Advertisements

Konsumsi Bensin Xpander dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Xpander – Mobil yang memiliki kapasitas muat dan body yang besar ini termasuk jenis mobil yang irit bahan bakar. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan mobil Xpander.

Lantas berapa konsumsi bensin Xpander? Konsumsi bensin Xpander Ultimae CVT adalah 12 km/liter, konsumsi bensin Xpander Sport CVT adalah 15 km/liter, konsumsi bensin Xpander Exceed CVT adalah 18,7 km/liter. Lalu konsumsi bensin Xpander Exceed MT, GLS CVT, GLS MT adalah 18 km/liter.

Jika Anda mencari info lengkap tentang bensin Xpander, silahkan untuk melihat pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bahan Bakar Mitsubishi Xpander Tiap Liter
  • Kapasitas Tangki Beserta Jenis Bahan Bakar untuk Mobil Xpander
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Mobil Xpander dengan Mobil Sekelasnya
  • Efek Buruk Bagi Kendaraan Mobil Xpander Habis Bensin

Konsumsi Bensin Xpander Tiap Liter

Mobil Mitsubishi Xpander hadir di tengah masyarakat dengan 7 tipe mobil dengan keiritan bensin yang berbeda. Berikut konsumsi bensin Xpander setiap tipe dalam bentuk tabel:

Advertisements
Tipe XpanderKonsumsi Bensin
Mitsubishi Xpander Ultimate CVT12 km/liter
Mitsubishi Xpander Sport CVT15 km/liter
Mitsubishi Xpander Sport MT15 km/liter
Mitsubishi Xpander Exceed CVT18,7 km/liter
Mitsubishi Xpander Exceed MT18 km/liter
Mitsubishi Xpander GLS CVT18 km/liter
Mitsubishi Xpander GLS MT18 km/liter

Hasil di atas didapat dari melakukan uji penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Meski demikian Anda juga dapat melihat pada cluster pada mobil yang bisa menampilkan beberapa fungsi, salah satunya adalah konsumsi BBM.

Kapasitas Tangki Beserta Jenis Bahan Bakar untuk Mobil Xpander

Pengetahuan tentang kapasitas tangki, komponen mesin, dan jenis bahan bakar sangat diperlukan dalam rangka merawat mesin kendaraan Anda. Hal ini agar pemilik kendaraan memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawat mobilnya.

Kapasitas tangki dan juga jenis bahan bakar yang dapat digunakan pada mobil Xpander adalah sebagai berikut:

Kapasitas Tangki Mobil Mitsubishi Xpander

Advertisements

Meski mempunyai beberapa varian tipe mobil yang ada dipasaran. Namun keseluruhan tipe mobilnya memiliki kapasitas tangki yang sama, yaitu 45 L. Kapasitas ini termasuk kapasitas standar untuk tangki mobil

Jenis Bahan Bakar untuk Mobil Mitsubishi Xpander

Mobil Xpander yang diproduksi oleh pabrikan Mitsubishi ini dirancang dengan menggunakan rasio mesin sebesar 10,5 :1. Oleh sebab itu sebagai pemilik kendaraan Anda harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi tersebut.

Maka dari itu mobil Xpander disarankan untuk memakai bensin dengan kadar oktan sebesar 92, yaitu Pertamax (RON 92).

Sedangkan jika menggunakan bensin seperti Pertalite dengan nilai oktan yang lebih rendah, yaitu 90. Hal ini tidak akan mampu untuk membuat mobil Xpander bekerja dengan maksimal. Sedangkan dari segi mesin juga akan memberikan pengaruh yang buruk.

Perbandingan Konsumsi Bensin Xpander dengan Mobil Sekelasnya

Mobil Mitsubishi Xpander dipasaran banyak dibandingkan dengan mobil Toyota Veloz Q CVT TSS. Hal dikarenakan mobil tersebut berada dikelasnya yang sama dengan salah satu tipe mobil Xpander, yaitu Mitsubishi Xpander GLS CVT.

Dapat dipastikan bahwa mobil tersebut keduanya mempunyai mesin dengan kapasitas yang sama, yaitu 4 tak. Sedangkan dari segi trasmisi keduanya sama-sama menggunakan jenis transmisi CVT.

Lantas siapakah yang paling irit antara mobil Mitsubishi Xpander GLS CVT dan Toyota Veloz Q CVT TSS?

Anda bisa menemukan jawabannya dengan melihat pada tabel perbandingan berikut:

Jenis MobilKonsumsi Bahan Bakar
Mitsubishi Xpander GLS CVT18 km/liter
Toyota Veloz Q CVT TSS15,1 km/liter
Advertisements

Berdasarkan data yang telah disebutkan diatas maka Anda bisa melihat Mitsubishi Xpander GLS CVT memiliki tingkat keiritan yang lebih tinggi dari pada Toyota Veloz Q CVT TSS. Semakin tinggi jarak yang bisa ditempuh hal ini menunjukkan mobil semakin irit.

Dari uji konsumsi bahan bakar tidak bisa disimpulkan mempunyai hasil yang sama. Hal ini karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu gaya berkendara, usia mesin kendaraan dan kepadatan lalu lintas yang digunakan untuk melakukan uji konsumsi BBM.

Efek Buruk Mobil Xpander Habis Bensin

Pengisian bahan bakar termasuk salah satu cara merawat kondisi dan mempertahankan usia mesin agar bisa awet. Sedangkan kebiasaan telat mengisi bahan bakar bisa menyebabkan mesin kendaraan Anda cepat rusak.

Oleh karenanya dibawah ini adalah efek negatif telat isi bensin di mobil Mitsubishi Xpander, yaitu:

Mobil Sulit Hidup

Kebisaan telat mengisi bensin bahkan sampai bensin habis dapat membuat kendaraan Anda sulit untuk dihidupkan. Apalagi ketika menyalakan kendaran setelah bahan bakar habis seluruhnya.

Tangki yang Berkarat

Terlalu sering membiarkan tangki bahan bakar Anda dalam keadaan kosong bisa menyebabkan permukaan tangki yang berkarat karena oksidasi.