersebut bisa berfungsi secara optimal. Berikut adalah beberapa merk oli gardan yang bagus untuk Yamaha Aerox:

  • Yamalube Gear Oil / oli standar Yamaha (Rp. 15.000)
  • Pertamina Rored MTF (Rp. 53.000)
  • Mobil 1 LS 75 W – 90 (Rp. 260.000)
  • Castrol Manual GL – 4 Gear Oil 80W – 90 (Rp. 65.000)

Anda bisa membeli berbagai macam oli Aerox melalui aplikasi Shopee. Ada gratis ongkir untuk pembelian dari seluruh Indonesia. Untuk melihat pilihan produknya, silahkan tekan link di bawah ini.

Waktu Ganti Oli Motor Aerox yang Tepat

Mengingat pentingnya fungsi oli pada motor Aerox, maka penggantian oli harus dilakukan secara berkala. Karena jika tidak diganti, bisa menyebabkan berbagai masalah pada mesin yang membuat kinerjanya menjadi menurun.

Lalu kapan waktu ganti oli yang tepat?

Menurut buku panduan servis Yamaha Aerox, idelanya jadwal servis dan ganti oli dilakukan tiap 3000 km atau 2 bulan sekali. Tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.

Sementara untuk ganti oli gardan disarankan setiap jarak tempuh mencapai 8000 km.

Dampak Terlambat Ganti Oli Yamaha Aerox

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa terlambat ganti oli motor tidak akan berdampak besar bagi kerusakan motor. Padahal jika mesin motor rusak akibat jarang ganti oli, Anda akan menghabiskan biaya yang lebih besar untuk memperbaikinya.

Oleh sebab itu, ganti oli Yamaha Aerox secara berkala bisa membuat mesin jadi lebih awet. Beberapa dampak buruk akibat terlambat ganti oli.

Kinerja mesin Yamaha Aerox jadi menurun

Oli yang sudah lama tidak diganti akan berubah menjadi hitam, kental dan kotor. Oli tersebut akan mengendap di dalam mesin sehingga pelumasan menjadi tidak optimal. Akibatnya, mesin tidak bisa bekerja secara optimal dan performanya akan menurun.

Mesin Yamaha Aerox cepat mengalami overheat

Selain sebagai pelumas, oli juga befungsi untuk mendinginkan mesin. Jika kualitas oli buruk karena jarang diganti, maka pendinginan mesin akan kurang dan menyebabkan mesin cepat panas. Jika terus dibiarkan maka mesin Aerox cepat rusak.

Bisa menyebabkan turun mesin

Jika kerusakan mesin yang terjadi sudah parah, efek terburuknya adalah Yamaha Aerox bisa turun mesin. Hal ini tentu yang paling dihindari oleh banyak orang mengingat biaya turun mesin tidaklah sedikit.

Maka dari itu, Anda perlu menjaga dan merawat komponen mesin motor Yamaha Aerox Anda agar selalu dalam kondisi baik. Lakukan servis dan ganti oli secara rutin di bengkel terpecaya sesuai dengan prosedur.