Advertisements

Biaya Ganti Oli Vario dan Rekomendasi Merek Oli yang Bagus

Advertisements

Biaya ganti oli Vario – Untuk menjaga performa mesin Vario tetap baik, Anda harus melakukan penggantian oli Vario pada periode tertentu. Penggantian Oli Vario bisa dilakukan di bengkel resmi seperti AHASS ataupun bengkel umum lainnya dengan biaya yang tentunya bervariasi. baik vario 125 maupun vario 150 memiliki biaya yang sama.

Lalu berapa biaya ganti oli Vario? Biaya ganti oli Vario tergantung pada jenis oli dan bengkelnya. Namun pada umumnya, biaya ganti oli Vario di AHASS adalah gratis, dan biaya ganti oli di bengkel umum dan Planet Ban adalah Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Sedangkan untuk harga oli Vario adalah Rp. 30.000 – Rp. 45.000.

Jika ingin mengetahui biaya servis ganti oli secara lengkap, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

Advertisements

Daftar Biaya Ganti Oli Vario 125 & 150

Penggantian oli mesin Vario bisa dilakukan di beberapa tempat baik melalui bengkel resmi AHASS, bengkel umum, ataupun menggantinya sendiri di rumah. Perbedaan lokasi penggantian oli Vario tersebut tentu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.

Berikut ini beberapa rincian biaya ganti Oli Vario:

Biaya Ganti Oli Vario di AHASS

Untuk biaya pergantian oli kendaraan vario di Ahass tidak dikenakan biaya (gratis). Anda hanya perlu membayar olinya saja di Ahass yang Anda tuju.

Biaya Ganti Oli Vario di Bengkel Umum

Penggantian oli Vario di bengkel tidak resmi biasanya ada yang dilakukan secara gratis ataupun berbayar. Namun pada umumnya, biaya servis ganti oli Vario di bengkel umum sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

Jasa ServisBiaya
Biaya servis ganti oliRp. 10.000 – Rp. 15.000

Biaya Ganti Oli Vario di Planet Ban

Selain jenis oli, kapasitas mesin juga berpengaruh pada penentuan biaya

Jasa ServisBiaya
Biaya servis ganti oliRp. 10.000 – Rp. 20.000

Untuk pembelian oli Vario dengan harga yang murah bisa Anda lakukan di Shoppe. Ada juga voucher gratis ongkir melalui aplikasi Shoppe. Silahkan klik link di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Biaya Ganti Oli Sendiri

Untuk ganti oli Vario sendiri, Anda cukup mengeluarkan biaya pembelian oli sendiri sebesar Rp. 45.000. Namun untuk penggantian oli Vario sendiri di rumah, Anda harus memahami bagaimana cara mengganti oli Vario yang benar.

Oli Vario Terbaik

Pihak bengkel biasanya sudah merekomendasikan merek oli yang cocok untuk motor Vario Anda. Karena pemilihan jenis oli juga disesuaikan dengan tipe motor tersebut.

Merek Oli terbaik untuk Vario

Oli Motul Scooter 4T LTE

Oli ini merupakan salah satu merek oli yang paling banyak penggunanya. Kualitas oli Motul ini sangat bagus untuk Vario karena sudah memiliki spesifikasi SAE : 10W – 30 dan JASO MB yang sangat sesuai dengan standar oli untuk motor matyc.

Oli Motul Scooter 4T LTE dijual dengan harga Rp. 60.000 – Rp. 75.000.

Top 1 Evolution Matic

Selanjutnya, oli Top 1 Evolution Matic juga menjadi salah satu oli kualitas premium yang bagus digunakan untuk Vario. Oli ini sudah memiliki  kandungan Ester yang berfungsi untuk membuat mesin awet dan irit bahan bakar.

Oli Top 1 Evolution ini dijual dengan harga Rp. 100.000 – Rp. 120.000.

Oli Vario murah namun berkualitas bagus

Oli MPX2

Rekomendasi merek oli terbaik lainnya untuk Vario adalah Oli MPX 2. Oli MPX 2 memiliki kandungan yang dikhususkan oleh Honda R&D Jepang untuk memberikan perlindungan kepada mesin motor matyc seperti motor Vario dengan baik.

Oli MPX 2 juga berfungsi menstabilkan suhu mesin Vario dan mengurangi penguapan sehingga mesin motor Vario akan lebih mudah dihidupkan. Selain itu, penggunaan oli MPX 2 membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, sehingga cocok digunakan oleh Vario terutama kapasitas mesin 150 cc.

Advertisements

Oli Respol Matic 10 W – 4T

Jika Anda ingin mencari oli Vario dengan harga yang murah dengan kualitas yang bagus, Anda bisa memilih Oli Respol Matic 10 W – 30 4T.

Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang sesuai dengan standar Honda terutama motor Vario terutama Vario 150 cc, sehingga mampu membuat tarikan mesin menjadi terasa maksimal. Selain itu, oli Respol Matic 10 W – 30 4T ini memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 35.000.

AHM Oil SPX 2

Selain itu, oli terbaik lainnya untuk Vario adalah AHM Oil SPX 2. Oli ini diproduksi oleh Honda yang dikhususkan untuk motor matyc buatannya, salah satunya Vario. Oli ini juga merupakan produk pengembangan R&D Honda Jepang yang sudah memiliki teknologi Fully Syntetic sehingga bagus untuk motor matyc.

AHM Oil SPX 2 dijual dengan harga Rp. 50.000.

Jenis Oli yang tidak bagus untuk Vario

Pada dasarnya semua jenis oli memiliki manfaatnya masing-masing sesuai dengan jenis mesin motor tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pemilihan oli Vario Anda. Karena jika salah memilih oli, maka dapat menyebabkan rusaknya mesin Vario Anda.

Jenis oli mesin yang tidak direkomendasikan untuk motor Vario adalah oli dengan SAE 20 W – 50. Hal tersebut karena oli jenis ini dapat membuat tarikan mesin motor Vario menjadi lebih berat, sehingga tidak cocok digunakan untuk mesin Vario.

Pembelian oli Vario dengan berbagai macam merek bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi Shoppe dan mendapatkan voucher gratir ongkir. Silahkan tekan link di bawah ini untuk membeli oli Vario di Shopee.

Waktu Penggantian Oli Vario yang Tepat

Penggantian oli Vario yang tepat dilakukan setiap 2000 – 3000 Km atau setiap 2 – 3 bulan sekali. Sedangkan untuk oli transmisi motor atau oli gardam dilakukan setiap 5000 km. Karena jika oli Vario terlambat diganti, maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin Vario.

Jika mesin mengalami kerusakan, maka secara otomatis Anda akan mengeluarkan biaya servis yang lebih besar lagi.

Selain biaya ganti oli, ada lagi biaya lain seperti

Jangan lupa waktu balik nama, cek juga letak nomor rangka vario