Cek Pajak Kendaraan Kab. Sumedang Online

Pajak Sumedang

Cek Pajak Sumedang ~ Cek pajak kendaraan Sumedang dapat dilakukan secara online dan SMS. Cek pajak Sumedang secara online dapat melalui Aplikasi Sambara, Aplikasi Sapawarga, Website Bapenda Jawa Barat, Layanan Cek Pajak Pemerintahkota.com, dan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan.

Tarif pajak Sumedang adalah 1,75% dari dasar pengenaan pajak. Sedangkan, tarif pajak progresif Sumedang adalah 2,25% sampai dengan 3,75% dari dasar pengenaan pajak. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 02 Tahun 2020.

Jika ingin cek pajak kendaraan Sumedang secara online, silahkan klik download Aplikasi Cek Pajak Kendaraan berikut ini.

Cara cek pajak kendaraan Sumedang selengkapnya akan kami bahas pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Cek Pajak Kendaraan Sumedang Online
  • Cek Pajak Kendaraan Sumedang Via SMS
  • Cek Denda Pajak Kendaraan Sumedang Online
  • Cek Pajak Progresif Kendaraan Sumedang
  • Cara Bayar Pajak Sumedang Online

Cek Pajak Kendaraan Sumedang Online

Cek pajak kendaraan Sumedang secara online dapat menggunakan Aplikasi Sambara, Aplikasi Cek Pajak, Website Bapenda Jawa Barat, Aplikasi Sapawarga, serta Aplikasi Signal. Informasi yang akan diperoleh dari cek pajak online Sumedang, meliputi tarif pajak pokok, denda pajak, masa berlaku pajak, dan data kendaraan lainnya.

Berikut ini penjelasan selengkapnya cara cek pajak kendaraan Sumedang secara online.

Menggunakan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Cek pajak kendaraan online Sumedang dapat menggunakan Aplikasi Cek Pajak. Aplikasi Cek Pajak memiliki menu cek pajak kendaraan yang terhubung dengan layanan e-samsat Jawa Barat, sehingga data pajak Sumedang yang ditampilkan sesuai dengan data pajak milik Bapenda Jawa Barat.

Informasi yang akan Anda peroleh dari cek pajak Sumedang via Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, meliputi tarif pajak pokok, tarif denda, SWDKLLJ, tanggal jatuh tempo, urutan kepemilikan kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, tahun produksi, warna kendaraan, merek, dan model kendaraan Sumedang.

Untuk cek pajak Sumedang via Aplikasi Cek Pajak, Anda perlu memasukkan nomor plat Z, warna plat, dan kode captcha yang ditampilkan.

Berikut ini contoh hasil cek pajak Sumedang menggunakan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan.

Cek Pajak Daerah Sumedang

Berikut ini adalah cara cek pajak Sumedang via Aplikasi Cek Pajak Kendaraan.

  1. Install Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
  2. Pilih menu Cek Pajak Kendaraan
  3. Pilih Jawa Barat
  4. Masukkan nomor plat kendaraan Sumedang
  5. Pilih warna plat kendaraan
  6. Ketik ulang kode captcha yang ditampilkan
  7. Klik tombol Cari
  8. Data pajak kendaraan Sumedang akan ditampilkan.

Untuk instal Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, silahkan klik tombol berikut ini.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan tidak hanya bisa digunakan untuk cek pajak Sumedang, tetapi juga cek pajak kendaraan Kota / Kabupaten di Jawa Barat dan beberapa provinsi lainnya. Selain itu, Aplikasi Cek Pajak juga dilengkapi layanan hitung denda pajak, hitung bea balik nama, serta jadwal pemutihan kendaraan bermotor.

Menggunakan Aplikasi Sambara

Cek pajak kendaraan Kabupaten Sumedang dapat menggunakan Aplikasi Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat). Aplikasi Sambara dibuat oleh Bapenda Jawa Barat untuk cek pajak dan mendapatkan kode bayar pajak tahunan online.

Informasi yang akan diperoleh pengguna Aplikasi Sambara, meliputi tarif pajak pokok, denda pajak, tarif SWDKLLJ, masa berlaku STNK, masa berlaku pajak, urutan kepemilikan kendaraan, lokasi kendaraan terdaftar, serta data kendaraan lainnya.

Berikut ini contoh hasil cek pajak motor online Sumedang via Aplikasi Sambara.

Hasil Cek Pajak Sumedang Via Aplikasi Sambara

Berikut cara cek pajak Sumedang online via Aplikasi Sambara:

  1. Buka Aplikasi Sambara
  2. Pilih menu Info PKB
  3. Masukkan nomor plat kendaraan Sumedang
  4. Pilih warna plat kendaraan
  5. Klik tombol Cari.

Aplikasi Sambara hanya dapat digunakan oleh pengguna android, sehingga untuk download Aplikasi Sambara bisa melalui Google Play Store atau klik tombol di bawah ini.

Jika cek pajak Sumedang via Aplikasi Sambara dilakukan kurang dari 6 bulan setelah tanggal jatuh tempo, maka muncul notifikasi “Lanjut Daftar Online?“, agar Anda bisa melakukan daftar bayar pajak tahunan Sumedang secara online.

Apabila hasil cek pajak Sumedang via Aplikasi Sambara muncul keterangan “STNK 5 Tahun Habis Masa Berlaku”, maka Anda sudah waktunya bayar pajak 5 tahunan. Pajak 5 tahunan kendaraan Sumedang tidak bisa dibayarkan secara online via Aplikasi Sambara.

Untuk pengguna Iphone (IOS), silahkan cek pajak Sumedang melalui website Bapenda Jawa Barat, Aplikasi Sapawarga, atau Aplikasi Signal.

Menggunakan Website Bapenda Jawa Barat

Pemilik kendaraan Sumedang juga bisa cek pajak online menggunakan website Bapenda Jabar (link : https://bapenda.jabarprov.go.id/). Cara cek pajak Sumedang via website Bapenda Jawa Barat, silahkan masukkan nomor plat Z dan warna plat kendaraan (hitam, kuning, atau merah).

Informasi cek pajak Sumedang yang ditampilkan oleh website Bapenda Jawa Barat tidak hanya pajak pokok dan denda pajak, tetapi juga data kendaraan lainnya, seperti tanggal jatuh tempo, nomor mesin, nomor rangka, merek, model, serta tahun produksi kendaraan.

Berikut ini contoh hasil cek pajak kendaraan Sumedang melalui website Bapenda Jawa Barat.

Hasil Cek Pajak Sumedang Via Website Bapenda Jawa Barat

Berikut ini cara cek pajak Sumedang via website Bapenda Jawa Barat.

  1. Buka laman Bapenda Jawa Barat
  2. Pilih menu Layanan Samsat
  3. Pilih Info Pajak Kendaraan
  4. Masukkan nomor plat Z Kab. Sumedang
  5. Pilih warna plat kendaraan Sumedang
  6. Ketik ulang kode captcha yang ditampilkan
  7. Klik tombol Cari.

Sama halnya dengan cek pajak Sumedang via Aplikasi Sambara, wajib pajak Sumedang bisa melakukan pendaftaran bayar pajak online via website Bapenda Jawa Barat.

Menggunakan Aplikasi Sapawarga

Cek pajak kendaraan Sumedang juga bisa dilakukan secara online via Aplikasi Sapawarga. Aplikasi Sapawarga dibuat oleh Pemerintah Daerah Jawa Barat memiliki beberapa menu pelayanan publik, seperti cek pajak kendaraan Sumedang.

Aplikasi Sapawarga dapat digunakan untuk cek pajak kendaraan Sumedang milik sendiri (sesuai dengan NIK) dan cek pajak kendaraan milik orang lain (sesuai dengan nomor plat).

Informasi yang diperoleh setelah cek pajak Sumedang via Aplikasi Sapawarga, meliputi pajak pokok, SWDKLLJ, denda pajak, denda SWDKLLJ, lokasi kendaraan terdaftar, merek, serta model kendaraan. Jika telah waktunya bayar pajak 5 tahunan, maka akan muncul tarif PNBP STNK dan TNKB.

Berikut ini contoh hasil cek pajak mobil online Sumedang via Aplikasi Sapawarga.

Hasil Cek Pajak Sumedang Via Aplikasi Sapawarga

Berikut ini cara cek pajak Sumedang via Aplikasi Sapawarga.

  1. Buka Aplikasi Sapawarga
  2. Pilih Pajak Kendaraan Bermotor
  3. Pilih Cek Pajak Kendaraan Lain
  4. Pilih warna plat nomor kendaraan Sumedang
  5. Masukkan nomor plat Sumedang
  6. Klik Lihat Info.

Keterangan : Untuk cek pajak kendaraan Majalengka atas nama sendiri, silahkan buat akun terlebih dahulu dan pilih menu Cek Pajak Kendaraan Saya.

Aplikasi Sapawarga juga dapat digunakan bayar pajak tahunan kendaraan Sumedang secara online. Untuk download Aplikasi Sapawarga bisa melalui Google Play Store dan Apple Store.

Cek Pajak Kendaraan Sumedang Offlinr Via SMS

Cara Cek pajak Sumedang Offline via SMS adalah kirim format pesan SMS Esamsat <spasi> Nomor Rangka <spasi> NIK kirim ke 0811 211 9211. Biaya cek pajak Sumedang via SMS sebesar Rp. 360 per SMS.

Apabila setelah mengirim pesan SMS tidak menerima balasan informasi pajak Sumedang, silahkan cek pajak Sumedang secara online via Aplikasi Sambara, Aplikasi Sapawarga, atau Aplikasi Signal.

Cek Denda Pajak Kendaraan Sumedang Online

Tarif denda pajak kendaraan Sumedang dapat dicek online via Aplikasi Sambara, Aplikasi Sapawarga, Aplikasi Signal, dan Kalkulator Denda Pajak. Untuk cek denda pajak Sumedang via Aplikasi Sambara, Aplikasi Sapawarga, dan Aplikasi Signal dapat bersamaan saat cek pajak pokok.

Cara cek denda pajak Sumedang via Kalkulator Denda Pajak adalah masukkan tarif pajak pokok, jumlah bulan telat bayar pajak, pilih provinsi asal kendaraan, dan pilih jenis kendaraan. Berikut ini kalkulator denda pajak kendaraan Sumedang.

Tarif denda pajak Sumedang adalah 2% per bulan dari dasar pengenaan pajak pokok. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 Tahun 2011. Tidak hanya denda pajak pokok, jika telat bayar pajak Anda juga dikenakan denda SWDKLLJ.

Tarif denda SWDKLLJ motor sebesar Rp. 32.000 per tahun dan mobil Rp. 100.000 per tahun. Denda SWDKLLJ diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 16/PMK.010/2017.

Untuk meringankan tarif denda pajak Sumedang yang harus dibayarkan, silahkan mengikuti program pemutihan Jawa Barat.

Cek Pajak Progresif Kendaraan Sumedang

Tarif pajak progresif Sumedang adalah 2,25% sampai dengan 3,75% dari dasar pengenaan pajak. Tarif pajak progresif tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 02 Tahun 2020.

Pajak progresif di Sumedang dikenakan untuk kendaraan roda 2,3,4, atau lebih dengan jumlah lebih dari satu atas dasar nama dan alamat pemilik yang sama.

Cek pajak progresif Sumedang dapat menggunakan Kalkulator Pajak Progresif. Cara menggunakan Kalkulator Pajak Progresif Sumedang, silahkan masukkan tarif pajak pokok atau NJKB, provinsi asal kendaraan, dan urutan kepemilikan kendaraan.

Berikut ini Kalkulator Pajak Progresif Motor dan Mobil.

Kalkulator Pajak Progresif Motor

Kalkulator Pajak Progresif Mobil

Keterangan : Untuk mengetahui urutan kepemilikan kendaraan Kabupaten Sumedang, silahkan cek online via Aplikasi Sambara.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Sumedang Online

Cara bayar pajak kendaraan Sumedang dapat dilakukan secara langsung di Kantor Samsat Sumedang, layanan samsat keliling, dan online. Namun, layanan samsat keliling dan online hanya untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan.

Pembayaran pajak kendaraan Sumedang Online bisa menggunakan Aplikasi Sambara, Sapawarga, Signal, dan Tokopedia. Berikut ini cara bayar pajak Sumedang secara online via Aplikasi Sambara.

Syarat Bayar Pajak Sumedang Via Aplikasi Sambara :

  • Nomor plat kendaraan Sumedang
  • NIK e-KTP
  • Nomor rangka kendaraan 5 digit terakhir.

Cara Bayar Pajak Sumedang Via Aplikasi Sambara :

  1. Buka Aplikasi Sambara
  2. Pilih Info PKB
  3. Masukkan nomor plat kendaraan Sumedang
  4. Pilih warna plat
  5. Klik tombol Cari
  6. Masukkan NIK / NPWP pemilik kendaraan, sesuai dengan data STNK
  7. Klik tombol Proses
  8. Salin kode bayar pajak tahunan kendaraan Sumedang
  9. Lakukan pembayaran pajak via transfer bank, Tokopedia, atau di Gerai Indomaret.

Apabila proses pembayaran pajak kendaraan Sumedang telah berhasil, lakukan pengesahan STNK di layanan samsat terdekat di Jawa Barat, seperti Samades, Samsat Keliling, Samsat Outlet, dsb.

Untuk pembayaran pajak 5 tahunan kendaraan Sumedang, silahkan datang ke Kantor Samsat Sumedang, di Jl. Parigi Lama, Situ, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.