Advertisements
banner iklan

Cek Pajak Kendaraan Kab. Pati Online

Pajak Pati

Layanan Cek Pajak Kendaraan Asal Pati

Silahkan isi data di bawah ini :

Sistem layanan yang disediakan oleh Aplikasi Cek Pajak memungkinkan para penggunanya untuk dapat mengetahui nominal pajak kendaraan sesuai asal dan identitas kendaraan.

Tidak hanya nominal pajak, dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak, pemilik kendaraan bermotor juga dapat mengetahui informasi kendaraan seperti yang dicontohkan pada gambar berikut.

Cek Pajak Daerah Pati

Informasi data kendaraan serta nominal pajak kendaraan yang ditampilkan oleh Aplikasi Cek Pajak sesuai dengan data instansi terkait.

Hal ini dikarenakan sistem yang dimiliki aplikasi ini telah terhubung dengan berbagai layanan e-samsat daerah di Indonesia, seperti e-samsat Jateng, e samsat Jatim, e-samsat Riau, e-samsat Kalimantan, dan lain sebagainya yang dapat Anda cek pada laman utama Aplikasi Cek Pajak.

Cek Pajak Kendaraan Asal Pati Via SMS

Bagi Anda pengguna telepon genggam tanpa jaringan internet, Anda dapat mengecek nominal pajak kendaraan melalui SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Pati via SMS, silahkan kirim SMS dengan format JATENG (spasi) Nomor Plat Kendaraan, dan kirim ke 9600.

Keterangan : Kendaraan asal wilayah Pati memiliki plat kendaraan berkode K.

Advertisements

Cek Tagihan Denda Pajak Kendaraan Melalui Kalkulator Denda Pajak

Tagihan pajak kendaraan yang tidak segera Anda bayarkan, hingga melewati batas waktu pembayaran, maka Anda akan mendapatkan sanksi berupa pembayaran denda pajak.

Untuk mengetahui seberapa banyak nominal denda pajak yang diberikan, dapat Anda hitung via Kalkulator Denda Pajak di bawah ini.

Nominal denda pajak yang diperlihatkan Kalkulator Denda Pajak diatas masih berupa tarif perkiraan, jadi untuk mengetahui nominal denda pajak secara pasti, silahkan cek langsung via Aplikasi Cek Pajak.

Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Asal Pati Via E-Samsat Jawa Tengah

E-samsat Jawa Tengah yang dapat diakses melalui Aplikasi New Sakpole sesuai anjuran pada web bapenda.jatengprov.go.id, memungkinkan wajib pajak kendaraan bermotor asal Provinsi Jawa Tengah dapat mengetahui nominal pajak kendaraan.

Nominal pajak kendaraan yang diperlihatkan oleh aplikasi tersebut, berdasarkan data kendaraan yang telah Anda inputkan.

Namun, penggunaan aplikasi ini khusus untuk pengecekan pajak kendaraan yang berasal dari wilayah Jawa Tengah, seperti Kab. Pati, Klaten, dan sekitarnya. Untuk itu, bagi pemilik kendaraan yang berasal dari provinsi lain, silahkan gunakan Aplikasi Cek Pajak sebagai alat cek pajak kendaraan.

Advertisements

Cara Bayar Pajak Kendaraan Kab. Pati

Setiap wajib pajak kendaraan mobil atau motor Kab. Pati wajib membayar pajak kendaraan sesuai tagihan yang diberikan, agar perizinan operasi kendaraan Anda tidak mati.

Untuk pajak kendaraan yang dibayarkan 5 tahun sekali, wajib Anda lakukan melalui Kantor Samsat Pati yang memiliki lokasi alamat di Jl. Panglima Sudirman No. 52, Randole Indah, Pati Kidul, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, 59114.

Kantor Samsat Pati mulai buka pelayanan pukul 08.00 hingga 15.00 setiap hari Senin – Jum’at, dan pukul 08.00 hingga 12.00 setiap hari Sabtu.

Sedangkan, untuk pajak kendaraan tahunan dapat dibayarkan di beberapa tempat, antara lain Kantor Samsat, secara online via e-samsat, pelayanan Samsat Keliling, dan Samsat Drive Thru.

Jika Anda berniatan melakukan pembayaran melalui pelayanan samsat keliling, wajib pajak diwajibkan membawa STNK dan KTP asli sebagai berkas persyaratan.

Pada program pemutihan pajak kendaraan yang diselenggarakan oleh instansi terkait, Anda dapat membayar pajak kendaraan, dengan memberikan keuntungan bagi wajib pajak yang terkena denda pajak.

Hal ini dikarenakan, dengan melakukan pembayaran pajak melalui program pemutihan pajak, maka tarif denda pajak yang diberikan kepada wajib pajak akan dibebaskan.

Keterangan : Untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan dapat dilakukan di samsat pusat maupun outlet. Namun, untuk pembayaran pajak 5 tahunan, balik nama, dan mutasi wilayah Pati harus dilakukan di Samsat Pati pusat sesuai domisili.

Peraturan Pajak Kendaraan Kab. Pati

Tarif pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan Kab. Pati diberikan sesuai aturan yang terdapat pada Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Thn 2011 Pasal 8, yang menyebutkan bahawa tarif pajak kendaraan bermotor ditetapkan sebesar :

  • 1,5% untuk kendaraan bermotor pribadi kepemilikan pertama
  • 1% untuk kendaraan bermotor angkutan umum
  • 0,5% untuk kendaraan ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, instansi pemerintah
  • 0,2 untuk kendaraan bermotor alat – alat berat dan alat – alat besar.

Pada Perda Provinsi Jawa Tengah No. 2 Tahun 2011 Pasal 9 juga dibahas tentang pemberian tarif pajak progresif kendaraan bermotor pribadi roda 2 (kapasitas 200 cc keatas), dan roda 4 kepemilikan kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan pemilik yang sama. Besar tarif pajak progresif kendaraan tersebut, sebagai berikut.

  • Kepemilikan ke-2, sebesar 2%
  • Kepemilikan ke-3, sebesar 2,5%
  • Kepemilikan ke-4, sebesar 3%
  • Kepemilikan ke-5 dan seterusnya, sebesar 3,5%.