Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Vixion dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Vixion – Vixion menjadi salah  satu  motor sport yang banyak diminati hingga sekarang. Salah satu alasannya adalah tingkat keiritan bensin  yang dimiliki oleh motor ini.

Berapakah konsumsi bensin vixion? Konsumsi bensin Vixion Old adalah 40,7 km/liter, konsumsi bensin New Vixion Lightning adalah 48 km/liter, konsumsi bensin New Vixion Advance adalah 37,5 km/liter. Lalu konsumsi bensin Vixion R adalah 41,6 km/liter.

Bagi Anda yang mencari informasi tentang konsumsi bensin Yamaha Vixion, silahkan untuk menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Yamaha Vixion Tiap Liter
  • Daya Muat Tangki dan Jenis Bensin untuk Yamaha Vixion
  • Selisih Konsumsi Bensin Yamaha Vixion dan Honda CBR150R
  • Resiko Terlambat Isi Bensin di Motor Yamaha Vixion
Advertisements

Konsumsi Bensin Vixion

Motor Yamaha Vixion memiliki beberapa tipe motor dengan nilai konsumsi bahan bakar yang berbeda. Berkut daftar konsumsi bensin vixion dalam bentuk tabel:

TipeKonsumsi Bensin
Yamaha Vixion  Old40,7 km/liter
Yamaha New Vixion Lightning48 km/liter
Yamaha New Vixion Advance37,5 km/liter
Yamaha Vixion R41,6 km/liter

Uji konsumsi bahan bakar adalah nilai yang menunjukkan tingkat irit tidaknya penggunaan bahan bakar pada kendaraan Anda. Dalam menentukan uji konsumsi bahan bakar terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti kondisi kepadatan jalan.

Volume Tangki dan Jenis Bensin untuk Yamaha Vixion

Beberapa kendaraan pastinya memiliki spesifikasi yang tidak sama. Begitu juga ukuran tangki dan jenis bensin yang dimiliki. Daya muat bensin dapat menjadi perhitungan jenis kendaraan untuk jarak jauh atau tidak.

Oleh sebab itu berikut ini adalah daya muat dan jenis bensin untuk motor Yamah Vixion, yang tepat:

Volume Tangki Bensin Yamaha Vixion

Daya muat tangki bensin di motor Yamaha Vixion hampir seragam. Perbedaan hanya terletak pada salah satu tipe motor terbarunya, yaitu Yamaha Vixion R.

Di bawah ini adalah data ukuran tangki bensin pada Yamaha Vixion, yaitu:

Advertisements
Jenis KendaraanPemakaian Bensin
Yamaha Vixion  Old12 L
Yamaha New Vixion Lightning12 L
Yamaha New Vixion Advance12 L
Yamaha Vixion R11 L

Jenis Bensin Motor Yamaha Vixion

Motor Yamaha Vixion dibekali dengan ukuran rasio kompresi mesin yang sedang, yaitu sebesar 10,4 : 1. Oleh sebab itu dengan mengetahui rasio kompresi mesinnya, Anda bisa menentukan jenis bahan bakar yang tepat.

Jenis bensin yang dipakai di motor Yamaha Vixion adalah jenis Pertamax (RON 92). Jenis bensin ini sangat direkomendasikan karena memiliki komponen oktan yang sesuai dengan mesin Yamaha Vixion itu sendiri.

Selain jenis Pertamax dengan RON 92. Anda juga bisa menggunakan bensin dengan 1 tingkat lebih tinggi yaitu Pertamax Plus (RON 95). Penggunaan bensin dengan kualitas lebih tinggi biasanya akan lebih bagus namun dengan pengeluaran ekonomi yang lebih besar.

Hal ini tentunya akan jauh lebih baik daripada Anda menggunakan bensin dengans standar di bawah bensin Pertamax (RON 92), seperti Pertalite (RON 90) atau Premiun (RON 88)

Selisih Konsumsi Bensin Motor Vixion dan CBR150R

Motor Yamaha Vixion banyak diminati. Meski begitu muncul pesaingnya yaitu Honda CBR150R, yang diklaim lebih irit daripada motor Yamaha Vixion.

Pasalnya kedua kendaraan ini memiliki komponen dan ukuran mesin yang hampir sama, yaitu 150 cc dan kapasitas 4 tak. Maka dari itu sudah menjadi hal yang wajar jika kendaraan ini banyak dibandingkan.

Lantas siapa yang menempati posisi kendaraan teririt antara motor Yamaha Vixion dan Honda CBR150R?

Berikut ini merupakan tabel perbandingan keiritan kedua motor tersebut:

Merk MotorKonsumsi Bensin
Yamaha Vixion48 km/liter
Honda CBR150R42,4 km/liter
Advertisements

Dari hasil diatas Anda dapat melihat bahwa Yamaha Vixion lebih unggul untuk segi keiritan bahan bakar dengan menunjukkan rentang angka yang cukup jauh. Hal ini membuktikan bahwa Yamaha Vixon lebih irit daripada saingannya yaitu Honda CBR150R.

Resiko Terlambat Isi Bensin di Motor Yamaha Vixion

 Pengisian bahan bakar harus dilakukan secara tepat waktu. Sebab telat mengisi bensin akan memberikan dampak buruk bagi kondisi mesin kendaraan Anda.

Berikut ini merupakan resiko yang akan muncul saat Anda terlambat isi bensin motor Yamaha Vixion, yaitu:

Timbul Endapan di Bagian Dalam Tangki

Akibat terlalu sering membiarkan tangki kosong dapat membuat bagian dalamnya timbul endapan dari sisa-sisa kotoran. Hal ini akan sangat berbahaya ketika Anda hendak mengisi bensin. Sebab endapan tersebut bisa ikut masuk kedalam sistem mesin motor Anda.

Tangki Berkarat

Proses berkaratnya tangki bahan bakar pada suatu kendaraan karena disebabkan oleh tidak adanya bahan bakar di dalamnya. Sebab tangki bensin idealnya harus selalu terisi bahan bakar secara penuh, untuk mencegah terjadinya korosi.

Kualitas Bahan Bakar Menurun

Tangki bahan bakar yang memiliki kondisi tidak baik akan membuat kualitas dari bahan bakar Anda menurun. Hal ini tentunya akan membuat kondisi mesin kendaraan Anda tidak berada dalam keadaan yang bagus.