Advertisements
banner iklan

Cek Pajak Kendaraan Kota Depok Online

Pajak Depok

Layanan Cek Pajak Kendaraan Kota Depok

Silahkan isi data di bawah ini :

Pajak kendaraan yang telah terdaftar pada dinas terkait di Kota Depok, dapat Anda cek melalui Aplikasi Cek Pajak.

Dengan menginputkan nomor polisi dan warna TNKB pada kolom pengisian data Aplikasi Cek Pajak, Anda akan mendapatkan informasi nominal tarif pajak kendaraan yang sama dengan data instansi terkait.

Selain memudahkan pemilik kendaraan mengetahui tarif pajak, Aplikasi Cek Pajak juga memberikan informasi terkait data kendaraan (nomor rangka, tipe, warna, merk), batas waktu pembayaran pajak, tarif denda , dan lain sebagainya.

Berikut contoh hasi cek informasi pajak kendaraan asal Depok via Aplikasi Cek Pajak.

Cek Pajak Daerah Depok

Aplikasi Cek Pajak dapat Anda gunakan untuk mengecek pajak kendaraan yang berasal darimana saja, karena aplikasi memiliki beberapa pilihan menu wilayah asal kendaraan yang terhubung dengan e-samsat. Namun, pastikan kendaraan yang Anda cek tarif pajaknya telah terdaftar di kepolisian setempat.

Cek Pajak Kendaraan Depok Via Pesan SMS

Bagi pengguna telepon genggam yang belum terhubung dengan koneksi internet, Anda dapat mengeceknya melalui menu layanan SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Depok via SMS, silahkan kirim SMS dengan format Esamsat (spasi) Nomor Rangka (spasi) NIK, kirim ke 0811 211 9211.

Advertisements

Cek Tagihan Denda Pajak Kendaraan Secara Online

Tagihan denda pajak kendaraan akan diberikan kepada pemilik kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran pajak kendaraan sebagai bentuk pemberian sanksi administratif.

Besar tagihan denda pajak yang diberikan kepada Anda akan disesuaikan dengan biaya pajak tahunan, serta jumlah bulan penunggakan (dikarenakan tarif denda pajak dihitung perbulan, tidak perhari).

Nominal tagihan denda pajak kendaraa yang dibebankan kepada Anda dapat Anda cek secara online menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut.

Namun, Kalkulator Denda Pajak Mobil dan Kalkulator Denda Pajak Motor di atas Anda hanya akan mengetahui nominal tarif perkiraan denda pajak saja, bukan tarif denda pajak yang sebenarnya.

Untuk mengetahui tarif denda pajak yang sebenarnya, Anda dapat mengeceknya menggunakan layanan yang disediakan oleh Aplikasi Cek Pajak.

Aplikasi Cek Pajak dapat Anda install di handphone dengan cara mendownloadnya melalui tombol Download Aplikasi Cek Pajak berikut.

Advertisements

Dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak, informasi tarif denda pajak kendaraan yang akan ditampilkan sesuai dengan data kendaraan yang Anda inputkan.

Cek Pajak Kendaraan Kota Depok Via E-Samsat

Nominal pajak kendaraan yang berasal dari Kota Depok dapat dicek via e-samsat Jabar. Layanan e-samsat tersebut merupakan salah satu menu yang terdapat pada website bapenda.jabarprov.go.id.

Melalui e-samsat Jabar, Anda dapat mengetahui nominal pajak sesuai data kendaraan. Namun, layanan ini tidak dapat digunakan untuk cek tarif pajak kendaraan yang bersal dari luar Provinsi Jawa Barat.

Untuk itu, bagi Anda yang hendak cek pajak kendaraan yang berasal dari provinsi lain, Anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Pajak.

Dengan mengakses Aplikasi Cek Pajak Anda dapat cek pajak kendaraan bermotor yang berasal dari berbagai wilayah, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera, dan lain sebagainya  yang dapat Anda cek pada laman utama aplikasi ini.

Cara Bayar Tagihan Pajak Kendaraan Depok

Kewajiban seorang pemilik kendaraan bermotor yang telah terdaftar di kepolisian adalah melakukan pembayaran pajak tahunan dan lima tahunan.

Pembayaran pajak ini dapat Anda lakukan di Kantor Samsat daerah dimana kendaraan Anda terdaftar. Untuk pajak kendaraan yang berasal dari Depok, silahkan Anda datang ke Kantor Samsat Depok.

Berikut daftar alamat Kantor Samsat Kota Depok.

  • Kantor Samsat Kota Depok I

Alamat : Jl. Merdeka Raya No.2, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, Kode Pos 16411.

Advertisements
  • Kantor Samsat Kota Depok II Cinere

Alamat : Jl. Limo Raya No. 60, Limo, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Kode Pos 16512.

Catatan : Jam buka pelayanan Kantor Samsat Kota Depok dari hari Senin – Sabtu dapat Anda cek di internet.

Namun, untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, Anda dapat melakukan pembayaran secara online via e-samsat, bukalapak, dan tokopedia dengan metode pembayaran yang diinginkan.

Selain itu, pembayaran pajak tahunan juga dapat Anda bayarkan melalui pelayanan Samsat Keliling, Kios Samsat, dan Samsat Outlet yang berada di wilayah Depok.

Berkas persyaratan pembayaran pajak kendaraan melalui pelayanan Samsat Keliling Kota Depok.

  • STNK asli
  • E-KTP asli pemilik kendaraan
  • BPKB asli – fotokopi (Khusus wilayah Pilda Metro Jaya, termasuk Depok, Cinere)
  • Bukti pelunasan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLL tahun terakhir

Bagi Anda yang terkena sanksi administratif denda pajak, dan ingin mendapatkan pembebasan pembayaran pajak, silahkan Anda lakukan pembayaran pajak kendaraan melalui program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang diselenggarakan oleh instansi terkait.

Peraturan Tarif Pajak Kendaraan Bermotor Kota Depok

Besaran persentase tarif pajak kendaraan yang diberikan kepada setiap pemilik kendaraan bermotpr di wilayah Kota Depok telah ditentukan Perda Provinsi Jawa Barat No. 13 Tahun 2011 Pasal 7 Ayat 1 sampai 6, berisi tentang :

1. Tarif pajak kendaraan bermotor milik pribadi, ditetapkan sebagai berikut :

  • Untuk kendaraan bermotor kepemilikan pertama, sebesar 1,75%.
  • Untuk kendaraan bermotor roda 4 kepemilikan kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :
  1. PKB kepemilikan ke-2, sebesar 2,25%
  2. PKB kepemilikan ke-3, sebesar 2,75%
  3. PKB kepemilikan ke-4, sebesar 3,25%
  4. PKB kepemilikan ke-5 dan seterusnya, sebesar 3,75%
  • Untuk kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 kepemilikan kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :
  1. PKB kepemilikan ke-2, sebesar 2,25%
  2. PKB kepemilikan ke-3, sebesar 2,75%
  3. PKB kepemilikan ke-4, sebesar 3,25%
  4. PKB kepemilkan ke-5 dan seterusnya, sebesar 3,75%

2. Penerapan tarif pajak progresif tidak berlaku untuk kendaraan bermotor bukan umum yang dimiliki oleh Badan, Pemerintah/ Pemerintah Daerah/ TNI/ Polri, dan kendaraan umum.

3. Tarif pajak kendaraan bermotor angkutan umum ditetapkan sebesar 1%.

4. Tarif pajak kendaraan bermotor ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, ditetapkan sebesar 0,5%.

5. Tarif pajak kendaraan bermotor Pemerintah/ Pemerintah Daerah/ TNI/ Polri, ditetapkan sebesar 0,5%.

6. Tarif pajak kendaraan bermotor alat – alat berat dan alat – alat besar, ditetapkan sebesar 0,2%.