Cek Pajak Kendaraan Tuban | Layanan Pemerintahkota.com

Pajak-Tuban

Layanan Cek Pajak Kendaraan Tuban

Dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak Anda akan mendapatkan info tarif pajak kendaraan sesuai dengan data dinas terkait, karena layanan cek pajak yang disediakan aplikasi ini telah terhubung dengan e-samsat daerah – daerah di Indonesia.

Advertisements

Di bawah ini contoh tampilan pada Aplikasi Cek Pajak pada saat mengecek tarif pajak kendaraan asal Tuban.

Cek-Pajak-Daerah-Tuban

Berdasarkan gambar tampilan di atas dapat diketahui bahwa tidak hanya info tarif pajak yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak, tetapi juga data kendaraan, tarif denda, dan lain sebagainya.

Cek Denda Pajak Kendaraan Tuban Secara Online

Pada saat Anda terlambat melakukan pembayaran pajak kendaraan, maka akibatnya Anda akan terkena denda pajak.

Denda pajak diberikan sebagai sanksi agar masyarakat jera dan disiplin dalam melakukan pembayaran pajak. Tinggi rendahnya tarif denda pajak yang diberikan kepada Anda disesuaikan dengan lama Anda menunda waktu pembayaran, dan besar tarif pajak pokok.

Jika Anda ingin mengetahui perkiraan tarif denda pajak yang harus dibayarkan, silahkan Anda gunakan Kalkulator Denda Pajak berikut ini.

Advertisements

 Selain dapat mengetahui perkiraan tarif denda pajak, melalui Kalkulator Denda Pajak dia atas Anda juga dapat mengetahui perkiraan total tarif pajak yang harus Anda bayarkan.

Dikarenakan tarif yang ditampilkan pada Kalkulator Denda Pajak di atas hanya tarif perkiraan, untuk mengetahui tarif denda pajak yang sebenarnya dapat Anda cek secara online melalui Aplikasi Cek Pajak.

Aplikasi Cek Pajak tersebut dapat Anda download secara gratis melalui tombol di bawah ini.

Jika Anda terkena denda pajak, sebaiknya segera lakukan pembayaran, karena tarif denda pajak setiap bulan akan semakin bertambah. Namun, jika Anda ingin terbebaskan dari denda pajak yang diberikan, silahkan Anda lakukan pembayaran pajak pada saat diselenggarakannya program pemutihan pajak kendaraan.

Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Tuban Via SMS

Tarif pajak kendaraan yang berasal dari Tuban dan wilayah lain di Provinsi Jawa Timur dapat cek melalui layanan SMS yang terdapat pada telepon genggam Anda dengan tarif pulsa sebesar Rp. 350/SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Tuban via SMS, silahkan kirim SMS dengan format “JATIM (spasi) Nomor Plat Kendaraan”, kirim ke nomor 7070.

Advertisements

Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Tuban Via E-Samsat

Sama seperti cara cek tarif pajak kendaraan asal Jawa Timur lainnya, tarif pajak kendaraan yang berasal dari Tuban dapat Anda cek via e-samsat Jatim.

Untuk dapat mengakses layanan e-samsat Jatim, silahkan Anda buka website info.dipendajatim.go.id menggunakan aplikasi browser.

Layanan e-samsat Jatim akan membantu Anda untuk mendapatkan info pajak kendaraan sesuai nomor plat/nomor polisi yang Anda inputkan.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Tuban

Bagi Anda pemilik kendaraan yang berasal dari Tuban, dan hendak melakukan pembayaran pajak, Anda dapat melakukan pembayaran pajak melalui cara berikut.

1. Pembayaran secara langsung

Untuk melakukan pembayaran secara langsung, silahkan Anda datang langsung ke Kantor Samsat Tuban yang berada di alamat Jl. Teuku Umar, No. 3, Latsari, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur, kode pos 62314.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui layanan yang disediakan oleh Samsat Tuban, yaitu :

  • Layanan Samsat Keliling
  • Layanan Samsat Walk Thru
  • Layanan Samsat Payment Point
  • Pembayaran secara online
Advertisements

2. Pembayaran Secara Online

Selain pembayaran langsung, pajak tahunan kendaraan asal Tuban dapat Anda bayarkan secara online melalui tokopedia, bukalapak, serta layanan e-samsat dengan metode pembayaran yang Anda inginkan.

Namun, meskipun pembayaran pajak dapat dialkukan secara online, Anda tetap harus datang ke Kantor Samsat untuk melakukan pengesahan STNK dengan membawa persyaratan. (Untuk persyaratan apa saja yang diperlukan dapat Anda tanyakan kepada petugas jaga)

Peraturan Tarif Pajak Kendaraan Asal Tuban

Sesuai dengan Pergub Jawa Timur No. 9 Tahun 2018, pasal 13 ayat (1), besar tarif pajak kendaraan bermotor di Tuban sebesar :

  • 0,2% untuk kendaraan bermotor alat berat dan besar
  • 0,5% untuk kendaraan ambulans, Pemerintah/TNI/Polri dan Pemerintah Daerah, sosial keagamaan, pemadam kebakaran, lembaga sosial dan keagamaan
  • 1% untuk kendaraan bermotor angkutan umum
  • 1,5% untuk kepemilikan pertama kendaraan bermotor pribadi dan badan