6 Cara Membersihkan Evaporator AC Sendiri di Rumah

Cara Membersihkan Evaporator AC – Evaporator AC mobil menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga udara AC yang keluar tetap dingin dan sejuk. Namun seringkali evaporator AC mobil tidak bisa bekerja maksimal karena adanya kotoran yang menumpuk.

Advertisements

Lalu bagaimana cara membersihkan evaporator  AC mobil? Anda bisa melihat langkah – langkahnya pada penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Apa itu Evaporator AC Mobil
  • Fungsi Evaporator Mobil
  • Cara Membersihkan Evaporator AC
  • Biaya Membersihkan Evaporator AC Mobil
  • Dampak Buruk Malas Membersihkan Evaporator AC

Apa itu Evaporator AC Mobil

Advertisements

Evaporator AC adalah salah satu komponen yang termasuk dalam sistem pendingin AC mobil. Evaporator AC dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Plat Fin, Serpentine, dan Drawn Cube. Diantara ketiga jenis evaporator tersebut, Drawn Cube lah yang paling sering ditemukan pada banyak mobil.

Evaporator AC mobil umumnya terletak di bawah dashboard mobil (contohnya Honda Brio, Honda Jazz, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dsb). Namun ada juga yang terletak di bagian lain. Anda bisa mengecek letak evaporator AC mobil Anda pada buku panduan mobil.

Fungsi Evaporator Mobil

Evaporator AC mobil memiliki fungsi untuk menyerap hawa panas yang ada di dalam ruangan mobil dan disalurkan ke refrigerant untuk diubah menjadi hawa dingin. Sehingga kondisi di dalam mobil menjadi sejuk dan nyaman saat berkendara di cuaca yang panas.

Cara Membersihkan Evaporator AC

Berikut adalah cara membersihkan sendiri evaporator AC mobil Avanza tanpa bongkar dashboard.

  1. Siapkan peralatan dan matikan mesin mobil

    Sebelum membersihkan evaporator, Anda perlu mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, alat pembersih, kain lap, dan sebagainya.

  2. Buka laci mobil untuk mencari posisi evaporator AC mobil

    Buka laci mobil yang berada di dashboard dengan cara melepas semua bautnya menggunakan obeng. Setelah laci terbuka, maka akan terlihat blower yang ada di sebelah kiri dan juga sensor temperatur yang berada di sebelah kanan.
    Untuk membersihkan evaporator AC, Anda perlu melepas sensor temperatur tersebut karena evaporator AC letaknya barada di bawahnya.

  3. Bersihkan evaporator AC menggunakan semprotan AC atau semprotan air

    Setelah mengetahui posisi evaporator mobil, kemudian Anda semprot evaporator tersebut menggunakan semprotan AC atau semprotan air. Jika menggunakan semprotan air, gunakan selang air dengan tekanan yang sedang atau tinggi agar kotoran bisa hilang.
    Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai semprotan air masuk ke bagian blower. Anda bisa menutup blower menggunakan kain atau plastik.

  4. Keringkan evaporator menggunakan kain

    Setelah evaporator bersih, kemudian lap menggunakan kain hingga kering. Kemudian pasang kembali sensor temperatur ke tempat semula.

  5. Nyalakan AC mobil untuk mengecek sirkulasi udara

    Coba Anda nyalakan AC mobil untuk pengecekan. Jika udara AC dingin dan sirkulasi lancar, itu berarti evaporator AC sudah bersih

  6. Tutup kembali laci mobil

    Jika sirkulasi udara AC sudah normal dan semua komponen sudah kering, Anda bisa menutup kembali laci mobil. Kemudian pasang semua baut – bautnya menggunakan obeng dengan rapat.

Advertisements

Biaya Membersihkan Evaporator AC Mobil

Membersihkan evaporator AC mobil juga bisa dilakukan di bengkel. Biaya untuk membersihkan evaporator AC tergantung pada merk mobilnya.

Berikut estimasi biaya membersihkan evaporator AC mobil di bengkel.

Jarak TempuhKomponen yang dicekEstimasi Biaya
10.000 – 20.000 kmPembersihan Blower ACPembersihan kondensor AC depanPengecekan tekanan freonRp. 150.000 – Rp. 250.000
40.000 – 50.000 kmPembersihan blower ACPembersihan kondensor AC depanPengecekan tekanan FreonPembersihan evaporatorGanti freonRp. 650.000 – Rp. 750.000
90.000 – 100.000 kmPembersihan Blower ACPembersihan kondensor AC depanPengecekan tekanan FreonMembersihkan evaporatorGanti oli kompresorGanti FreonGanti dryerRp. 850.000 – Rp. 1.000.000

Dampak Buruk Malas Membersihkan Evaporator AC

Advertisements

Evaporator AC mobil yang tidak pernah dibersihkan akan membuat banyak debu serta kotoran yang menumpuk. Akibatnya, udara AC mobil yang keluar menjadi kurang dingin karena terhalang kotoran.

Berikut adalah beberapa dampak buruk malas membersihkan AC mobil:

  • Udara AC mobil menjadi kurang dingin.
  • Munculnya bau tidak sedap pada udara AC yang keluar.
  • Evaporator bisa bocor akibat adanya karat dari kotoran.

Untuk itu, perawatan AC sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja AC tetap maksimal. Idealnya, pengecekan bagian AC dilakukan paling tidak setahun sekali.