Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Sukabumi Online

Pajak Sukabumi

Layanan Cek Pajak Kendaraan Sukabumi

Silahkan isi data di bawah ini :

Dengan sistem layanan yang dimiliki Aplikasi Cek Pajak, Anda dapat dengan mudah mengecek pajak kendaraan berdasarkan wilayah asal dan nomor plat kendaraan.

Selain nominal pajak, melalui Aplikasi Cek Pajak Anda dapat mengetahui tarif denda, SWDKLLJ, nomor rangka, merk, tanggal jatuh tempo pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Aplikasi Cek Pajak merupakan aplikasi layanan cek pajak kendaraan yang memiliki koneksi dengan e-samsat berbagai daerah di Indonesia, sehingga data yang akan diberikan oleh aplikasi ini sesuai catatan dinas terkait.

Berikut contoh tampilan cek pajak kendaraan asal Sukabumi via Aplikasi Cek Pajak.

Cek Pajak Daerah Sukabumi

Aplikasi Cek Pajak dapat Anda akses dengan mudah menggunakan smartphone, dan untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan asal Sukabumi, inputkan nomor plat kendaraan, warna plat, dan kode captcha.

Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Sukabumi Via SMS

Pajak kendaraan bermotor yang berasal dari Kota dan Kabupaten Sukabumi dapat Anda cek dengan mudah via pesan SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Sukabumi via SMS, silahkan kirim pesan dengan format Esamsat (spasi) Nomor Rangka (spasi) NIK, kirim ke 0811 211 9211.

Advertisements

Cek Tarif Pajak Kendaraan Asal Sukabumi Melalui E-samsat

Kini pajak kendaraan yang berasal dari Kota dan Kabupaten Sukabumi dapat Anda cek secara online via e-samsat Jabar.

Tidak hanya Kota dan Kabupaten Sukabumi, melalui layanan e-samsat Jabar, Anda dapat mengecek seluruh pajak kendaraan yang berasal dari Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Jawa Barat.

Untuk dapat mengakses layanan e-samsat Jabar, silahkan Anda kunjungi laman website bapenda.jabarprov.go.id melalui aplikasi browser. Informasi pajak kendaraan yang akan diberikan oleh layanan e-samsat Jabar berdasarkan nomor plat kendaraan F yang Anda inputkan.

Cek Denda Pajak Kendaraan Online Via Kalkulator Denda Pajak

Di saat Anda melakukan pembayaran pajak kendaraan melebihi batas waktu yang telah ditentukan oleh dinas terkait, maka Anda akan mendapatkan sanksi administratif yaitu membayar tarif denda pajak.

Tarif denda pajak yang diberikan disesuaikan dengan berapa lama Anda menunda pembayaran pajak, dan besar biaya pajak pokok. Tarif denda tersebut dapat Anda hitung secara online via Kalkulator Denda Pajak Motor dan Kalkulator Denda Pajak Mobil berikut ini.

Advertisements

Namun, Kalkulator Denda Pajak di atas hanya dapat digunkan untuk menghitung perkiraan tarif denda pajak. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui tagihan tarif denda yang sebenarnya, silahkan gunakan Aplikasi Cek Pajak yang dapat Anda unduh melalui tombol berikut.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Sukabumi

Bagi pemilik kendaraan asal Kota dan Kabupaten Sukabumi, Anda dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online dan secara offline tanpa harus mengantri terlalu lama.

Pembayaran pajak tahunan secara online dapat Anda lakukan melalu layanan e-samsat, Tokopedia, dan Bukalapak. Sedangkan, untuk pembayaran secara langsung bisa Anda lakukan di Kantor Samsat Sukabumi, atau pelayanan Samsat Keliling, dan Samsat Masuk Desa.

Dokumen persyaratan pembayaran pajak kendaraan mellaui layanan Samsat Keliling.

  • KTP asli pemilik kendaraan
  • STNK asli
  • Bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ tahun terakhir

Selain pajak tahunan, pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran pajak 5 tahunan yang harus dilakukan di Kantor Samsat.

Berikut daftar alamat Kantor Samsat Sukabumi.

  • Kantor Samsat Kota Sukabumi

Alamat : Jl, Masjid No. 22, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 43112.

Advertisements
  • Kantor Samsat Kab. Sukabumi I Cibadak

Alamat : Jl. Raya Sukabumi – Bogor Km 20, Karanghilir, Karangtengah, Kec. Cibadak, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, 43351.

  • Kantor Samsat Kab. Sukabumi II Pelabuhan Ratu

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Perkantoran Pemda, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Untuk jadwal buka dan tutup pelayanan Kantor Samsat Sukabumi, silahkan Anda cek di situs internet, atau mencoba bertanya langsung pada petugas yang berjaga.

Apabila Anda terkena sanksi administratif denda pajak kendaraan, dan ingin mendapatkan pembebasan tarif denda tersebut, sebaiknya Anda melakukan pembayaran pajak melalui program pemutihan pajak kendaraan yang diselenggarakan oleh dinas terkait.

Peraturan Tarif Pajak Kendaraan Daerah Sukabumi

Tinggi rendah tarif pajak yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor asal Sukabumi telah diatur dalam Perda Provinsi Jawa Barat No. 13 Tahun 2011, Pasal 7 Ayat 1 – 6, yang berisi tentang :

1. Tarif pajak kendaraan bermotor milik pribadi ditetapkan sebagai :

  • Untuk kepemilikan pertama kendaraan bermotor, sebesar 1,75%.
  • Untuk kendaraan bermotor roda 4 kepemilikan kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secaa progresif sebagai berikut :
  1. PKB kepemilikan ke-2, sebesar 2,25%
  2. PKB kepemilikan ke-3, sebesar 2,75%
  3. PKB kepemilikan ke-4, sebesar 3,25%
  4. PKB kepemilikan ke-5 dan seterusnya, sebesar 3,75%
  • Untuk kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 kepemilikan kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :
  1. PKB kepemilikan ke-2, sebesar 2,25%
  2. PKB kepemilikan ke-3, sebesar 2,75%
  3. PKB kepemilikan ke-4, sebesar 3,25%
  4. PKB kepemilikan ke-5 dan seterusnya, sebesar 3,75%

2. Penerapan tarif pajak progresif kendaraan bermotor tidak berlaku bagi kendaraan bukan umum yang dimiliki oleh Badan/ Pemerintah/ Pemerinta Daerah/ TNI/ Polri dan kendaraan umum.

3. Tarif pajak kendaraan bermotor angkutan umum ditetapkan sebesat 1%.

4. Tarif pajak kendaraan bermotor ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial, dan keagaaman, ditetapkan sebesar 0,5%.

5. Tarif pajak kendaraan bermotor Pemerintah/ Pemerintah Daerah/ TNI/ Polri ditetapkan sebesar 0,5%.

6. Tarif pajak kendaraan bermotor alat – alat berat, dan alat – alat besar ditatapkan sebesar 0,2%.