Cara Mengurus STNK HILANG & Biayanya : (1 Hari Selesai)

Biaya dan cara mengurus STNK hilang ~ Mengurus STNK hilang sebenarnya cukup mudah, dan pada artikel ini terdapat panduan lengkap tentang, syarat mengurus STNK hilang, cara mengurusnya, berapa biaya nya, dan berapa lama mengurus STNK yang hilang.

Daftar isi:

Syarat mengurus STNK hilang

Cara mengurus STNK hilang

Biaya urus STNK hilang

Berapa lama mengurus STNK hilang?

Pertanyaan lain

Cara mengurus STNK tanpa fotokopi STNK

Cara mengurus STNK tanpa KTP

Syarat Mengurus STNK Hilang

Saat ingin mengurus STNK hilang, anda harus menyiapkan terlebih dahulu persyaratan nya. Berikut ini adalah persyaratan untuk mengurus STNK Hilang.

  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian
  • KTP asli Pemilik Kendaraan bermotor Disertai fotokopi 5 lembar
  • Fotokopi STNK yang hilang jika ada
  • BPKB Asli dan fotopi 5 lembar
  • Membawa fisik kendaraan ke samsat

Jika Pengurusan Diwakilkan

Jika pemilik kendaraan tidak bisa mengurus dan anda mewakili pengurusan STNK hilang, maka anda harus menyertakan surat kuasa pengurusan STNK hilang.

Jika BPKB Masih Di Leasing

Jika kendaraan anda masih kredit, dan anda tidak bisa menyertakan BPKB asli, maka anda bisa meminta keterangan kepada pihak leasing pernyataan bahwa BPKB anda masih di leasing.

Surat pernyataan ini digunakan sebagai pengganti BPKB asli yang menjadi syarat wajib pengurusan pembuatan STNK duplikat.

Cara Mengurus STNK Hilang

Berikut ini adalah langkah untuk mengurus STNK hilang dari awal hingga selesai.

1. Mengurus Surat Kehilangan di Polsek/Polres

Anda bisa datang ke polsek atau polres diwilayah anda, atau di wilayah dimana STNK anda hilang. Disana anda tinggal meminta staff polisi untuk membuatkan surat keterangan kehilangan STNK.

Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Anda tinggal isi saja formulir tersebut, isinya adalah:

  • Identitas anda
  • Kronologi anda kehilangan STNK
  • Lokasi dimana anda kehilangan STNK
  • KTP/SIM atau tanda pengenal anda

Setelah anda mengisi formulir, anda akan diberikan Surat kehilangan dari kepolisian. Pelayanan ini tidak dikenakan biaya apapun (tapi kadang polisi minta uang rokok).

2. Siapkan syarat mengurus STNK hilang

Setelah anda mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian anda siapkan persyaratan pengurusan pembuatan STNK duplikat yang sudah ada diatas, antara lain KTP asli dan fotokopinya, BPKB asli atau surat keterangan dari leasing, surat keterangan kehilangan dari kepolisian, dan surat kuasa pengurusan STNK jika diwakilkan.

Dokumen syaratini dimasukan di dalam map agar rapi.

Tips : Anda bisa meminta tolong tukang fotokopi di dekat samsat untuk menyusun persyaratan anda, karena tukang fotokopi sudah terbiasa menyusun persyaratan urus STNK yang baik.

3. Datang Ke samsat Pada Jam Kerja

Untuk pengurusan STNK hilang anda bisa datang ke samsat hari senin-sabtu mulai jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Untuk hari jumat hanya sampai jam 11, karena ada jam sholat jumat.

Untuk melakukan pengurusan STNK anda datang saja ke loket pelayanan, anda nanti akan diarahkan alur pengurusanya. Dan yang pertama anda harus lakukan adalah :

4. Melakukan Cek Fisik kendaraan

Datang ke loket cek fisik kendaraan untuk mendaftarkan kendaraan anda, anda akan diminta mengisi formulir dan melakukan cek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan untuk memvalidasinya dengan BPKB anda.

Setelah mendapatkan surat keterangan cek fisik kendaraan, anda akan diminta untuk memfpotokopi Surat tersebut sebagai syarat pembuatan STNK Duplikat.

5. Datang ke loket pelayanan STNK

Setelah menyiapkan surat cek fisik kendaraan, anda datang ke loket pelayanan STNK untuk mendaftar pembuatan STNK duplikat.

Bilang saja ke petugasnya jika anda mengurus STNK hilang.

Anda akan diberi formulir pendaftaran, isilah sesuai dengan identitas anda serta motor anda. Isi semua dengan benar dan serahkan kepada petugas.

6. Cek Blokir STNK (Keabsahan STNK)

Petugas akan melakukan pengecekan keabsahan STNK anda, untuk mengetahui apakah STNK anda dalam keadaan di blokir, atau dalam pencarian.

Setelah anda mendapatkan surat keterangan ini, tinggal mengurus Pembuatan STNK duplikat di loket BBNII

7. Mengurus Pembuatan STNK Duplikat Di loket BBN II

Langkah Selanjutnya anda tinggal menyerahkan semua dokumen anda kepada petugas di Loket BBN II. Setelah menyerahkan semua dokumen dan persyaratan, anda akan diminta menunggu proses pembuatan STNK baru anda.

Tunggulah sampai Petugas memanggil nama anda.

8. Melakukan pembayaran Pembuatan STNK Duplikat

Anda akan di panggil oleh kasir samsat untuk datang ke loket pembayaran. Disana anda akan diminta untuk melakukan pembayaran pembuatan Duplikat STNK anda yang hilang.

Biaya penerbitan STNK Sepeda motor = Rp. 100.000

Biaya penerbitan STNK mobil = Rp. 200.000

Sesuai PP no. 60 tahun 2016

Jika anda belum membayar pajak, maka biaya pengurusan STNK hilang akan ditambah dengan biaya pajak tahunan, sesuai dengan PKB dan SWDKLLJ di STNK anda.

9. Pengambilan STNK Duplikat dan SKPD

Setelah pembayaran Pengurusan STNK hilang selesai, anda akan diberikan STNK baru kepada anda, STNK ini disebut STNK duplikat yang fungsinya sama seperti STNK Asli anda.

Biaya Urus STNK Hilang

Berapa biaya urus STNK hilang? Biaya Mengurus STNK hilang adalah Rp. 100.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 200.000 untuk mobil, Jika pemilik kendaraan menunggak pajak, maka akan ditambah biaya pajak tahunan sesuai PKB nya.

KeteranganBiaya
Biaya penerbitan STNKRp. 100.000 – Rp. 200.000
Biaya pajak KendaraanSesuai dengan pajak Tahunan anda
Biaya Surat Keterangan Hilang KepolisianGratis

Berapa Lama Mengurus STNK Hilang?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus STNK hilang hanya 1 hari saja, namun bisa lebih lama jika anda mendapatkan kesulitan saat mengurus persyaratanya.

Bagaimana Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Fotokopi STNK?

Sebenarnya Fotokopi STNK bukan menjadi hal yang wajib anda sertakan, karena hal itu sudah terwakili dengan BPKB dan KTP. BPKB tersebut adalah bukti bahwa anda adalah pemilik resmi kendaraan bermotor.


Bagaimana Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa KTP?

Jika KTP anda hilang, maka anda bisa menggunakan KTP sementara dari desa. KTP sementara ini bisa anda minta di Kantor desa, untuk syarat pembuatanya anda Cuma perlu KK saja.

Tinggalkan komentar


pemerintahkota