[Panduan] Cara Mengurus Mutasi Motor Di Samsat

Penting !!! : Untuk cek Pajak Secara akurat, sesuai plat nomor anda, silahkan gunakan aplikasi cek pajak kendaraan berikut,

Cara mutasi motor ~ ketika anda akan mengurus mutasi kendaraan memang bisa terbilang prosesnya cukup rumit, membutuhkan waktu yang tidak sebentar, serta biaya mutasi yang tidak sedikit. Mutasi bisa terjadi dikarenakan suatu keadaan yang mengharuskan anda untuk berpindah rumah dari daerah rumah anda sebelumnya, maka itu berarti anda juga harus melakukan proses mutasi untuk kendaraan milik anda yang harus anda mutasikan ke daerah tempat tinggal anda yang baru.  Proses mutasi ini terbilang cukup rumit, namun di era yang serba dimudahkan ini proses ini bisa juga dilakukan dengan mutasi online dengan menggunakan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Lalu, bagaimana cara mengurus mutasi motor dengan mudah? Anda bisa memulainya dengan mengecek fisik kendaraan milik anda di daerah asal, datang kebagian pelayanan mutasi, melaporkan pada samsat tujuan, lakukan pengecekan ulang, ambil STNK, dan buat BPKB terbaru.

Berikut adalah beberapa cara yang harus anda pahami ketika mengurus mutasi kendaraan :

1. Lakukan Cek Fisik Di Daerah Asal Sebelum Mengurus Mutasi Motor 

Lakukan tahap cek fisik kendaraan pertama pada daerah asal anda. Secara otomatis petugas akan langsung menggesek nomor rangka dan mesin kendaraan milik anda.

Setelah selesai melakukan serangkaian cek fisik, maka hasil dari gesek nomor yang dilakukan oleh petugas akan langsung diserahkan ke bagian loket lengkap beserta berkas-berkas kendaraan milik anda yang akan langsung di cek oleh petugas.

Pengecekan ini berkaitan dengan keaslian berkas-berkas yang anda berikan, serta petugas akan melakukan legalisir pada berkas tersebut.

2. Datang Ke Pihak Pelayanan Mutasi Kendaraan Di samsat

Jika berkas-berkas yang anda serahkan telah di cek, maka langkah selanjutnya adalah anda harus segera menuju ke bagian pelayanan mutasi. Nantinya anda akan diberikan formulir mutasi yang harus anda isi dengan lengkap sesuai dengan data yang anda miliki, seperti warna motor dan nomor plat motor.

Apabila sudah selesai, maka anda perlu segera menyerahkannya lengkap beserta berkas-berkas milik anda yang sudah di legalisir, seperti fotocopy KTP, BPKB, dan STNK yang mana masing-masing dibutuhkan dua rangkap.

Petugas yang berwenang akan segera melakukan pengecekan ulang berkas-berkas yang sudah anda serahkan. Jika sudah selesai, maka nama anda akan di panggil dan anda akan di berikan perintah untuk membayar sejumlah biaya yang sudah ditentukan. Bawa lah surat tanda terima pembayaran, surat itu nantinya yang akan anda gunakan untuk mengambil berkas milik anda.

3. Segera Lapor Ke Samsat Tujuan Baru

Setelah menunggu beberapa hari, berkas milik anda akan keluar dan dapat anda ambil kembali. Tahap selanjutnya segera lah lapor pada kantor samsat baru yang berbeda daerah dengan samsat yang lama. Lalu serahkan semua berkas yang sebelumnya sudah anda cabut pada kantor samsat yang lama kepada petugas.

4. Lakukan Cek Fisik Motor Kedua

Kendaraan yang anda mutasikan wajib untuk dilakukan pengecekan ulang pada kantor samsat yang baru, hal ini bertujuan untuk mengecek kembali keaslian nomor rangka dan mesin kendaraan milik anda. pihak samsat juga akan melakukan pengecekkan ke Polda sekitar apabila anda melakukan mutasi antar provinsi atau luar pulau.

Jika cek fisik sudah selesai dilakukan, maka anda segera bergegas ke loket pelyanan mutasi untuk menyerahkan berkas-berkas kendaraan milik anda. Apabila proses telah selesai maka anda hanya tinggal menunggu STNK dan plat nomor kendaraan anda yang baru, untuk selanjutnya anda gunakan untuk mengurus surat BPKB kendaraan anda yang baru.

5. Ambil STNK Yang Sudah Jadi

Sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka anda di harapkan untuk kembali datang ke kantor samsat untuk mengambil STNK kendaraan milik anda. anda juga perlu menyiapkan sejumlah uang yang akan gunakan untuk membayar pajak kendaraan anda yang sudah tertera pada kolom STNK.

Perlu diperhatikan, selama menjalani proses mutasi dan balik nama maka poses ini tidak gratis. Ada beberapa biaya yang harus anda keluarkan, diantaranya adalah bea balik nama kendaraan bermotor (BBN KB), pajak kendaraan bermotor (PKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) juga biaya administrasi serta biaya pembuatan BPKB.

6. Membuat BPKB Baru

Apabila semua tahap sudah selesai dilalui maka tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah membuat BPKB yang baru. Beberapa berkas yang diperlukan diantaranya yaitu BPKB lama, KTP, bukti legalisir cek fisik, dan fotocopy STNK yang baru. Anda hanya perlu menyerahkan semua berkas tersebut pada bagian Ditlantas Polda pada daerah tujuan mutasi.

Berapa Biaya Mutasi Motor

Biaya yang digunakan untuk penerbitan surat mutasi kendaraan ke luar daerah akan di kenakan biaya sebesar 75 ribu per pernebitan.

Menurut PP No.50 tahun 2010 mengenai PNBP Polri, biaya yang digunakan untuk penerbitan BPKB adalah sebagai berikut :

Kendaaran bermotor roda 2 atau tiga, yang pertama untuk biaya penerbitan baru akan dikenakan biaya sebesar 80 ribu. Sementara untuk biaya ganti kepemilikan dikenakan biaya sebesar 80 ribu per penerbitan.

Kendaraan bermotor roda empat atau lebih, biaya yang dikenakan untuk penerbitan baru sebesar 80 ribu. Sedangkan untuk biaya ganti kepemilikan akan dikenakan biaya sebesar 100 ribu per penerbitan.

Jadi itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika akan melakukan mutasi pada kendaraan milik anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar


pemerintahkota