Konsumsi Bensin X-Trail per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin X-Trail – Jumlah konsumsi bahan bakar X-Trail berbeda – beda sesuai dengan tipenya. Dengan mengetahui jumlah konsumsi bensin X Trail, Anda dapat mengetahui seberapa irit mobil Anda. Untuk itu, di bawah ini telah kami sediakan daftar konsumsi bensin mobil X Trail dalam bentuk tabel.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin X-Trail? Konsumsi bensin X-Trail T30 adalah 6 – 7 km/liter untuk perjalanan dalam kota. Sedangkan, untuk perjalanan luar kota menggunakan mesin 2.0L memiliki konsumsi bensin sebesar 10 – 11 km/liter.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin X-Trail
  • Kapasitas Tangki Bensin Mobil X Trail
  • Perbandingan Rasio Kompresi dan Jenis BBM X-Trail
  • Cara Irit Konsumsi Bensin X-Trail
Advertisements

Konsumsi Bensin X-Trail

Selain tipe, rute perjalanan yang dilintasi mobil juga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya konsumsi bensin X Trail. Di bawah ini merupakan daftar konsumsi bensin Nissan X-Trail dalam bentuk tabel.

Tipe MobilKonsumsi Bensin
X-Trail T30 (Perjalanan dalam kota)6-7 km/liter
X-Trail T30 2.0L (Perjalanan luar kota)10  – 11 km/liter
X-Trail T31 2.0 CVT (Perjalanan dalam kota)8,26 km/liter
X-Trail T31 2.0 CVT (Perjalanan luar kota)12,1 km/liter
X-Trail 2.5 CVT (Perjalanan dalam kota)8,6 km/liter
X-Trail 2.5 CVT (Jalanan tol)14,3 km/liter

Konsumsi bensin X-Trail T31 untuk perjalanan dalam kota adalah 8,26 km/liter dan luar kota adalah 12,1 km/liter. Sedangkan untuk X-Trail 2.5 CVT perjalanan dalam kota adalah 8,6 km/liter dan jalanan tol adalah 14,3 km/liter.

Advertisements

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa konsumsi bensin teririt mobil ini yaitu tipe X-Trail T30.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil X Trail

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, jumlah kapasitas tangki bensin yang dimiliki mobil X-Trail generasi pertama dengan generasi selanjutnya berbeda. Berikut penjelasannya.

Tipe MobilKapasitas Tangki Bensin
X-Trail T30 (Generasi Pertama)60 liter
X-Trail T31 (Generasi Kedua)65 liter
All New X-Trail T3265 liter

Perbandingan Rasio Kompresi dan Jenis BBM XTrail

Salah satu cara menentukan jenis bahan bakar apa yang cocok untuk mobil X Trail yaitu menyesuaikannya dengan rasio kompresi. Apa itu rasio kompresi?

Rasio kompresi merupakan perbandingan volume silinder pada saat piston berada di titik tertinggi dan terendah. Semakin tinggi angka perbandingan kompresi, maka semakin besar jumlah bahan bakar yang diperlukan.

Salah satu tujuan suatu pembuatan mesin dengan kompresi tinggi yaitu menurunkan emisi dan meningkatkan tingkat keiritan bahan bakar.

Untuk membuat mesin kompresi tinggi memiliki  performa optimal memerlukan jenis bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Namun, tidak semua kendaraan bermotor harus menggunakan bahan bakar nilai oktan yang tinggi.

Berikut daftar rasio kompresi dan jenis BBM X-Trail.

Advertisements
Tipe MobilRasio KompresiJenis BBM
X-Trail 2.0 CVT10 : 1Pertamax
X-Trail 2.0 M/T10,1 : 1Pertamax Plus
X-Trail 2.0L9,9 : 1Pertamax
X-Trail ST 2.5 CVT9,6 : 1Pertamax
X-Trail XT 2.5 CVT9,6 : 1Pertamax
X-Trail X-Treamer 2.5 CVT9,6 : 1Pertamax

Cara Buka Tutup Tangki Bensin Mobil X-Trail

Biasanya di bagian bawah dashboard sisi kanan terdapat tuas untuk membuka tutup tangki bensin. Namun, pada mobil X-Trail tahun 2012, Anda tidak menemukan tuas tersebut. Lalu bagaimana cara buka tutup bensin XTrail?

Berikut cara buka tutup tangki bensin mobil X-Trail tahun 2012.

  1. Pastikan mobil dalam kondisi unlock (tidak terkunci)
  2. Kemudian, tekan bagian kanan plat penutup tangki bensin.

Catatan : Lokasi plat penutup tangki bensin X-Trail 2012 berada di sisi kanan mobil

Tips Agar Irit Bensin Nissan X-Trail

Terdapat beberapa cara untuk mengirit jumlah konsumsi bensin mobil X-Trail, antara lain :

Lakukan pembersihan filter bensin yang kotor

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk pada aliran mesin. Apabila pada filter bensin terjadi penumpukan kotoran, maka dapat menghambat aliran bensin, dan putaran mesin menjadi tidak sempurna.

Pilih bahan bakar sesuai rasio kompresi

Saat melakukan pengisian bahan bakar, pilih jenis BBM sesuai dengan rasio kompresi mesin mobil. Jika Anda mengisi bensin dengan oktan yang lebih tinggi dari semestinya, hanya akan menambah biaya pengeluaran.

Bersihkan komponen karburator / Throttlr Body Injector

Komponen ini berfungsi sebagai pencampur antara bensin yang masuk dengan udara dalam mesin. Apabila pada saluran tersebut terjadi sumbatan, dapat membuat debit aliran bensin ke ruang pembakaran menjadi terganggu.

Jika sbelum tiba jadwal servis mobil, tetapi Anda telah merasakan adanya tidak kenyamanan saat berkendara, Anda dapat melakukan pengecekan, serta pembersihan pada saluran bahan bakar di bengkel.

Lakukan servis lubang nosel injektor

Pada mesin diesel, nosel injector berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar yang mendapatkan tekanan dari pompa injeksi di dalam ruang pembakaran.

Salah satu hal yang dapat membuat lubang nosel tersumbat, yaitu pengisian bahan bakar dengan kualitas di bawah rekomendasi pabrik. Untuk memperbaiki hal tersebut, segera lakukan pembersihan di bengkel profesional.

Namun, jika kerusakan sangat parah, terpaksa Anda harus melakukan penggantian. Biasanya untuk harga Nozzle Injector X-Trail 2.5 T31 sekitar Rp. 500.000.