Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Yaris dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Yaris – Toyota Yaris merupakan jenis mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota. Dari segi bahan bakar, konsumsi bbm Toyota Yaris dikenal yang paling irit diantara jenis mobil hatchback lainnya seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, dan Hyundai Getz.

Berapa konsumsi bensin Yaris?

Konsumsi bensin New Yaris GR Sport adalah 13,8 km/liter, konsumsi bensin All New Yaris TDR Sportivo adalah 11,9 km/liter dan konsumsi Bensin Yaris TRD Sportivo lama (Yaris bakpao) 11,3 km/liter, nilai tersebut merupakan hasil uji saat mobil saat digunakan berkendara di dalam kota.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai konsumsi bensin Yaris, anda bisa menyimak artikel berikut :

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Yaris
  • Jenis Bensin Toyota Yaris
  • Kapasitas Tangki Toyota Yaris
  • Tanda Pompa Bensin Toyota Yaris Rusak

Konsumsi Bensin Yaris

Berikut ini adalah tabel konsumsi bahan bakar Toyota Yaris berdasarkan tipe :

Advertisements
Tipe MobilKonsumsi Bensin
New Yaris GR Sport13,8 km/liter
All New Yaris TDR Sportivo11,9 km/liter
Yaris TRD Sportivo lama (Yaris Bakpao)11,3 km/liter

Konsumsi tersebut merupakan uji konsumsi Yaris ketika digunakan untuk berkendara di rute dalam kota.

Untuk rute luar kota, konsumsi bbm New Yaris bisa mencapai 17,4 km/liter, All New Yaris TDR sportivo mencapai 14,3 km/liter dan konsumsi bensin Yaris TRD Sportivo lama atau yang sering disebut Yaris Bakpao adalah 13 km/liter.

Jenis Bensin yang sesuai Mobil Yaris

Untuk memilih bensin yang sesuai, anda perlu menyesuaikan nilai oktan bensin dengan kompresi mesin mobil. Semakin tinggi kompresi mesin, semakin tinggi nilai oktan bensin yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar pembakaran berlangsung dengan sempurna.

Toyota Yaris memiliki kompresi mesin sebesar 10,5 : 1 sehingga bensin yang direkomendasikan untuk Toyota Yaris adalah bensin dengan nilai oktan minimal 90 atau jenis Pertalite. dan untuk mendapatkan performa yang optimal disarankan menggunakan Pertamax.

Kapasitas Tangki Mobil Yaris

Advertisements

Setiap mobi memiliki kapasitas tangki yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kapasitas mesin dan dimensi mobilnya. Hal ini juga berlaku pada Toyota Yaris yang memiliki kapasitas tangki bensin tersendiri.

Berikut ini kapasitas tangki bahan bakar Toyota Yaris berdasarkan tipe :

Tipe MobilKapasitas Tangki
New Yaris GR Sport50 liter
All New Yaris TDR Sportivo42 liter
Yaris TRD Spotivo42 liter

Tanda Pompa Bensin Toyota Yaris Rusak

Pompa bensin atau fuel pump memiliki fungsi sebagai pemompa bahan bakar ke injektor agar sesuai dengan volume bahan bakar yang dibutuhkan dan menjaga tekanan bensin agar tetap tinggi.

Berikut ini adalah tanda fuel pump Toyota Yaris anda rusak :

Mobil Susah Distarter

Selain masalah pada kelistrikan aki, mobil susah distarter bisa disebabkan oleh rusaknya pompa bahan bakar. Hal ini dikarenakan pompa bensin tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke sistem bahan bakar terhambat dan tidak mencukupi. Hal ini juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada filter bensin atau fuel filter.

Suara Mesin Mobil Mendengung

Advertisements

Suara mobil mendengung bisa disebabkan oleh pompa bensin yang bermasalah. Meskipun mobil sudah bisa dinyalakan di awal namun pada pompa bensin yang rusak akan menimbulkan suara brebet saat mobil di gas serta suara mesin yang kasar.

Indikator Check Engine Terus Menyala

Salah satu tanda pompa bensin bermasalah adalah lampu indikator check engine pada dasbor yang terus menyala. Namun untuk memastika kerusakan terjadi pada pompa bensin, anda bisa melakukan tes tekanan bensin menggunakan fuel pressure gauge.

Suara Pompa Melemah

Jika saat memutar kunci ke arah ON bunyi mesin terdengar sangat lemah, tandanya fuel pump anda bermasalah. Karena suara yang terdengar pertama kali ketika mobil dihidupkan merupakan suara fuel pump.

Periksa Aliran Bensin dalam Kendaraan

Anda bisa mengecek aliran bahan bakar dengan membuka jalur suplai bahan bakar dan menghidupkan pompa bensin, dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka selang suplai
  2. Masukkan selang ke botol atau wadah untuk mencegah bensin kemana-mana
  3. Putar kunci ke posisi ON

Apabila saat memutar kunci ke posisi on bensin keluar tandanya fuel pump masih baik, jika bensin keluar tidak lancar bahkan tidak keluar sama sekali tandanya fuel pump anda bermasalah.