Advertisements

Konsumsi Bensin Win dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Win – Dari tahun ke tahun motor Honda Win banyak diminati karena tingkat keiritan bahan bakar yang dimiliki. Bahkan motor lawas ini dulunya sempat dipakai sebagai kendaraan dinas pemerintahan.

Lalu berapa konsumsi bensin Win? Konsumsi bensin  Win 100 adalah 51 km/liter. Hasil ini diperoleh dari uji konsumsi bahan bakar di dalam kota.

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai konsumsi bensin motor Honda Win, silahkan untuk melihat penjelasan di bawah ini:

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Motor Honda Win Tiap Liter
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin yang Cocok untuk Honda Win
  • Selisih Pemakaian Bensin Honda Win dengan Yamaha RX King
  • Dampak Buruk Telat Isi Bensin Honda Win 

Konsumsi Bensin Win

Advertisements

Honda Win hanya memiliki 1 tipe yaitu Honda Win 100. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya motor ini sangatlah irit. Pemakaian bensin untuk motor Honda Win adalah 51 km/liter.

Uji konsumsi bahan bakar digunakan untuk mengetahui  tingkat ekonomis kendaraan ketika digunakan. Dengan menggunakan bahan bakar yang hemat bahan bakar tentunya pengeluaran bulanan juga bisa terkontrol.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Win

Tiap kendaraan tentunya dibekali dengan komponen yang tidak sama antara kendaraan satu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk jenis bensin memang harus disesuaikan dengan ukuran mesin yang ada. Sebab bensin juga berkaitan dengan kesehatan mesin.

Berikut ini merupakan kapasitas tangki beserta jenis bensin yang bisa Anda gunakan untuk motor Honda Win, yaitu:

Kapasitas Tangki Motor Honda Win

Honda Win memiliki desain dan bentuk yang ramping. Meski begitu ukuran tangkinya juga cukup besar, yaitu sekitar 8 liter. Ukuran ini disesuikan dengan konsumsi bensinnya sudah bisa digunakan pada jarak yang jauh.

Jenis Bensin yang Tepat untuk Motor Win

Advertisements

Motor Honda Win ini dibekali dengan kompresi mesin sebesar 8.8 : 1. Jika dilihat dari besaran kompresi tersebut maka jenis bensin yang bisa Anda gunakan pada motor Honda Win adalah Premium.

Bensin Premiun dengan kandungan oktan 88 disarankan untuk digunakan pada kendaraan dengan nilai kompresi mesin mulai dari 7:1 sampai 9:1. Oleh sebab itu motor Honda Win disarankan untuk menggunakan bensin ini.

Meski demikian Anda masih bisa untuk menggunakan jenis bensin Pertalite, yang memiliki kualitas 1 tingkat diatas bensin Premium. Pertalite sendiri mempunyai besaran oktan sebesar 90.

Selisih Pemakaian Bensin Honda Win dengan RX King

Honda Win 100 menjadi motor legendaris yang tidak terkalahkan dalam hal keiritan bahan bakar. Bahkan pesaingnya pun mengakui tingkat keiritan dari kendaraan ini. Motor ini sering dibandingkan dengan Yamaha RX King.

Lantas siapa yang paling irit diantara motor Honda Win 100 dan Yamaha RX King?

Anda dapat mengetahui jawabannya dalam pembahasan di bawah ini:

Merk MotorKonsumsi Bahan Bakar
Honda Win 10051 km/liter
Yamaha RX King35 km/liter
Advertisements

Berdasarkan data diatas Anda bisa melihat bahwa motor Honda Win 100 lebih irit jika dibandingkan dengan motor Yamah RX King. Bahkan dari segi selisihnya pun terlihat jangkauan angka yang cukup besar.

Uji konsumsi bahan bakar bisa didapatkan dengan menghitung perbandingan antara jarak yang ditempuh dan banyaknya bensin yang digunakan. Meski demikian kondisi mesin dan kondisi lalu lintas bisa mempengaruhi hasil dari perhitungan.

Dampak Buruk Telat Isi Bensin Win 

Motor Honda Win 100 termasuk jenis motor lawas yang memerlukan perawatan ekstra. Maka dari itu Anda harus memperhatikan juga ketepatan pengisian bensinnya. Sebab terlambat mengisi bensin akan berdampak buruk pada sistem mesin kendaraan Anda.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang bisa Anda ketahui dari motor Honda Win yang telat isi bensin, yaitu:

Ventilasi Bensin Tersumbat

Tangki mesin yang sering dibiarkan kosong dapat timbul endapan yang mengganggu. Jika dibiarkan endapan tersebut bisa ikut terbawa dalam mesin dan membuat ventilasi bensin kendaraan Anda tersumbat.

Tangki Bensin Berkarat

Tangki bensin harus terendam penuh kedalam bahan bakar. Hal ini untuk mencegah timbulnya karat pada permukaan tangki bensin Anda. Tangki yang berkarat juga akan beresiko jebol karena lapisan yang semakin tipis.

Motor Mogok Sewaktu-Waktu

Bensin yang dimasukkan kedalam tangki yang berkarat dapat menurunkan kualitas yang dimiliki oleh bensin. Hal ini jika dibiarkan akan membuat mesin kendaraan Anda tidak bisa berjalan secara maksimal. Hasilnya motor bisa mogok sewaktu-waktu.

Mesin Motor Terlalu Panas

Membiarkan tangki bensin dalam keadaan kosong bisa memicu terjadinya overheat pada mesin kendaraan. Hal ini dikarenakan bensin juga berfungsi sebagai penggerak dari mesin pendingan pada motor Anda.

Indikator Bensin Rusak

Motor yang kehabisan bahan bakar bisa menimbulkan kerusakan pada indikator bensin. Hal ini bisa menjadikan data yang dihasilkan pada indikator bensin tidak lagi akurat. Sedangkan cara perbaikannya memerlukan biaya yang mahal dan harus dikalibrasi ulang.