Advertisements

Biaya Turun Mesin Beat dan Penyebab Nya

Advertisements

Biaya turun mesin Beat – Turun mesin Beat merupakan kondisi di mana ada kerusakan komponen di dalam mesin, sehingga mengharuskan mesin Beat harus dicopot dari sasis motor dan dibongkar untuk memperbaiki kerusakannya. Turun mesin Beat ini memerlukan biaya yang cukup mahal.

Lalu berapa biaya turun mesin Beat?

Biaya jasa turun mesin Beat di Ahass adalah Rp. 300.000, dan biaya ganti spare part Beat di Ahass adalah Rp. 735.000. Sedangkan biaya jasa turun mesin Beat di bengkel umum adalah Rp. 100.000 – Rp. 250.000 dan biaya ganti spare part Beat di bengkel umum adalah Rp. 795.000.

Untuk mengetahui rincian biaya dan apa penyebab turun mesin Beat FI dan Beat Karbu secara lengkap, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Biaya Turun Mesin Beat

Berikut ini biaya turun mesin Honda Beat Fi dan Beat Karbu di beberapa tempat:

Biaya Turun Mesin Beat FI dan Beat Karbu di Ahass

Spare PartHarga
Jasa servis turun mesinRp. 300.000
Ring PistonRp. 55.000
Ganti OliRp. 45.000
KorterRp. 55.000
1 set seal CVTRp. 45.000
Gasket Top SetRp. 80.000
Skir KlepRp. 50.000
Rocker ArmRp. 125.000
Noken AsRp. 280.000
Connecting RodRp. 200.000
Bearing Kruk AsRp. 110.000
Advertisements

Biaya Turun Mesin Beat FI dan Beat Karbu di Bengkel Umum

Spare PartHarga
Jasa servis turun mesinRp. 100.000 – Rp. 250.000
Ring PistonRp. 100.000
Ganti OliRp. 50.000
Gasket Top SetRp. 25.000
Lem GasketRp. 10.000
KorterRp. 55.000
1 set seal CVTRp. 35.000
Skir KlepRp. 50.000
Rocker ArmRp. 170.000
Noken AsRp. 300.000
Connecting RodRp. 230.000
Bearing Kruk AsRp. 110.000

Nb: biaya tersebut bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kerusakan sparepart Beat.

Biaya Turun Mesin Beat FI dan Beat Karbu di Rumah

Jika Anda ingin biaya turun mesin Beat Fi dan Beat Karbu lebih murah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Ongkos yang Anda keluarkan lebih sedikit karena menyesuaikan dengan sparepart mana yang harus diganti.

Berikut ini rincian biaya turun mesin sendiri di rumah:

Spare PartHarga
Ring PistonRp. 100.000
Ganti OliRp. 50.000
Gasket Top SetRp. 25.000
Lem GasketRp. 10.000
KorterRp. 55.000
1 set seal CVTRp. 35.000
Skir KlepRp. 50.000
Rocker ArmRp. 170.000
Noken AsRp. 300.000
Connecting RodRp. 230.000
Bearing Kruk AsRp. 110.000

Nb: biaya tersebut bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kerusakan spare part Beat.

Untuk Anda yang ingin melakukan pembelian ring piston, Anda dapat mengecek harga sekaligus melakukan pemesanan ring piston via shopee. Tean tombol di bawah ini untuk pengecekan harganya sekaligus dengan gratis ongkir yang tersedia.

Advertisements

Penyebab Turun Mesin Beat

Jika tidak dilakukan pemeriksaan secara berkala, komponen mesin pada motor Beat Anda bisa saja mengalami kerusakan. Jika kerusakan pada mesin Beat sudah parah, maka resiko terburuknya adalah motor Beat Anda harus diganti mesinnya.

Berikut ini beberapa penyebab turun mesin pada Honda Beat FI dan Beat Karbu:

Motor Beat sering terkena banjir

Jika Anda hidup di kota besar yang sering banjir, maka hal tersebut bisa membuat mesin Beat sering terendam air. Akibatnya, air dan kotoran bisa masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan pelumas Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan karat dan lama kelamaan stang piston akan bengkok.

Tidak melakukan servis rutin pada motor Beat

Jika motor Beat FI dan Beat Karbu Anda tidak dilakukan pengecekan servis secara berkala, maka Anda tidak akan mengetahui komponen mana yang perlu diperbaiki. Karena jika kerusakan pada komponenn mesin dibiarkan, maka kemungkinan terburuknya Beat Anda harus turun mesin.

Sering terlambat mengganti Oli Beat

Oli merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi penting pada motor baik Beat FI dan Beat Karbu yang Anda miliki. Jika Anda jarang mengganti oli Beat Anda, gesekan pada mesin bisa terjadi dengan keras dan membuat suhu mesin menjadi lebih panas.

Tidak pernah ganti air radiator pada motor Beat

Air radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin motor Beat saat sedang bekerja. Jika air radiator habis, maka mesin Beat bisa mengalami overheating (panas yang berlebihan). Oleh sebab itu, lakukan penggantian air radiator pada servis rutinan.

Tips Merawat Mesin Beat Setelah Turun Mesin

Merubah pola berkendara

Setelah dilakukan penggantian mesin, sebaiknya Anda merubah kebiasaan negatif Anda dalam mengemudikan motor Beat Anda. Selalu stabilkan tarikan gas Anda dengan cara digas perlahan dan lembut.

Dengan mengguankan motor Beat Anda secara hati-hati, maka dapat membantu merawat mesin motor Beat menjadi lebih awet serta akan meminimalisir kerusakan pada motor Beat Anda.

Lakukan servis secara rutin pada motor Beat

Setelah turun mesin, lakukan servis rutinan di bengkel setiap 500 – 1000 km pertama setelah turun mesin. Hal tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada beberapa komponen mesin yang mungkin terjadi setelah turun mesin.

Servis secara berkala contohnya bisa dengan memeriksa kondisi filter udara ataupun mengganti oli Beat secara rutin. Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan servis di bengkel.

Jika Anda ingin melakukan turun mesin, Anda dapat membeli ring piston terlebih dahulu via Shopee. Dengan membeli ring piston via Shopee, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah disertai dengan gratis ongkir.

Untuk rekomendasi toko yang menjual ring piston via Shopee, Anda dapat mengeceknya melalui tombol berikut.

Advertisements

Menggunakan oli dan bahan bakar Beat yang tepat

Untuk menjaga kondisi motor Beat Anda, gunakanlah oli dan bahan bakar yang tepat untuk motor Beat Anda. Karena setiap tipe kendaraan menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang berbeda-beda.

Anda bisa gunakan oli AHM MPX yang cocok karena memiliki tingat kekentalan yang sesuai standard motor Beat. Sedangkan untuk bahan bakar Beat, Anda bisa menggunakan bensin Pertamax yang memiliki kualitas terbaik.

Jika ingin mengetahui rekomendasi oli beat terbaik ataupun seputar biaya ganti oli beat secara lebih detail, Anda dapat menuju ke laman Biaya Ganti Oli Beat.

Tak hanya mesin, Anda juga harus memperhatikan surat kendaraan beat, yaitu dengan cara

– membayar pajak motor beat secara tepat waktu

– melakukan balik nama beat, setelah melakukan pembelian beat bekas

Nb. Sebelum melakukan pembelian beat bekas, pastikan nomor rangka dan nomor mesin yang ada di kendaraan dengan yang ada di surat sama. Untuk itu Anda perlu mengetahui lebih dahulu, dimana letak nomor rangka dan nomor mesin beat.