Advertisements
banner iklan

Kapasitas CC Motor Megapro Primus

CC Megapro Primus – Megapro primus merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua produk keluaran Honda yang banyak sekali peminatnya di pasaran Indonesia. Selain itu Honda Megapro primus terkenal dengan irit bahan bakar.

Pada mulanya motor Megapro ini dikeluarkan oleh honda pada tahun 1999 dengan kapasitas 160 cc tepatnya 156.7cc.

Pada artikel ini akan membahas tentang seputar CC megapro primus dan perbedaannya dengan generasi sebelumnya.

Daftar Isi:

  • Kapasitas CC Megapro Primus
  • Informasi Seputar Honda Megapro Primus
  • Perbedaan Megapro Primus Dengan Generasi Sebelumnya
Advertisements

Kapasitas CC Megapro Primus

Megapro primus memiliki kapasitas mesin 4-tak OHC, OHC adalah over head camshaft. Sistem overhead camshaft menjadi salah satu komponen yang efisien dalam kinerja mesin karena menempatkan poroslangsung di atas katup di kepala silinder.

 Sebagian besar mesin sepeda motor modern menggunakan desain tersebut. Motor ini sanggup memberikan daya terbaiknya pada angka 13.3 ps pada putaran 8.500 Rpm, dengan torsi puncaknya sebesar 1.3 kgf.m pada putaran 6.000 Rpm.

Megapro primus memiliki kapasitas 160 CC, dengan kapasitas CC tersebut motor ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari dengan performa yang cukup kencang dan gagah.

Selain kapasitas 160 CC Megapro Primus memiliki beberapa kelebihan yakni, mengaplikasikan mesin overbore, onderdil melimpah dan mudah ditemukan, rangka motor serupa dengan tiger, perawatan mudah, mesin awet, dan handling nyaman.

Motor 160 CC ini memiliki beberapa kelemahan yakni, tangki bensisn rawan bocor, masih menggunakan pendingin udara pada mesin, tarikan bawah kurang menggigit, masih menggunakan rangka dengan tipe diamond, area komstir mudah oblak, kabel bodi yang sering konslet, masih menggunakan twin shockbreaker.

Advertisements

Honda Megapro Primus

Honda Megapro Primus ini merupakan sebuatan dari Honda Megapro 160 Advance yang rilis pada tahun 2006 sebagai Motor Megapro generasi ke tiga. Motor megapro generasi ketiga ini tentu lebih dikenal dengan sebutan megapro primus.

Penyebutan megapro primus ini tak lain di karenakan bintang yang mengiklani produk honda megapro 160 advance ini adalah artis papan atas yang bernama Primus Yustioso.

Hal tersebut yang menyebabkan sebutan Megapro Primus masih digunakan sampai saat ini.

Honda Megapro Primus dengan tampilannya yang lebih modern dari generasi sebelumnya, selain itu penambahan fitur-fitur terbaru, sangat diminati oleh banyak kalangan muda hingga tua pada zamannya.

Motor keluaran honda ini diproduksi dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2009 kemudian pada tahun 2010 honda merilis motor terbaru yaitu Honda New Megapro.

Perbedaan Megapro Primus Dengan Generasi Sebelumnya

Berikut perbedaan antara megapro primus dengan megapro generasi sebelumnya.

Megapro PrimusNew Megapro
Rilis 2006Rilis 2010
Tangki BBM 13,2 literTangki 12,2 liter
Berat kendaraan 126 kg, tipe SWBerat 136 kg, tipe Spoke
Mesin 4 Stroke, SOHC, 1 selinderMesin 4 Stroke, SOHC
Battery, 12 V-5 AhBattery, MF Battery, 12 V-5 A.h
Kopling manual tipe basah majemukKopling manual multiplate wet clutch
Advertisements

Megapro primus sudah tidak diproduksi secara massal. Apabila anda berminat memiliki honda Megapro primus maka anda dapat membeli motor ini dalam keadaan bekas.

Harga pasaran Megapro primus bekas adalah sekitar 6 juta rupiah. Harga tersebut tergantung pada kondisi kendaraan. Jika kendaraan sudah memiliki banyak kerusakan atau tidak memiliki sparepart yang original, maka harga jual tersebut dapat turun kembali.

Meskipun telah berhenti produksi, Megapro primus masih banyak diminati beberapa kalangan.

Sedangkan untuk New Megapro sekitar 22 juta, sedangkan untuk harga bekas sekitar 11 juta. Harga tersebut bergantung pada kondisi motor New Megapro bekas.