Konsumsi Bensin Xeon per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Xeon – Yamaha Xeon merupakan salah satu motor yang terkenal cukup irit. Itulah yang menjadi alasan mengapa motor ini banyak disukai oleh orang. Yamaha Xeon itu sendiri terbagi menjadi beberapa tipe dan membutuhkan konsumsi BBM yang berbeda – beda.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin Xeon? Konsumsi bensin Xeon 125 adalah 32,9 km/liter, konsumsi bensin Xeon RC adalah 46,77 km, dan konsumsi bensin Xeon GT 125 adalah 59 km/liter. Uji konsumsi bensin tersebut dilakukan pada kondisi jalan bebas hambatan.

Berikut beberapa pembahasan tentang bensin Xeon yang akan dibahas pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Xeon Semua Tipe
  • Kapasitas Tangki Motor Yamaha Xeon
  • Jenis Bensin Terbaik untuk Yamaha Xeon
  • Akibat Penggunaan Bahan Bakar Oktan Rendah pada Motor Xeon
  • Penyebab Indikator Bensin Motor Xeon Tidak Berfungsi

Konsumsi Bensin Xeon

Yamaha Xeon memiliki beberapa tipe seperti Xeon 125, Xeon RC, dan Xeon GT 125. Ketiga motor Xeon tersebut membutuhkan konsumsi bahan bakar yang berbeda – beda.

Berikut adalah tabel konsumsi bensin Xeon semua tipe:

Tipe MotorKonsumsi BBM
Yamaha Xeon 12532,9 km/liter
Yamaha Xeon RC46,77 km/liter
Yamaha Xeon GT 12559 km/liter
Advertisements

Uji konsumsi bahan bakar motor Xeon tersebut bisa saja berbeda pada setiap orangnya, tergantung pada jenis bahan bakar, kecepatan laju motor, serta beban angkutnya.

Kapasitas Tangki Motor Xeon

Motor Yamaha Xeon semua tipe memiliki ukuran tangki bensin yang sama, yaitu 3,8 liter.

Meskipun memiliki ukuran tangki bensin yang sama, namun untuk waktu pengisian bensin Yamaha Xeon tersebut berbeda.

Untuk motor Yamaha Xeon generasi lama (Xeon 125 atau Xeon  Karbu), bahan bakar yang digunakan akan lebih boros dibanding dengan Yamaha Xeon RC  dan Yamaha Xeon GT 125.

Hal tersebut dikarenakan Yamaha Xeon lama masih menggunakan teknologi karburator. Sedangkan untuk Xeon RC dan Xeon GT 125 sudah menggunakan teknologi injeksi, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih irit.

Jenis Bensin Terbaik untuk Motor Xeon

Advertisements

Yamaha Xeon memiliki rasio kompresi 10,9 : 1, sehingga bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Xeon adalah Pertamax.

Hal tersebut karena sistem pendingin air pada Yamaha Xeon tinggi, sehingga torsi putaran yang dihasilkan akan semakin besar. Oleh sebab itu, bahan bakar yang disarankan adalah bahan bakar yang mengandung oktan 91 atau setara dengan pertamax.

Akibat Penggunaan Bahan Bakar Oktan Rendah pada Motor Xeon

Sebenarnya bahan bakar motor Xeon yang digunakan harus sesuai antara spesifikasi kompresinya dengan oktan bahan bakar. Sebagai contoh bahan bakar yang cocok untuk Xeon adalah bahan bakar yang mengandung tingkat oktan 91.

Namun jika motor Xeon menggunakan bahan bakar dengan tingkat oktan di bawah 91 (misalnya premium dengan kandungan oktan 88), hal tersebut bisa membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Jika digunakan dalam jangka waktu panjang tentu akan berbahaya bagi mesin Xeon.

Oleh sebab itu, gunakan bahan bakar motor Xeon dengan tingkat oktan yang sesuai dengan kompresinya.

Penyebab Indikator Bensin Yamaha Xeon Tidak Berfungsi

Indikator bensin pada motor Xeon berfungsi untuk mengetahui isi bensin yang ada di dalam tangki. Namun indikator bensin ini sering mengalami kerusakan, contohnya seperti indikator menunjukkan isi tangki masih banyak namun bensin yang ada di tangki sudah habis.

Hal tersebut tentu akan merepotkan pemilik kendaraan. Anda harus membuka tangki bensin dan melihatnya secara langsung. Berikut adalah beberapa penyebab indikator bensin motor Xeon tidak berfungsi dengan normal.

Advertisements

Fuel sensor motor Xeon rusak

Saat fuel sensor mengalami kerusakan, maka indikator bensin tidak akan berfungsi dengan normal. untuk memperbaikinya, Anda bisa melihat pada buku panduan motor. Jika setelah Anda perbaiki fuel sensor masih tidak berfungsi, maka Anda bisa membawanya ke bengkel.

Pelampung motor rusak

Penyebab indikator motor rusak yang kedua adalah karena pelampung motor rusak. Anda bisa menggunakan AVO meter untuk mengecek rangkaian kabel pelampung. Jika setelah dicek ternyata indikator tetap tidak menyala, maka pelampung motor Xeon sedang bermasalah.

Ada jaringan kabel yang putus.

Kabel memiliki fungsi untuk mengalirkan aliran listrik pada fuel sensor agar indikator bisa menyala. Jika kabel tersebut putus, maka aliran listrik tidak dapat tersalurkan. Akibatnya, indikator bensin tidak bisa berfungsi dengan normal.

Speedometer pada motor Yamaha Xeon rusak

Di dalam speedometer terdapat serangkaian kabel yang memiliki fungsinya masing – masing. Jika kabel indikator bensin mengalami kerusakan, tentu saja indikator bensin tidak akan berfungsi.

Jika mengalami permasalahan tersebut, Anda perlu membawanya ke bengkel untuk pengecekan. Jangan mencoba untuk membetulkannya sendiri jika Anda tidak memahami tentang kelistrikan motor. Hal tersebut agar tidak memperburuk kerusakan.

Aki motor Yamaha Xeon bermasalah

Aki merupakan komponen utama dalam sistem kelistrikan pada motor Xeon. Jika aki motor bermasalah maka sistem kelistrikan motor juga akan terganggu. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja fuel sensor yang mengandalkan listrik untuk menghidupkannya.

Jika sensor tidak berfungsi dengan normal, maka indikator bensin juga tidak akan menyala.