Advertisements

Cek Pajak Kendaraan Bandung | Layanan Pemerintahkota.com

Cek Pajak Kendaraan Bandung

Layanan Cek Pajak Kendaraan Bandung

Tidak hanya informasi nominal pajak saja yang akan Anda dapatkan melalui Aplikasi Cek Pajak, tetapi juga data kendaraan, dan batas waktu pembayaran pajak sesuai data kendaraan yang Anda inputkan.

Advertisements

Data yang wajib Anda inputkan untuk dapat mengecek pajak kendaraan via Aplikasi Cek Pajak hanya nomor plat kendaraan.

Berikut contoh hasil pengecekan pajak kendaraan asal Bandung via Aplikasi Cek Pajak.

Cek Pajak Daerah Bandung

Keuntungan yang akan Anda dapatkan saat mengecek pajak kendaraan via Aplikasi Cek Pajak adalah Anda akan mendapatkan informasi pajak sesuai data yang telah tercatat di dinas terkait, karena layanan aplikasi ini telah terhubung dengan layanan e-samsat berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Cek Denda Pajak Kendaraan Bandung Via Kalkulator Denda Pajak

Tarif denda pajak yang harus Anda bayarkan merupakan sebuah sanksi akibat keterlambatan pembayaran pajak. Apabila Anda melakukan pembayaran sebelum waktu batas akhir pembayaran, Anda tidak akan terkena denda pajak.

Besar tarif denda yang diberikan kepada Anda disesuaikan dengan lama waktu penundaan pembayaran, dan biaya pajak pokok. Perkiraan tarif denda pajak dapat Anda hitung menggunakan Kalkulator Denda Pajak Motor dan Kalkulator Denda Pajak Mobil di bawah ini.

Sedangkan, untuk mengetahui tarif denda pajak yang sesungguhnya, Anda dapat mengeceknya secara langsung melalui Aplikasi Cek Pajak.

Melalui Aplikasi Cek Pajak Anda dapat mengetahui tarif denda pajak sesuai nomor plat kendaraan. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis melalui tombol berikut.

Cek Pajak Kendaraan Bandung Via SMS

Bagi Anda pemilik kendaraan asal Bandung dan ingin mengecek pajak kendaraan menggunakan handphone. Anda dapat menggunakan menu layanan SMS.

Untuk cek pajak kendaraan Bandung via SMS, silahkan kirim SMS dengan format “Esamsat (spasi) No. Rangka (spasi) NIK KTP”, kirim ke 0811 211 9211.

Cek Pajak Kendaraan Bandung Via E-Samsat

Pajak kendaraan bermotor yang berasal dari Bandung dan daerah lain di Jawa Barat dapat Anda cek secara online melalui layanan e-samsat Jabar.

Untuk mengakses layanan tersebut, Anda harus mengunjungi website bapenda.jabarprov.go.id pada aplikasi browser.

Namun, layanan ini hanya dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan wilayah Jawa Barat saja, jika Anda ingin mengecek pajak dari daerah lain Anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Pajak.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bandung

Pajak kendaraan asal Bandung dapat Anda bayarkan secara online melalui beberapa layanan, seperti E-Samsat (Aplikasi Sambara), dan Tokopedia dengan metode pembayaran yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membayarkan pajak kendaraan tahunan melalui layanan yang telah disediakan oleh Samsat Bandung untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Layanan tersebut, antara lain Samsat Keliling, Samsat Outlet, Samsat Masuk Desa, dan Samsat Drive Thru.

Namun, pembayaran online hanya dapat dilakukan untuk pembayaran pajak tahunan sajsa, sedangkan pembayaran pajak 5 tahunan harus dilakukan di Kantor Samsat.

Berikut daftar alamat Kantor Samsat di wilayah Kota dan Kabupaten Bandung.

A. Kantor Samsat Kota Bandung

  • Kota Bandung I Pajajaran (Bandung Barat)

Alamat : Jl. Padjadjaran No. 88, Kota Bandung, No. Telepon : (022) 6021802/No. Fax : (022) 6021802.

  • Kota Bandung II Kawulayaan (Bandung Tengah)

Alamat : Jl. Kawulayaan Raya Jati, Kota Bandung, No. Telepon : (022) 7320869/No. Fax : (022) 7320869.

  • Kota Bandung III Soekarno Hatta

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, No. 528, Kota Bandung, No. Telepon : (022) 7563998/No. Fax : (022) 7500240

B. Kantor Samsat Kab. Bandung

  • Kab. Bandung I Rancaekek

Alamat : Jl. K.H. Ahmad Shadili No. 66, Rancaekek, Kabupaten Bandung, No. Telepon : (022) 7793817/No. Fax : (022) 7793817.

  • Kab. Bandung II Soreang

Alamat : Jl. Gading Tutuka No. 1, Soreang, Kab. Bandung Barat, No. Telepon : (022) 85870534/ No. Fax : (022) 85870498/85870585.

C. Kantor Samsat Cimareme, Kab. Bandung Barat

Alamat : Jl. Raya Cimareme No. 203B, Kab. Bandung Barat, No. Telepon : (022) 6621010/ No. Fax : (022) 6621010.

Peraturan Penetapan Pajak Daerah Bandung

Besar tarif pajak kendaraan yang berasal dari Bandung telah ditetapkan sesuai Perda Jawa Barat No. 13 Tahun 2011 Pasal 7 Ayat (1) hingga (6) yang berisi tentang :

1. Tarif PKB milik pribadi ditetapkan sebagai berikut :

  • Untuk kepemilikan pertama kendaraan bermotor sebesar 1,75%
  • Untuk kepemilikan kedua dan seterusnya kendaraan bermotor roda 4 didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri ditetapkan secara progresif, sebagai berikut :
  1. PKB kepemilikan kedua, 2,25%
  2. PKB kepemilikan ketiga, 2,75%
  3. PKB kepemilikan keempat, 3,25%
  4. PKB kepemilikan kelima dan seterusnya, 3,75%
  • Untuk kepemilikan kedua dan seterusnya kendaraan roda 2 dan 3 didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri , ditetapkan secara progresif sebagai berikut.
  1. PKB kepemilikan kedua, 2.25%
  2. PKB kepemilikan ketiga, 2,75%
  3. PKB kepemilikan keempat, 3,25%
  4. PKN kepemilikan kelima dan seterusnya 3,75%

2. Penerapan tarif PKB progresif tidak berlaku untuk kendaraan bukan umum yang dimiliki Badan, Pemerintah/Pemerintah Daerah/TNI/Polri dan kendaraan umum.

3. Tarif pajak kendaraan bermotor angkutan umum ditetapkan sebesar 1%.

4. Tarif pajak kendaraan bermotor ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan ditetapkan sebesar 0,5%.

5. Tarif pajak kendaraan bermotor Pemerintah/Pemerintah Daerah/TNI/Polri ditetapkan sebesar 0.5%.

6. Tarif pajak kendaraan bermotor alat – alat berat dan alat – alat besar ditetapkan sebesar 0,2%.

Download Aplikasi pajak kendaraan online