Advertisements

Cara Mengecek Apakah Pajak Kendaraan Sudah Dibayar atau Belum

Untuk mengetahui apakah pajak kendaraan sudah dibayar atau belum, anda bisa menggunakan 2 cara. Yang pertama adalah dengan melihat di STNK, dan yang kedua adalah dengan melihatnya secara online.  

Advertisements

Cara yang pertama adalah mengeceknya menggunakan STNK, caranya mudah, anda tinggal buka STNK, kemudian anda cek tanggal jatuh tempo pajak anda dibagian bawag STNK, jika temponya tahun depan, berarti pajak kendaraan tersebut sudah dibayarkan.

tanggal jatuh tempo

Lalu bagaimana cara mengecek apakah pajak mobil atau motor sudah dibayarkan secara online, berikut ini adalah caranya.

Cara cek apakah pajak sudah kendaraan sudah dibayar atau belum

  1. Siapkan Plat Nomor kendaraan yang ingin di cek pajaknya
  2. Download aplikasi cek pajak kendaraan
  3. Pilih wilayah kendaraan anda berada
  4. Masukan plat nomor
  5. Informasi tanggal berahir pajak akan muncul

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, untuk aplikasinya sendiri anda bisa mendownloadnya melalui link berikut ini :

Kelebihan menggunakan cara diatas adalah ini bisa digunakan oleh kendaraan di hampir seluruh indonesia.

Kecuali beberapa daerah yang tidak memiliki e-samsat seperti daerah Papua.

Cek menggunakan layanan sms samsat

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan e samsat SMS, layanan ini bisa menginformasikan status pajak kendaraan bermotor anda melalui sms.

Setiap daerah memiliki E samsat SMS sendiri-sendiri, dan sudah banyak daerah yang menghentikan layanan ini dan menggantinya dengan e-samsat online.

Berikut ini adalah daftar layanan sms samsat yang bisa anda gunakan untuk cek apakah pajak kendaraan anda sudah dibayarkan atau belum.

Mengeceknya di Samsat Keliling

Jika anda ingin data yang kebih valid lagi, dan rumah anda dekat dengan samsat keliling, anda bisa mengeceknya secara langsung di samsat keliling.

Anda tinggal datang ke samsat keliling, kemudian serahkan STNK anda, dan mintalah petugas samsat untuk mengecekan apakah pajak anda sudah benar-benar dibayarkan atau belum.

Untuk jadwal samsat keliling sendiri tiap daerah beda-beda. Namun biasanya bukan hari sabtu atau minggu.

Untuk lokasinya biasanya juga berpindah-pindah, tiap minggu kadang tidak sama, untuk itu anda harus tau pengumuman samsat keliling dari samsat.

Cek Ke indomaret

Jika anda anda punya kenalan orang indomaret, atau anda biasa ke indomaret, anda bisa minta untuk mengecek kan pajak anda kepada kasih indomaret.

Indomaret dan alfamart sekarang ini bisa melakukan pembayaran pajak, sehingga mereka juga bisa melihat tanggal jatuh tempo pajak.

Dengan kata lain, anda bisa mengetahui apakah pajak motor atau mobil anda sudah dibayar atau belum dengan menggunkana fitur milik alfamart atau indomaret ini.

Anda tinggal minta tolong saja ke kasirnya.

Cek Via Tokopedia

Anda juga bisa mengecek status pajak kendaraan anda dengan menggunakan fitur e-samsat milik tokopedia, namun sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk beberapa wilayah saja, yaitu jawa dan riau.

e samsat tokopedia

Untuk diluar itu belum bisa.

Sebenarnya fitur ini adalah fitur bayar pajak online, namun anda bisa menggunakan ini untuk mengecek status pajak anda.

Dan jika anda belum membayar pajak, anda tinggal bayar saja sekalian disana.

Untuk menggunakanya fitur ini, anda tinggal masuk ke tokopedia, kemudian pilih esamsat, kemudian pilih wilayah dimana kendaraan anda terdaftar, kemudin masukan data kendaraan anda dan ikuti panduan yang disediakan.

Nanti anda akan mendapatkan status dan informasi pajak anda.

Selain tokopedia, marketplace yang menyediakan fitur serupa adalah bukalapak. Anda juga bisa menggunakan bukalak jika anda lebih nyaman di situ.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah pajak kendaraan sudah dibayar atau belum, sudah lunas atau belum. Semoga bermanfaat

Download Aplikasi pajak kendaraan online