Advertisements

Konsumsi Bensin Xenia per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin Xenia – Daihatsu Xenia merupakan jenis mobil Low MPV atau Low Multi Purpose Vehicle yang merupakan mobil multiguna dengan fitur sederhana yang identik dengan mobil keluarga dengan kapasitas penumpang banyak dan irit bahan bakar.

Lalu berapa konsumsi bensin Xenia? Konsumsi bensin Xenia 1000 cc adalah 15 km/liter, konsumsi Xenia 1300 cc adalah 29,9 km/liter dan konsumsi bensin Xenia 1500 cc adalah 29,3 km/liter. Uji konsumsi bensin tersebut dilakukan oleh Daihatsu dengan kecepatan konstan 60 km/jam

Untuk informasi lebih lengkap mengenai bensin Xenia, anda bisa menyimak artikel dibawah ini :

Daftar Isi :

  • Konsumsi Besin Xenia
  • Kapasitas Tangki Bensin Xenia
  • Jenis Bensin Terbaik Xenia
  • Faktor Yang Menyebabkan Bensin Xenia Boros
Advertisements

Konsumsi Bensin Xenia

Daihatsu Xenia terdiri dari beberapa tipe mesin yang berbeda dengan konsumsi bensin yang berbeda pula. Berikut ini adalah konsumsi bensin Xenia, yang disajikan dalam bentuk tabel :

Tipe XeniaKonsumsi Bensin
Xenia 1000 cc15 km/liter
Xenia 1300 cc29,9 km/liter
Xenia 1500 cc29,3 km/liter

Uji konsumsi pada Xenia 1300 cc dan 1500 cc dilakukan Daihutsu dengan medan jalan rata dengan kecepatan konstan 60 km/liter.

Selain itu Daihatsu juga melakukan uji konsumsi dengan kecepatan konstan 100 km/jam dan menunjukan konsumsi bensin Xenia 1300 cc sebesar   17,7 km/liter, dan konsumsi bensin Xenia 1500 cc sebesar 17,5 km/liter.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Xenia

Kapasitas tangki bahan bakar setiap mobil berbeda-beda, tergantung pada kapasitas mesinnya. Semakin tinggi kapasitas mesin, semakin tinggi pula kapasitas tangki bahan bakar mobil tersebut.

Daihatsu Xenia semua tipe memiliki ukuran kapasitas tangki yang sama yaitu 45 liter. Sehingga kendaraan cukup aman untuk digunakan bepergian jarak jauh.

Advertisements

Jenis Bensin Terbaik Mobil Xenia

Untuk mendapatkan kerja mesin yang optimal, anda perlu mengetahui rasio kompresi mesin Xenia anda. Setiap kendaraan memiliki rasio kompresi mesin yang bebeda. Rasio kompresi ini mempengaruhi pemilihan penggunaan bahan bakar yang cocok bagi Xenia.

Xenia 1000 cc dan 1300 cc memiliki rasio  kompresi 11: 1 dan Xenia 1500 cc adalah 11,5 : 1, sehingga jenis bahan bakar yang ideal untuk Xenia adalah jenis bahan bakar dengan nilai oktan 95 yaitu bensin Pertamax plus.

Faktor Yang Konsumsi Bensin Daihatsu Xenia Boros

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi bensin Xenia menjadi boros:

Advertisements

Telat ganti oli

Kualitas oli yang sudah buruk akan menyebabkan kerja antar komponen mesin semakin keras, sehinga bahan bakar yang dibutuhkan untuk kerja mesin juga semakin besar.

Kondisi Mesin

Kondisi mesin yang tidak prima bisa menyebabkan konsumsi bensin tidak efisien. Contohnya pada kondisi mesin yang lama tidak melakukan servis di bengkel resmi, kerja mesin menjadi berat dan berimbas pada konsumsi bensin menjadi boros.

Tekanan Angin Ban

Ketika tekanan angin ban kurang, tingkat resistensi roda untuk berputar semakin tinggi, sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan putaran pada roda. Hal ini menyebabkan mesin bekerja ekstra dan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak.

Kondisi Jalan

Pada kondisi medan jalan berat, seperti jalan menanjak, jalan rusak dan bergelombang bisa menyebabkan kerja mesin semakin keras dan bensin yang dibutuhkan juga semakin banyak, selain itu pada jalanan yang macet, posisi mobil yang tidak bergerak namun mesin mobil tetap menyala, juga bisa memakan banyak bahan bakar.

Beban Muatan 

Bebabn muatan mobil mempenagruhi tenaga yang dibutuhkan mobil untuk melaju. Sehingga kapasitas bahan bakar yang dibutuhkan juga berbeda. semaikin banyak beban semakin besar konsumsi bensin yang dibutuhkan juga semakin besar.

Usahakan untuk tidak membawa beban melebihi batas maksimal yang dianjurkan, selain bensin menjadi boros, keamanan juga dipertaruhkan.

Gaya berkendara

Faktor yang terakhir dan utama adalah gaya mengemudi, gaya mengemudi yang tidak stabil seperti kebut-kebutan, dan kebiasaan melakukan pengereman dadakan dapat menyebabkan bensin boros.

Usahakan untuk mengemudi dengan kecepatan konstan, dan tidak melakukan prengereman mendadak dan terlalu dalam.