Dimana Letak Nomor Rangka dan Mesin CRV? Berikut Penjelasannya

Jika anda ingin membeli mobil CRV dalam keadaan bekas, pastikan bahwa anda meneliti kelengkapan dan kesesuaian pada kendaraan tersebut, seperti nomor rangka yang tertera pada mobil CRV dengan nomor rangka yang tertera pada STNK-nya.

Advertisements

Dimana letak nomor rangka dan nomor mesin pada Mobl CRV? Letak nomor rangka mobil CRV adalah di dalam kap mesin bagian depan. Nomor mesin mobil CRV terletak di bawah saluran udara dalam mesin.

Berikut penjelasan gambar tentang letak nomor rangka dan nomor mesin pada mobil CRV.

letak nomor rangka mobil crv
letak nomor rangka crv
letak nomor mesin crv
letak nomor mesin crv
Advertisements

Tak hanya kecocokan pada nomor mesin, anda juga harus memperhatikan tunggakan pada pembayaran Pajak Mobil CRV. Jika mobil tersebut menunggak terlalu lama, maka berpikirlah kembali dengan menjumlahkan tunggakan pajak tersebut dengan harga kendaraan.

Hal ini sangat diperlukan karena proses pengurusan balik nama akan berhasil jika pajak mobil tersebut telah lunas.

Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Secara Online

Kecocokan pada nomor rangka dan nomor mesin sudah dapat anda lakukan pengecekan hanya dengan mengetahui plat nomor saja. Tak hanya nomor rangka dan nomor kendaraan, dalam aplikasi ini anda juga akan diberikan informasi penting terkait kendaraan anda salah satunyaadalah tunggakan wajib pajak.

Berikut tampilan informasi yang akan anda dapat melalui aplikasi tersebut.

nomor rangka dan nomor mesin crv

 Untuk mendapatkan informasi tersebut anda dapat langsung menuju aplikasi melalui tombol berikut.

Advertisements

Manfaat Nomor Rangka dan Nomor Mesin Pada Mobil

Sebenarnya, nomor rangka dan nomor mesin kendaraan juga memiliki kegunaan. Nomor rangka digunakan sebagai identitas pokok dari suatu kendaraan yang tidak dapat dipalsukan dan diubah. Jika terdapat perubahan, maka akan ketahuan saat melakukan cek fisik di kantor samsat.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan nomor rangka kendaraan merupakan suatu kode yang sering dikenal dengan istilah VIN (Vehicle Identification Number). Kode ini dibuat sesuai dengan aturan internasional. Kode tersebut dapat menjelaskan tentang jenis mesin, tipe bodi kendaraan, hingga model kendaraan tersebut.

Mengapa Nomor Rangka dan Nomor Mesin Tidak Sesuai Dengan STNK

Nomor rangka dan nomor mesin yang tidak sesuai dengan surat kendaraan sebenarnya menjelaskan bahwa kendaraan tersebut tidak dalam keadaan baik-baik saja. Para pelaku tindak kriminal seperti pencuri biasanya akan mengambil kendaraan milik orang lain untuk dijual kembali.

Ia biasanya akan melakukan pemalsuan pada BPKB dan surat kendaraan lainnya agar kendaraan tersebut dapat dijual dengan harga yang mahal. Pelaku tersebut dapat memalsukan semua berkas tapi tidak dapat memalsukan identitas pada nomor rangka dan nomor mesin tersebut.

Sehingga, anda dapat mencocokkan nomor mesin dengan stnk, bpkb, dan pemilik kendaraan dengan benar dan teliti.

Bagaimana cara mengatasi nomor rangka dan nomor mesin yang hilang

Jika nomor rangka dan nomor mesin kendaraan tersebut hilang, maka anda dapat meminta pengurusan mobil CRV terlebih dahulu sebelum membeli kendaraan tersebut, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut benar-benar sedang tidak dalam masalah.

Berikut langkah-langkah pengurusan nomor rangka dan nomor mesin yang hilang.

  1. Lihatlah bagaimana nomor rangka dan nomor mesin tersebut dapat hilang, jika memang karena sudah tua maka anda dapat langsung menuju samsat asal kendaraan.
  2. Minta surat pengajuan laporan hilangnya nomor kerangka pada samsat tersebut.
  3. Setelah mendapatkan surat pengajuan, anda dapat langsung menuju POLDA untuk meminta surat keterangan bahwa kendaraan tersebut sesuai dengan data STNK.
  4. Selanjutnya, surat keterangan dari POLDA dapat langsung anda berikan pada dealer mobil untuk meminta cetak ulang nomor kerangka dan nomor mesin pada kendaraan tersebut.
  5. Lakukan pengesahan nomor rangka dan nomor mesin sekaligus dengan proses balik nama kendaraan tersebut.