Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Madiun | Layanan Pemerintahkota.com

cek pajak kendaraan madiun

Layanan Cek Pajak Kendaraan Madiun

Untuk mengetahui pajak kendaraan asal Madiun, Provinsi Jawa Timur secara online, Anda dapat menggunakan Layanan Cek Pajak berikut.

Dikarenakan data yang diberikan pada layanan di atas hanya memberikan jumlah tarif perkiraan saja. Jika Anda ingin mengetahui berap tarif asli pajak kendaraan Anda, silahkan download Aplikasi Cek Pajak.

Melalui Aplikasi Cek Pajak, Anda dapat mengetahui tarif pajak sesuai data yang telah tercatat di dinas terkait, karena Aplikasi Cek Pajak memiliki koneksi dengan layanan e-samsat.

Berikut contoh informasi cek pajak yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak.

Cek-Pajak-Daerah-Madiun
Advertisements

Cek Denda Pajak Kendaraan Madiun Via Kalkulator Denda Pajak

Keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat membuat Anda terkena sanksi pembayaran denda pajak. Sanksi denda ini diberikan agar masyarakat dapat lebih disipilin dalam melakukan pembayaran pajak.

Apabila Anda ingin mengetahui besat tagihan denda pajak kendaraan yang dibebankan, Andbisa menghitungnya menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut.

Advertisements

Keterangan : Gunakan Kalkulator Denda Pajak sesuai dengan jenis kendaraan (motor/mobil)

Untuk mengetahui besar tarif denda pajak kendaraan melalui Kalkulator Denda Pajak di atas, Anda hanya perlu mengisikan biaya pajak pokok tahunan, dan lama waktu penunggakan pembayaran (dalam bulan).

Kalkulator Denda Pajak di atas hanya sebagai alat menghitung denda pajak kendaraan, jika Anda ingin mengetahui tarif denda pajak kendaraan asal Madiun secara pasti, silahkan download Aplikasi Cek Pajak berikut.

Cek Pajak Kendaraan Madiun Via SMS

Selain dapat Anda cek melalui aplikasi layanan cek pajak online, Anda dapat mengecek besar tarif pajak kendaraan asal Madiun via SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Madiun via SMS, silahkan Anda kirim SMS dengan format JATIM (spasi) Nomor Plat Kendaraan, kemudian kirim ke nomor 7070.

Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Madiun Via E-Samsat

Pajak kendaraan asal Madiun dapat Anda cek melalui e-samsat Jawa Timur. Namun, untuk dapat mengakses layanan e-samsat tersebut, Anda harus mengunjungi website info.dipendajatim.go.id.

Melalui layanan tersebut, Anda akan mengetahui info tarif pajak kendaraan asal Madiun dan daerah lain di Jawa Timur berdasarkan nomor plat kendaraan yang Anda inputkan. Untuk kendaraan asal madiun itu sendiri, akan memiliki kode plat nomor AE.

Peraturan Pembayaran Pajak Kendaraan Madiun

Perhitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan BBNKB di wilayah Jawa Timur diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur No.9 Tahun 2018.

Di dalam Pergub Jawa Timur tersebut, pada Bab III pasal 12 membahas tentang (ayat 1) besaran PKB dihitung dari perkalian tarif dasar pengenaan PKB, dan (ayat 2) besaran BBNKB dihitung dari perkalian tarif dengan NJKB.

Selain itu, di dalam peraturan Pergub tersebut pada pasal 13 ayat 1 juga membahas tentang tarif pajak kendaraan bermotor ditetapkan sebesar :

  • 1,5 % untuk kendaraan bermotor pribadi dan badan kepemilikan pertama
  • 1% untuk kendaraan bermotor angkutan umum
  • 0,5 % untuk kendaraan pemadam kebakaran, ambulans,sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, Pemerintah/TNI/Polri dan Pemerintah Daerah
  • 0,2% untuk kendaraan bermotor alat berat dan besar.

Keterangan : Untuk Anda yang ingin melakukan balik nama ataupun pembayaran pajak 5 tahunan kendaraan Madiun, Anda dapat menuju ke pusat Samsat Madiun sesuai wilayah kendaraan.