Advertisements

Biaya Ganti Oli Yamaha dan Rekomendasi Merek Oli yang Bagus

Advertisements

Biaya Ganti Oli Yamaha – Untuk menjaga kualitas mesin, pemilik motor Yamaha perlu melakukan ganti oli Yamaha secara rutin. Karena jika oli tidak diganti sesuai jadwal, maka bisa menyebabkan performa mesin motor Yamaha akan menurun.

Berapa biaya ganti oli Yamaha? Biaya ganti oli Yamaha di bengkel resmi Yamaha adalah gratis untuk 4x servis pertama, kemudian dikenakan biaya Rp. 15.000 untuk servis berikutnya. Biaya ganti oli Yamaha di Bengkel umum adalah Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Biaya tersebut belum termasuk harga oli sekitar Rp. 30.000 – Rp. 100.000

Berikut ini beberapa pokok bahasan tentang ganti oli Yamaha yang kami bahas pada artikel ini.

Advertisements

Daftar Biaya Ganti Oli Yamaha

Berikut ini adalah daftar biaya ganti oli Yamaha di beberapa tempat:

Biaya Ganti Oli Yamaha di Bengkel Resmi Yamaha

Biaya servis ganti oli untuk Yamaha motor baru akan mendapatkan 4x gratis biaya servis ganti oli, atau saat jumlah km mencapai 8000 km. Sedangkan untuk servis ke 5 dan seterusnya, ganti oli Yamaha akan dikenakan biaya.

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli Yamaha motor baruGratis
Servis ganti oli Yamaha jarak tempuh di atas 8000 kmRp. 15.000

Biaya Ganti Oli Yamaha di Bengkel Umum

Selain bengkel resmi, ganti oli Yamaha juga bisa dilakukan di bengkel umum. Berikut ini biaya ganti oli Yamaha di bengkel umum:

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli YamahaRp. 10.000 – Rp. 20.000

Biaya Ganti Oli Yamaha di Planet Ban

Ganti oli di Planet Ban akan dikenakan biaya jasa servis ganti oli. Biaya ganti oli Yamaha di Planet Ban adalah Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Biaya tersebut belum termasuk harga oli Yamaha.

Jasa ServisBiaya
Servis ganti oli YamahaRp. 10.000 – Rp. 15.000

Jika ingin membeli oli Yamaha berkualitas baik namun dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membelinya di aplikasi Shopee. Ada juga gratis ongkir untuk pembelian oli Yamaha di Shopee.

Advertisements

Biaya Ganti Oli Sendiri

Jika ingin lebih murah, Anda bisa ganti oli motor Yamaha sendiri di rumah. Tentunya biaya yang dikeluarkan hanya mencakup biaya pembelian olinya saja. Namun jika ganti oli sendiri, Anda tidak akan mendapatkan layanan cek kerusakan sparepart Yamaha Anda seperti di bengkel resmi Yamaha.

Rekomendasi Oli Yamaha Terbaik

Motor Yamaha dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Yamaha matic dan Yamaha Transmisi Manual. Berikut ini beberapa rekomendasi oli terbaik untuk motor Yamaha sesuai dengan tipe transmisinya.

Oli terbaik untuk Yamaha Matic

Top 1 Oil Action Matic SAE 10W-40 (Rp. 57.200)

Oli ini sangat cocok digunakan untuk jenis motor matic. Kelebihan oli ini adalah masa pakainya yang cukup lama karena kadar sintetisnya yang tinggi sehingga tidak mudah menguap. Selain itu, oli ini juga sudah teruji tahan panas.

Oli ini cocok digunakan untuk Mio J, Mio GT, Mio Soul, Nmaz, Xmax, Lexi, dan Aerox.

Yamalube Matic Motor Oil SAE 20W-40 (Rp. 42.500)

Oli ini diformulasikan untuk motor Yamaha 4 tak generasi pertama seperti Yamaha Mio, Fino, dan Xride. Oli ini mampu menjaga mesin Yamaha matic menjadi lebih tahan lama serta tahan karat.

Advertisements

Amsoil Scooter 10W-40 (Rp. 113.000)

Amsoil Scooter ini salah satu oli untuk motor Yamaha matic yang harganya yang cukup mahal. Namun, oli ini memiliki kandungan yang bisa membuat performa mesin Yamaha tetap bagus. Kelebihan lainnya adalah oli ini tidak mudah menguap dan memiliki tingkat kekentalan yang konsisten sehingga lebih awet.

Oli Terbaik untuk Yamaha Transmisi Manual

Castrol Activ 2T Low Smoke (Rp. 32.000)

Kotoran yang menggumpal di bagian ujung busi motor Yamaha akan membuat motor sulit dihidupkan. Oleh sebab itu, gunakan oli yang tepat agar kinerja mesin tidak terganggu. Salah satu oli yang diklaim mampu memberikan perlindungan terhadap busi motor Yamaha adalah Castrol Actic Low Smoke in.

Oli ini cocok digunakan untuk motor Yamaha 2 tak seperti RX King, Yamaha F1ZR, dan Yamaha TZM 150.

Top 1 MC 10W-40 (Rp. 48.500)

Oli ini mampu menjaga tarikan mesin hingga waktu yang lama, sehingga mesin akan terasa ringan dan halus saat motor dikendarai.

Oli sangat direkomendasikan untuk motor Yamaha seperti Jupiter Z1 dan juga Yamaha Xeon.

Yamalube XP-50 20 W-50 (Rp. 31.000)

Yamaha merilis oli yang dikhususkan untuk motor bebek Yamaha zaman dulu seperti Vega Series dan Jupiter Series untuk produksi tahun 2010 ke bawah.

Oli ini mampu membuat suara mesin lebih halus sehingga akan cocok digunakan untuk jenis motor yang berusia tua seperti Mio GT

Untuk mendapatkan oli Yamaha yang murah dan berkualitas baik, Anda bisa melihat produknya di Shopee. Anda juga bisa mendapatkan gratis ongkir untuk pembelian oli Yamaha di Shopee.

Oli yang Tidak Cocok untuk Yamaha

Penggunaan oli disetiap tipe motor Yamaha berbeda-beda, ada yang membutuhkan oli encer dan ada juga yang membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Sebagai contoh motor Yamaha produksi tahun 2010 ke bawah seperti RX-King tidak akan cocok menggunakan oli encer.

Kenapa demikian?

Karena komponen mesin pada motor Yamaha usia tua sudah longgar, serta celah-celah di setiap susunan kompinen mesin mengalami perubahan. Sehingga pemakaian oli encer tidak direkomendasikan digunakan untuk Yamaha yang sudah berumur.

Sebaliknya, Yamaha produksi tahun baru tidak disarankan untuk menggunakan oli yang kental. Karena motor Yamaha keluaran terbaru memiliki komponen mesin yang lebih modern sehingga membutuhkan oli dengan kadar sintetis yang tinggi yang biasanya ada pada oli yang encer.

Waktu Terbaik Ganti Oli Yamaha

Pemilik motor Yamaha perlu mengetahui kapan waktu ganti oli Yamaha yang tepat. Sesuai dengan buku panduan Yamaha, mengganti oli motor Yamaha dilakukan setiap jarak tempuh mencapai 4000 km, atau setiap 4 bulan sekali.

Namun Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain, seperti waktu pemakaian dan juga kondisi jalanan yang sering Anda lewati. Kondisi jalan yang rusak dan menanjak akan membuat mesin bekerja lebih berat, sehingga penggunaan oli bisa lebih boros.

Jika pada kondisi tersebut, sebaiknya Anda ganti oli Yamaha pada saat jarak tempuh mencapai 2000 km. Apalagi jenis motor yang terkenal boros seperti Yamaha Vixion ataupun Nmax.

Sementara untuk oli gardan Yamaha diganti setiap jarak tempuh mencapai 8000 km, atau setiap dua kali ganti oli mesin Yamaha.