Foto untuk SKCK: Ukuran, Warna Background, Dsb

Foto untuk SKCK – SKCK sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan ataupun pembuatan visa. Dalam pembuatan SKCK ada beberapa syarat yang dibutuhkan, salah satunya adalah menyerahkan foto.

Advertisements

Ada beberapa ketentuan untuk foto SKCK seperti pakaian yang digunakan, latar belakang foto, serta gaya rambut.

Lalu bagaimana ketentuan pas foto SKCK yang benar? Pas foto SKCK yang benar adalah ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah, pakaian rapi dan berkerah, serta tidak menggunakan aksesoris apapun di wajah.

Berikut informasi lengkap tentang ketentuan foto yang benar untuk membuat SKCK:

  • Ukuran Foto untuk SKCK
  • Warna Latar Belakang Foto untuk SKCK
  • Pakaian yang Benar untuk Foto SKCK
  • Gaya dan Tatanan Rambut Foto untuk SKCK
  • Foto untuk SKCK Tampak Samping Kanan dan  Kiri
  • Jumlah Pas Foto untuk SKCK
  • Contoh Foto untuk SKCK

Ukuran Foto untuk SKCK

Advertisements

Ukuran foto untuk SKCK yang benar adalah 4 x 6. Namun ada juga Polres yang meminta Anda untuk menyerahkan foto ukuran 3 x 4 latar belakang merah untuk mengurus rumus sidik jari dalam pembuatan SKCK.

Sangat disarankan jika foto untuk SKCK dilakukan di studio foto. Karena foto studio menggunakan kamera yang bagus sehingga kualitas foto akan lebih jernih. Selain itu, pencahayaan studio foto yang pas serta pengambilan foto oleh orang yang ahli akan membuat hasil foto untuk SKCK terlihat profesional.

Sebaiknya hindari foto menggunakan kamera ponsel karena membuat kualitas foto kurang bagus sehingga kurang maksimal.

Warna Latar Belakang Foto untuk SKCK

Latar belakang foto SKCK untuk Warga Negara Indonesia (WNI) adalah merah, sedangkan latar belakang foto SKCK bagi Warga Negara Asing (WNA) adalah kuning. Jangan lupa gunakan pas foto yang terbaru.

Jangan edit background foto ataupun mempercantik wajah Anda menggunakan aplikasi di ponsel, karena pihak kepolisian nanti akan meminta Anda untuk foto ulang di foto studio.

Pakaian yang Benar untuk Foto SKCK

Ketentuan pakaian yang benar untuk foto SKCK adalah berpakaian rapi, sopan, dan berkerah. Untuk pilihan warna baju bebas, namun sebaiknya gunakan warna yang netral seperti putih ataupun hitam polos. Bagi perempuan berjilbab, pastikan seluruh wajah tampak jelas.

Lalu bolehkah menggunakan foto seragam sekolah? Boleh, asalkan seragam yang digunakan berwarna putih dan berkerah.

Jangan memakai kaos oblong ataupun dress pesta. Serta jangan gunakan aksesoris apapun di wajah seperti menggunakan softlens, kacamata, ataupun berbagai macam tindik (hidung, telinga, bibir, dan lain – lain).

Gaya dan Tatanan Rambut Foto untuk SKCK

Advertisements

Foto untuk SKCK harus terlihat formal, tidak boleh selfie ataupun bergaya apapun. Tatanan rambut harus rapi dan poni rambut tidak boleh menutupi wajah.

Untuk pria, rambut tidak boleh di model apapun, harus disisir rapi. Sedangkan untuk wanita, jangan menggunakan jepit atau tali rambut yang terlalu mencolok. Gunakanlah jepit hitam kecil atau sibakkan rambut ke belakang telinga.

Foto untuk SKCK Tampak Samping Kanan dan  Kiri

Dilansir dari laman resmi SKCK Polri, syarat pembuatan SKCK hanya tertulis menyerahkan foto ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah, tidak ada keterangan menyertakan foto tampak samping.

Namun bagi pemohon SKCK baru yang belum memiliki rumusan sidik jari, ada beberapa Polres yang memberi syarat untuk menyerahkan pas foto ukuran 4 x 6 tampak samping kanan dan kiri.

Jumlah Pas Foto untuk SKCK

Berapa jumlah foto untuk SKCK?

Menurut web resmi SKCK Polri, jumlah foto untuk SKCK adalah 6 lembar.

Contoh Foto untuk SKCK

Berikut adalah contoh pas foto yang benar untuk perempuan dan laki – laki:

contoh foto untuk skck yang benar

Jika sudah memiliki foto SKCK, Anda bisa melakukan pendaftaran SKCK secara online. Untuk lebih jelasnya seputar pendaftaran SKCK Online, silahkan kunjungi Cara Mudah Daftar SKCK Online