Konsumsi Bensin Vios per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin Vios – Toyota Vios atau yang sering juga disebut Toyota Limo bagi mobil Vios yang dikhususkan untuk armada taksi, merupakan jenis mobil sedan yang cocok digunakan di jalanan perkotaan. Konsumsi Vios terbilang yang paling irit jika dibandingkan dengan jenis mobil sedan lainnya.

Lantas berapa konsumsi bensin Vios? Konsunsi bensin Vios generasi pertama adalah 11 km/liter, konsumsi bensin vios generasi kedua adalah 12 km/liter dan konsumsi bensin vios generasi ketiga adalah 13 km/liter. Konsumsi bensin tersebut merupakan konsumsi bensin saat berkendara di jalan dalam kota.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai konsumsi bensin vios, anda bisa mengikuti artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Toyota Vios
  • Jenis Bensin Toyota Vios
  • Kapasitas Tangki Bensin Toyota Vios
  • Dampak Menggunakan Bensin Yang Tidak Sesuai Pada Toyota Vios
  • Tanda Filter Bensin Vios Perlu Diganti

Konsumsi Bensin Vios

Berikut ini adalah tabel daftar konsumsi bensin Toyota Vios semua generasi :

Tipe MobilKonsumsi Bensin
Vios Generasi pertama11 km/liter
Vios Generasi kedua12 km/liter
Vios generasi ketiga13 km/liter

Haisl diatas merupakan hasil perhitungan konsumsi bahan bakar Vios saat digunakan berkendara pada rute jalan dalam kota.

Berdasarkan beberapa catatan pengetesan pada jalanan luar kota denga medan jalan lancar, konsumsi bbm vios generasi 1 dapat mencapai 10-14 km/ liter, generasi kedua 15 km/liter dan generasi ketiga bisa mencapai 18,5 km/liter bahkan ketika digunakan pada jalan tol dengan kecepatan konstan 100 km/jam konsumsi bensin vios gen 3 mampu mencapai 20,2 km/liter.

Jenis Bensin Yang Cocok Untuk Mobil Vios

Sebelum memilih bahan bakar yang tepat bagi mobil anda perlu mengetahui kompresi mesin mobil anda yang selanjutnya akan disesuaikan dengan nilai oktan bahan bakar yang cocok. Semakin tinggi kiompresi mesin atau ruang bakar, nilai oktan bahan bakar yang dibutuhkan juga semakain tinggi.

Toyota Vios memiliki kompresi mesin 10,5 : 1 sehingga bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrik adalah benin dengan nilai oktan 92 atau bensin Pertamax.

Kapasasitas Tangki Bensin Mobil Vios

Setiap kendaraan memiliki kapasitas tangki masing-masing yng diseuakan dengan kapasitas mesin. Kapasitas tangki Vios pada semua tipe memiliki ukuran yang sama yaitu 42 liter. Sehingga mobil anda digunakan pada perjalanan jarak jauh maupun saat digunakan cukup lama dalam kemacetan.

Dampak Menggunakan Bensin Yang Tidak Sesuai

Niliai oktan merupakan nilai kekuatan bahan bakar pada tekanan sebelum terbakar dengn sendirinya. Semakin besar nilai oktan semakin tinggi pula tekanan yang mampu ditahan. Sehingga semakin tinggi kompresi mesin, bahan bakar yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Berikut ini dapak yang ditimbulkan jika menggunakan bensin yang tidak sesuai dengan Toyota Vios:

Dampak Menggunakan Bensin Dengan Nilai Oktan Rendah

Menggunkaan bahan bakar yang lebih rendah dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ledakan dini bahan bakar karena tidak tahan pada kompresi mesin yang tinggi atau disebut detonasi dan menyebabkan knocking mesin ngelitik yang beriko merusak mesin mobil.  

Bensin yang disarankan untuk Toyota Vios adalah bensin denga nilai oktan 92 atau Pertamax. Sehingga Vios kurang cocok menggunakan bensin Pertalite yang beroktan 90.

Dampak Menggunakan Bensin Dengan Nilai Oktan Tinggi

Apabila nilai oktan terlalu tinggi pada kompresi mesin mobil, dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan kerak karbon yang dapat menyumbat saluran pembakaran dan mengontaminasi oli yang selanjutnya akan merusak komponen mobil.

Tanda Filter Bensin Toyota Vios Harus Diganti

Filter bensin atau fuel bensin mempunyai fungsi penting dalam mendukung pembakaran, yaitu menyaring bensin yang dihisap oleh pompa bensin dari kotoran yang bisa mengontaminasi bensin.

Berikut ini tanda filter bensin anda perlu diganti :

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Terdapat berbagai penyebab mobil sulit dinyalakan, namun hal ini juga bisa diakibatkan oleh kurangnya bensin yang mengalir ke ruang pembakaran. Jika sistem penyaringan tersumbat atau kotor, aliran bahan bakar jadi tersumbat dan tidak stabil, sehingga mesin susah dinyalakan.

Mesin Mobil Sering Mati Mendadak

Selain mesin yang sulit dinyalakan, aliran yang bahan bakar yang tidak stabil bisa menyebabkan pasokan bensin tidak lancar ketika melaju. Mesin mungkin bisa dinyalakan karena masih ada bensin di saluran bahan bakar, namun bensin akan habis ketika mobil melaju dan melakukan pembakaran.  Sehingga mobil sering mati mendadak.

Performa mobil menurun

Turunnya performa mobil dapat dirasakan ketika mobil melewati medan jalan yang berat seperti tanjakan, hal ini karena mobil membutuhkan tenaga ektra namun kebutuhan bahan bakar tidak terpenuhi karena filter bensin yan tersumbat.