Advertisements
banner iklan

Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Dingin

Cara Merawat AC Mobil – AC mobil berfungsi untuk memberikan hawa dingin saat berkendara di cuaca panas. Namun karena kurangnya perawatan, maka AC mobil bisa saja rusak. Biasanya ciri – cirinya ditunjukkan dengan munculnya bau tidak sedap ataupun AC tidak dingin.

Lalu bagaimana cara merawat AC mobil agar tetap awet? Anda bisa membaca penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Fungsi AC pada Mobil
  • Cara Merawat AC Mobil
  • Penyebab AC Mobil Cepat Rusak
  • Waktu Servis AC Mobil yang Tepat

Fungsi AC pada Mobil

Advertisements

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu sistem pendingin pada mobil yang dapat menyerap hawa panas sehingga memberikan hawa dingin di dalam mobil.

AC mobil memiliki 4 fungsi utama, antara lain:

  • Mengatur temperatur atau suhu pendingin (cooler) atau pemanas (heater) ruangan.
  • Mengatur kelembaban udara agar kaca tidak mengembun.
  • Mengontrol sirkulasi udara.
  • Menyegarkan udara kotor agar menjadi udara bersih.

Cara Merawat AC Mobil

Karena memiliki fungsi yang penting, Anda sebagai pemilik mobil harus mengerti bagaimana cara merawat AC mobil yang baik dan benar. Berikut ini cara merawat AC mobil biar awet.

  1. Gunakan pengharum ruangan jenis cair dan berkualitas

    Untuk mengharumkan mobil sebaiknya gunakan pengharum yang berbentuk cair. Karena penggunaan pengharum bentuk gel bisa berubah menjad zat padat lagi setelah masuk ke dalam evaporator. Hal tersebut tentu berdampak pada kinerja AC yang menjadi terganggu.

  2. Jangan merokok di dalam mobil saat AC menyala

    Merokok di dalam mobil dengan kondisi AC menyala bisa membuat asap dan abu rokok terhisap blower. Asap rokok tersebut akan berkumpul di evaporator sehingga menyebabkan kotor. Akibatnya, kinerja evaporator menjadi kurang maksimal dan AC akan terasa dingin.
    Jika ingin merokok, sebaiknya lakukan di luar mobil supaya kotoran dari rokok tidak mengotori sistem AC.

  3. Jangan membuka jendela mobil saat AC menyala

    AC mobil tidak diperuntukkan mendinginkan ruangan yang besar. Jika jendela mobil dibuka, maka udara panas dari luar akan masuk ke dalam mobil. Hal tersebut membuat kinerja AC menjadi lebih besar untuk mendinginkan ruangan.

  4. Jangan biarkan AC tidak digunakan dalam waktu lama

    Banyak yang beranggapan bahwa jarang menyalakan AC mobil bisa membuat AC menjadi lebih awet serta konsumsi bahan bakar lebih irit.
    Padahal AC yang tidak pernah dinyalakan bisa membuat selang dan belt AC menjadi kering. Akibatnya, AC akan rusak.

  5. Bersihkan filter AC mobil secara rutin

    Filter AC mobil biasanya terletak di bawah dashboard. Filter udara tersebut sangat mudah kotor. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan filter udara secara rutin agar udara AC tetap segar dan dingin.

  6. Matikan AC dulu sebelum mematikan mesin mobil

    Sebelum mematikan mesin mobil, sebaiknya matikan AC telebih dahulu. Karena jika langsung mematikan mesin saat kondisi AC menyala bisa membebani starter atau baterai terutama pada mobil keluaran lama.

  7. Jangan segera menyalakan AC saat kondisi kabin terlalu panas

    Kebiasaan yang paling sering dilakukan banyak orang adalah segera menghidupkan AC saat kondisi kabin terlalu panas akibat parkir mobil di bawah terik matahari.
    Padahal kondisi tersebut membuat kinerja AC menjadi lebih keras dalam mendinginkan suhu mobil. Jika mobil diparkir di bawah terik matahari, sebaiknya biarkan kondisi kabin stabil dulu.

  8. Bersihkan kondensor AC secara rutin

    Kondensor AC berguna untuk merubah gas tekanan tinggi menjadi cairan dingin yang dialirkan ke receiver dryer. Nantinya cairan dingin tersebut akan berubah menjadi hawa dingin yang dikeluarkan melalui lubang AC.
    Agar udara yang keluar tetap dingin, jaga kebersihan kondensor dengan cara membersihkannya secara rutin. Buang kotoran dan debu yang menempel pada kondensor saat Anda mencuci mobil.

  9. Lakukan servis AC mobil secara berkala

    Jangan lupa untuk lakukan servis secara berkala di bengkel kepercayaan Anda untuk mengecek kondisi AC. Servis mobil berkala juga dilakukan untuk memastikan kondisi mesin serta komponen mobil lainnya dalam keadaan baik.

Advertisements

Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Ada beberapa hal yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil. Beberapa penyebab AC mobil cepat rusak, antara lain:

  • Ada komponen AC yang mulai rusak.
  • Merokok di dalam mobil.
  • Tidak pernah menjaga kebersihan mobil.
  • Kompresor AC rusak.

Waktu Servis AC Mobil yang Tepat

Perawatan AC mobil harus dilakukan secara berkala untuk memastikan komponen AC berfungsi dengan normal.

Idealnya, servis AC mobil dilakukan setiap 2000 km atau 1 tahun sekali. Namun jika ditemukan gejala – gejala kerusakan AC sebelum memasuki jatuh tempo servis, maka sebaiknya bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

Sedangkan untuk biaya servis AC mobil di bengkel berkisar antara Rp. 200.000 – Rp. 500.000.