Advertisements

Biaya Ganti Seher Beat dan Penyebab Rusak Nya

Advertisements
seher beat
seher beat

Biaya Ganti Seher Beat – Seher atau piston memiliki fungsi utama menerima tekanan pembakaran dan meneruskan ke connecting rod untuk menghasilkan tenaga mesin. Jika terjadi kerusakan pada piston otomatis laju motor anda akan terganggu.

Lalu berapa biaya ganti seher Beat? Biaya ganti seher beat adalah sebesar Rp. 300.000 di bengkel resmi Ahass dan Rp. 150.000 – Rp. 300.000 di bengkel umum, biaya merupakan biaya jasa belum termasuk harga seher baru.

Untuk informasi selengkapnya mengenai biaya ganti seher Beat silahkan simak artikel berikut ini.

Daftar Isi :

  • Biaya Ganti Seher Beat
  • Harga Seher Beat
  • Penyebab Seher Beat Rusak
Advertisements

Biaya Ganti Seher Beat

Biaya penggantian seher terbilang cukup mahal, hal ini karena posisi seher yang berada di bagian mesin utama, sehingga untuk perbaikannya memerlukan proses turun mesin.

Biaya ganti seher Beat berbeda antara satu bengkel dengan bengkel lainnya tergantung dimana anda melakukan servis ganti seher.

Berikut ini kami sajikan daftar biaya ganti seher Beat :

Biaya Ganti Seher Beat di Bengkel Resmi Ahass

berikut ini adalah biaya ganti seher Beat di bengkel resmi Honda Ahass

Jasa ServiceBiaya
Ganti Seher BeatRp. 300.000

Biaya jasa service ini berlaku sama untuk semua jenis Beat, baik Beat Karbu,  eSP, FI maupun Beat Street.

Biaya Ganti Seher Beat di Bengkel Umum

Selain di bengkel resmi anda juga bisa melakukan penggantian seher di bengkel umum dengan harga yang biasanya lebih murah. Namun biaya servis setiap bengkel umum bisa berbeda, tergantung ketentuan bengkel tersebut,

Berikut ini adalah estimasi biaya ganti seher Beat di bengkel umum

Advertisements
Jasa ServiceBiaya
Ganti Seher BeatRp. 100.000 – Rp. 300.000

Perlu diingat bahwa biaya ini juga belum termasuk harga seher Beat yang baru.

Harga Seher Beat

Seher Beat umumnya dijual sebagai sparepart satuan atau dalam satu set kit dengan ring piston dan pin Piston. Harga seher Beat dapat berbeda-beda tergantung tipe motor dan ukuran seher yang digunakan.

Berikut ini daftar harga Seher Beat :

Harga Seher Beat Ori Honda Genuine Part

Berikut daftar harga Seher  standar Beat Original Honda Genuine Part :

Tipe Beatkode PartHarga Seher
New Beat Sporty eSP dan New Beat POP eSP13101K81P00Rp. 65.000
Beat FI13101KZLC30Rp. 55.000
Beat FI (Piston Kit)131A1KZL305Rp. 108.500
Beat eSP New13101K81N00Rp. 71.000
Beat Karbu13101K0JP00Rp. 73.000
Beat Karbu (Piston kit)131A1KVY960Rp. 119.000
Advertisements

Harga Seher Beat Merk Lain

Selain produk original Seher Beat juga bisa diganti dengan merk lain dengan ukuran standar yang sama. Sedangkan dari segi harga tergantung pada merk seher yang anda pilih.

berikut ini list harga  beberapa merk rekomendasi untuk Seher Beat :

Merk SeherHarga
NPP Piston Kit Beat FIRp. 83.000
FIM Piston Kit Beat eSPRp. 135.000
ITI Piston Kit Beat KarbuRp. 58.500
Aspira Piston Kit Beat AspiraRp. 90.000

Jika anda sedang mencari Seher Beat original anda bisa membelinya melalui  toko otomotif terverifikasi dii Shopee, selain itu anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon yang sedang berlaku. Silahkan klik tombol dibawah ini untuk cek harga seher di Shopee :

Penyebab Seher Beat Rusak

Seher atau Piston disarankan untuk diganti setiap jarak tempuh mencapai 50.000 km atau 5 tahun. karena pada masa itu kondisi piston sudah kurang prima dan sudah aus.

Namun selain masa pemakaian maksimal, piston juga bisa mengalami kerusakan dini yang diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah :

Bahan Bakar Oktan Rendah

Bahan bakar dengan oktan rendah bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan terjadinya ledakan dini pada ruang pembakaran yang bisa merusak piston sehingga menyebabkan mesin ngelitik (knocking)

Menggunakan Seher Tidak Sesuai Standar

Menggunakan seher yang tidak sesuai standar sering dilakukan untuk mendapatkan performa motor yang lebih tinggi. Namun penggunaan seher yang berbeda dari ukuran standar bisa menyebabkan benturan antara piston dan klep motor yang bisa merusak piston.

Telat mengganti oli

Kualitas oli dapat menurun seiring dengan waktu sehingga, penggantian oli secara rutin diperlukan untuk menjaga komponen dapat bekerja secara optimal, terutama komponen yang bergerak dinamis seperti Seher.

Selain itu kulaitas oli juga harus disesuaikan dengan kendaraan anda, jangan hanya karena tergiur harga anda memilih kualitas oli yang rendah.