Biaya Ganti Aki Mio Serta Rekomendasi Merk Aki Nya

Ganti Aki Mio – Penggantian aki / accu memiliki peran yang penting bagi kendaraan bermotor. Di pasaran, ada cukup banyak merk aki yang dapat digunakan oleh Yamaha Mio. Silahkan simak artikel berikut untuk mengetahui biaya penggantian dan rekomendasi aki Mio.

Advertisements

Berapa biaya ganti aki Mio? Biaya ganti aki Mio adalah Rp. 10.000 – Rp. 60.000. Sedangkan, biaya di bengkel umum sekitar 50.000 – Rp. 70.000. Biaya tersebut belum termasuk pembelian aki Mio Rp. 155.000 – Rp. 234.000.

Daftar Isi :

  • Daftar Biaya Ganti Aki Mio
  • Daftar Harga Aki Yamaha Mio
  • Tips Memilih Aki Motor Mio
  • Cara Ganti Aki Mio Soul GT
Advertisements

Daftar Biaya Ganti Aki Mio

Penggantian aki motor Yamaha Mio dapat dilakukan dimana saja, seperti di bengkel resmi, bengkel umum, dan melakukannya sendiri di rumah. Untuk biaya pemasangan aki di bengkel, biasanya telah digabungkan dengan harga aki baru yang dibeli.

Berikut daftar biaya ganti aki motor Mio.

Biaya Ganti Aki Mio di Bengkel Resmi Yamaha

Jenis JasaBiaya
Ganti aki Yamaha MioRp. 10.000 – Rp. 60.000

Berdasarkan informasi dari salah satu bengkel resmi Yamaha, biaya pemasangan aki motor Mio J sebesar Rp. 10.000. Namun, apabila ada masalah kelistrikan akan dikenakan biaya Rp. 40.000.

Biaya Ganti Aki Mio di Bengkel Umum

Jenis JasaBiaya
Ganti Aki Yamaha MioRp. 50.000 – 70.000

Biaya Ganti Aki Mio di Rumah

Penggantian aki Yamaha Mio di rumah dapat dilakukan kapan saja, tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, Anda tetap harus membeli aki Mio terlebih dahulu.

Apabila ingin memasang aki sendiri di rumah, Anda harus mengetahui cara pemasangannya, dan dapat membedakan kabel positif dan negatif yang harus disambungkan, dan memastikan tersambung dengan baik.

Pembelian aki motor mio tidak hanya dapat dilakukan secara langsung di bengkel atau offline. Kini pembelian aki Mio dapat dilakukan secara online via Shopee. Pembelian aki secara online via Shopee, biasanya akan memberikan beberapa keuntungan, seperti diskon dan gratis ongkir.

Untuk melihat produk yang disediakan di Shopee, silahkan klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Daftar Harga Aki Yamaha Mio

Motor Mio memiliki cukup banyak tipe. Hal tersebut sama dengan merk aki yang banyak dijual di pasaran.

Untuk melakukan penggantian aki motor Yamaha Mio, Anda dapat membeli aki melalui secara langsung di bengkel atau online via e-commerce. Saat membeli aki Mio, Anda harus memilih aki mio sesuai spesifikasi motor.

Berikut daftar harga aki Mio.

  • Yuasa YTZ5S (12V, 3,5A) (Aki Kering), Rp. 202.000
  • Yuasa YTZ4V, Rp. 210.000
  • Motobatt MTX5AL (Aki Kering), Rp. 190.000
  • Motobatt MTZ5S (Aki Kering), Rp. 185.000
  • XTRA Accu (Aki motor matic) GTZ5S MF, Rp. 129.900
  • MEGA Yuasa YT7-C MF, Rp. 199.500
  • Yuasa YB5L-B (Aki Basah), Rp. 155.000
  • Bosch RBT-6A, Rp. 165.000
  • Yamaha YTZ5S, Rp. 195.000
  • Zeus Battery Super Power GTZ5S, Rp. 234.000
Advertisements

Dari daftar tersebut, diketahui aki Yuasa memiliki harga yang murah, tetapi menawarkan kualitas yang baik. Aki ini dapat digunakan untuk segala jenis motor matic dan bebek. Yuasa YTZ4V dapat digunakan untuk motor Mio Soul, dan J.

Sedangkan Yuasa YTZ5S dapat digunakan untuk motor Yamaha Mio GT, J, Soul GT, Z, dan M3 125. Untuk Yuasa YB5L-B dapat digunakan Mio Sporty.

Sedangkan, biaya aki Mio Motobatt tergolong mahal. Hal tersebut dikarenakan, aki ini berjenis aki kering yang berbahan elektrolit gel, sehingga dapat menghasilkan, dan mengalirkan arus listrik stabil dan besar.

Berdasarkan informasi yang telah kami dapatkan, jenis dan merk aki di atas dapat digunakan untuk motor Yamaha Mio. Untuk harga tersebut dapat berubah sesuai tempat pembelian.

Tips Memilih Aki Motor Mio

Berikut tips memilih jenis atau merk aki Yamaha Mio.

  1. Kenali jenis aki motor (Aki kering / basah/ hybrid/ gel/ kalsium)
  2. Pastikan tempat beli aki terpercaya
  3. Sesuaikan dengan spesifikasi motor. Untuk motor matic kecil, biasanya menggunakan aki dengan ukuran standar kuat arus 3 – 5 Ampere.

Cara Ganti Aki Mio Soul GT

Untuk tempat aki Yamaha Mio Soul GT berada di bawah jok motor yang tertutup oleh cover berwarna hitam. Silahkan gunakan obeng plus untuk membuka cover tersebut.

Berikut cara ganti aki Mio Soul GT.

  1. Isikan cairan aki ke dalam aki (apabila belum diisikan oleh pabriknya)
  2. Letakkan aki ke tempat aki motor Mio Soul GT
  3. Sambungkan kabel negatif dan positif dengan aki
  4. Pastikan kabel tersambung dengan benar
  5. Selanjutnya, coba untuk pemanasan mesin.