Advertisements
banner iklan

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor ~ Perlu diketahui bahwa rembesan oli yang terjadi pada mesin motor dapat menimbulkan karat , sehingga membuat komponen mesin rusak. Oleh karena itu, kebersihan pada blok mesin motor penting dilakukan, untuk menjaga performa mesin motor.

Bagaiamana cara membersihkan blok mesin motor?, bagi Anda yang ingin mengetahui cara membersihkan blok mesin motor di rumah, silahkan simak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Peralatan Pembersih Blok Mesin Motor
  • Cara Membersihkan Blok Mesin Motor
  • Bagaimana Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Berkarat?
  • Pentingnya Bersihkan Blok Mesin Motor
Advertisements

Peralatan Pembersih Blok Mesin Motor

Untuk membersihkan blok mesin motor dengan mudah, sebaiknya terlebih dahulu peralatan berikut.

  • Sikat gigi
  • Wadah plastik
  • Kuas cat
  • Cairan pembersih / sabun cuci piring
  • Amplas halus
  • Bensin

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

Di bawah ini merupakan cara membersihkan blok mesin motor.

  1. Cuci motor terlebih dahulu

    Sebelum membersihkan bagian blok mesin, alangkah lebih baiknya jika mencuci motor secara keseluruhan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

  2. Buat cairan pembersih blok mesin

    Untuk cairan pembersih dapat menggunakan campuran sabun cuci piring (Sunlight) dan sedikit bensin, kemudian aduk secara merata.
    Campuran cairan pembersih lain yang dapat digunakan, yaitu terbuat dari campuran sabun cuci baju (Rinso) dan sitrun, atau Anda sapat langsung menggunakan cairan pembersih khusus, seperti engine degreaser.

  3. Oleskan cairan pembersih pada bagian blok mesin menggunakan kuas cat

    Pada saat mengolesi blok mesin dengan cairan pembersih sebaiknya berhati – hati, karena kandungan bensin pada cairan pembersih dapat membuat body motor terkelupas. Selain itu, bensin dapat membuat seal karet mudah getas.

  4. Pastikan seluruh blok mesin motor diolesi cairan pembersih secara merata

    Ketika mengolesi cairan pembersih pada blok mesin lakukan secara merata. Untuk menjangkau bagian celah sempit blok mesin, gunakan sikat gigi bekas.

  5. Diamkan beberapa saat, sampai cairan pembersih meresap pada blok mesin

    Setelah selesai mengolesi bagian blok mesin secara merata, diamkan sesaat hingga cairan pembersih meresap pada blok mesin, kurang lebih 15 menit.

  6. Kemudian, sapu blok mesin menggunakan kuas dan sikat gigi bekas

    Ketika cairan pembersih telah meresap pada blok mesin, bersihkan kotoran pada blok mesin menggunakan kuas dan sikat gigi.

  7. Bilas blok mesin menggunakan air bersih

    Untuk mendapatkan bersih secara maksimal, bilas blok mesin menggunakan air bersih yang mengalir pada selang berkekuatan tinggi, sehingga kotoran yang berada di celah sempit blok mesin terangkat

  8. Cuci kembali motor, dan lap hingga bersih

    Setelah proses pembersihan blok mesin motor selesai, cuci ulang kembali motor, dan lap menggunakan kanebo.

  9. Tambahkan metal polish / autosol pada blok mesin

    Agar blok mesin motor terlihat lebih kinclong, Anda dapat mengoleskan metal polish pada bagian blok mesin.

Advertisements

Sebagai informasi tambahan, membersihkan mesin motor menggunakan cairan pembersih WC (Vixal) harus sangat berhati – hati. Hal ini dikarenakan cairan tersebut mengandung amonia rendah yang bersifat asam dan dapat membuat besi berkarat.

Oleh karena itu, Anda memerlukan sabun sebagai penetralnya, karena sabun bersifat basa. Namun, proses penyabunannya harus dilakukan secara merata, agar besi / alumunium tidak berkarat.

Bagaimana Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Berkarat?

Cairan pembersih yang terbuat dari campuran sabun cuci piring dan bensin, hanya mampu untuk membersihkan kotoran berupa debu dan minyak. Padahal kotoran yang menempel pada blok mesin bisa saja berasal dari rembesan oli, sehingga menimbulkan adanya kerak dan karat.

Kotoran atau kerak yang menempel membandel pada mesin motor diakibatkan karena efek panas pada mesin. Namun, untuk membersihkan blok mesin dari kerak dan karat tersebut, Anda dapat menggunakan amplas halus 100 dan 400.

Hal pertama yang dilakukan, saat membersihkan kerak dan karat pada blok mesin, yaitu gunakan amplas 100 terlebih dahulu untuk menggosok bagian yang berkarat / berkerak secara perlahan. Apabila sulit untuk dihilangkan, gunakan amplas yang lebih kasar (amplas 400).

Saat menggosok amplas usahakan secara perlahan, jangan sampai terkena bagian permukaan blok mesin. Hal ini bertujuan, untuk menghindari adanya goresan yang dapat mengurangi tampilan blok mesin.

Pentingnya Bersihkan Blok Mesin Motor

Advertisements

Kotoran seperti pasir dan kerikil dapat menimbulkan kerak pada mesin bagian luar. Namun, jika terjadi kebocoran oli pada blok mesin dapat membuat kotoran halus masuk ke dalam mesin. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada kinerja motor.

Jika kotoran tersebut masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli, maka menimbulkan baret komponen lain, seperti dinding blok silinder hingga pistonnya, dan paling bahaya apabila masuk ke ruang gear transmisi, karena dapat terjadi turun mesin.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu rutin dalam mengecek dan membersihkan area blok mesin untuk menhindari kerusakan yang fatal dan dapat merugikan Anda sendiri.