Font Plat Nomor : Ukuran, Warna, dan Sanksi Mengubahnya

Font Plat Nomor – Huruf dan angka plat nomor memiliki spesifikasi tertentu. Untuk warna, spesifikasi, dan cara penggunaan plat nomor telah diatur di dalam undang – undang. Oleh sebab itu, ukuran plat nomor tersebut tidak boleh diubah. Karena bisa jadi Anda beresiko kena tilang.

Berapa ukuran font plat nomor? Ukuran font plat nomor motor adalah tinggi 45 mm dan lebar 20 mm. Sedangkan ukuran font plat nomor mobil adalah tinggi 70 mm dan lebar 35 mm.

Plat nomor memang salah satu bentuk tanda registrasi kendaraan. Melalui plat nomor, Anda bisa mengetahui beberapa informasi kendaraan, salah satunya biaya pajak. Bagi Anda yang ingin cek pajak menggunakan plat nomor, silahkan gunakan Aplikasi Cek Pajak di bawah ini.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang font plat nomor dan penggunaannya.

Daftar Isi :

  • Font Standar Plat Nomor Kendaraan
  • Ukuran Font Plat Nomor
  • Warna Font Plat Nomor
  • Bolehkah Mengubah Font Plat Nomor?
  • Sanksi Mengubah Font Plat Nomor
  • Modifikasi Font Plat Nomor yang Tidak Diperbolehkan
  • Modifikasi Font Plat Nomor yang Diperbolehkan

Font Standar Plat Nomor Kendaraan

Font standar plat nomor dari Samsat adalah Sans Serif Basic. Font ini merupakan font yang digunakan untuk plat nomor kendaraan pada umumnya.

Sedangkan font plat nomor cantik adalah FE – Schrift. Bentuk font plat nomor cantik ini memang sedikit berbeda dengan plat nomor biasa.

Awalnya plat nomor cantik memiliki bentuk font yang sama dengan plat nomor biasa. Namun sejak tahun 2019, Korlantas Polri secara resmi merubah font plat nomor cantik atau NRKB pilihan. 

Hal ini dikarenakan pemilik kendaraan yang mengajukan plat nomor pilihan (plat cantik) harus membayar biaya PNBP yang lebih mahal. Oleh sebab itu, secara kualitas material dan font plat nomor dibuat berbeda.

Huruf plat nomor cantik ini lebih tebal dan memiliki beberapa font yang berbeda, terutama pada angka 0. Berikut ini gambar font plat nomor cantik.

font plat nomor cantik

Sumber : twitter

Ukuran Font Plat Nomor

Plat nomor memiliki standar ukurannya tersendiri. Bahkan ukuran font atau huruf plat nomor motor dan mobil berbeda.

Ukuran font plat nomor motor adalah tinggi 45 mm dan lebar 20 mm. Sedangkan ukuran font plat nomor mobil adalah tinggi 70 mm dan lebar 35 mm.

Untuk ukuran font “masa berlaku plat” motor dan mobil adalah tinggi 20 mm dan lebar 15 mm.

Ukuran font masa berlaku plat ini memang lebih kecil dibandingkan ukuran font angka dan huruf plat nomor. Karena tulisan masa berlaku plat terletak di sisi bawah angka plat.

Plat nomor kendaraan ini dipasang di sisi depan dan belakang kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Untuk masa berlaku plat nomor adalah 5 tahun, dan wajib diperbarui di Kantor Samsat domisili kendaraan.

Warna Font Plat Nomor

Berdasarkan Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021, plat nomor memiliki warna dasar putih dengan tulisan hitam. Plat putih tulisan hitam ini untuk kendaraan perorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing, dan Badan Internasional.

Untuk kendaraan umum, warna dasar platnya kuning dengan tulisan font warna hitam.

Namun, warna font atau tulisan pada kendaraan instansi pemerintah berbeda dengan kendaraan lainnya. Kendaraan instansi pemerintah ini memiliki warna plat merah dengan tulisan putih.

Bolehkah Mengubah Font Plat Nomor?

Mengubah font plat nomor tidak boleh dilakukan, karena hal tersebut termasuk menyalahi aturan.

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 68 Ayat 4, plat nomor yang dipasang di kendaraan harus memenuhi syarat bentuk, bahan baku, ukuran, warna, dan cara pemasangan yang telah ditentukan oleh Korlantas Polri.

Jika penggunaan plat nomor tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah diatur, maka termasuk dalam kategori menggunakan plat nomor palsu.

Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Sanksi Merubah Font Plat Nomor

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 2009, kendaraan yang tidak menggunakan plat nomor sesuai ketentuan dikenakan hukuman kurungan maksimal 2 bulan atau denda maksimal Rp. 500.000.

Sedangkan untuk pemalsuan angka plat nomor (yang seharusnya B 1234 CD menjadi B 4321 CD) akan dikenakan pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana kurungan maksimal 6 tahun.

Selain dikenakan sanksi, plat nomor yang tidak sesuai tersebut akan disita oleh pihak kepolisian.

Modifikasi Font Plat Nomor yang Tidak Diperbolehkan

Spesifikasi huruf plat nomor telah ditentukan oleh Kepolisian dengan bentuk dan ukuran yang pas. Tujuannya agar plat nomor bisa dibaca dengan jelas baik oleh orang lain ataupun kamera ETLE.

Apabila melakukan modifikasi pada ukuran atau font plat nomor, maka angka dan hurufnya menjadi sulit terbaca. Itulah alasan mengapa kepolisian tidak memperbolehkan melakukan modifikasi font plat nomor.

Selain mengubah huruf font, ada beberapa modifikasi font plat nomor lain yang tidak diperbolehkan. Berikut ini beberapa modifikasi plat nomor yang tidak boleh Anda lakukan.

  • Modifikasi font atau angka plat nomor hingga membentuk nama atau kata (tidak dilakukan melalui prosedur NRKB pilihan).
  • Mengubah font plat nomor menjadi huruf digital.
  • Huruf atau angka plat nomor diubah menjadi cetak miring.
  • Ukuran font berubah menjadi lebih kecil atau lebih besar.
  • Warna huruf plat nomor disamarkan, sehingga angka plat nomor tidak terbaca dengan jelas.

Modifikasi Font Plat Nomor yang Diperbolehkan

Meskipun mengubah font plat nomor tidak diperbolehkan oleh kepolisian, namun Anda tetap bisa melakukan modifikasi plat nomor agar terlihat lebih rapi dan bagus.

Modifikasi ini tidak mengubah bentuk font dari Samsat, melainkan dengan cara mengecat ulang warna plat nomor agar terlihat lebih bagus.

Anda bisa mengecat ulang warna plat dengan warna putih untuk dasar plat dan warna hitam untuk tulisannya, sesuai warna asli plat nomor. Cat tersebut bertujuan agar angka plat nomor bisa terlihat dengan jelas.

Untuk mempermudah saat pengecatan, Anda bisa membeli stiker font plat nomor yang dijual di toko online agar hasil cat menjadi lebih rapi. Atau Anda juga bisa download font plat nomor secara gratis dari google.

Dengan cara modifikasi ini, maka plat nomor Anda tidak akan kena tilang polisi.