Advertisements

Konsumsi Bensin Verza dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Verza – Motor verza merupakan jenis motor naked generasi penerus dari honda mega pro. Hal ini tentu mendapatkan pembaruan dari motor sebelumnya, salah satunya tangki yang lebih besar dan konsumsi bensi yang irit. Untuk mengetahui kapasitas tangki dan konsumsi bensin silahkan simak artikel berikut. 

Berapa konsumsi bensin verza? Penggunaan bensin motor verza 149 cc adalah 48km/liter melalui test dengan metode ECE R40.

Daftar isi:

  • Konsumsi Bensin Verza
  • Kapasitas Tangki Verza
  • Jenis Bensin Yang Cocok Untuk Verza
  • Penggunaan Filter Bensin Verza
  • Ciri-Ciri Filter Bensin Kotor Verza
  • Akibat Salah Pilih Jenis Bensin Verza

Konsumsi Bensin Verza

Advertisements

Daya konsumsi pada motor bergantung pada kapasitas mesinya. Semakin tinggi CC motor semakin tinggi juga daya konsumsi bensin tersebut. Pada motor verza terbilang sangat irit penggunaan bahan bakar

Perusahaan honda klaim bahwa motor verza dengan kapasitas mesin 149cc menggunakan teknologi PGM-FI mampu mendapatkan hasil konsumsi bensin 48Km/liter pada test menggunakan metode ECE R40.

Dengan teknologi PGM-FI dari Honda tersebut membuat motor Verza sangat irit konsumsi bensin dan sangat ramah untuk penggunaan sehari-hari.

Kapasitas Tangki Verza

Motor jenis naked berkode GL15B1DF atau Verza 150 ini terdapat tangki yang cukup besar. Dengan besarnya tangki maka volume bensin juga akan sangat banyak yaitu mencapai 12,2 liter.

Berdasarkan informasi lain yang telah diperoleh, jika tangki terisi penuh dalam penggunaannya, verza dapat menempuh hingga 58km/liter. Akan tetapi daya konsumsi bensin juga bisa dipengaruhi oleh kondisi jalanan.

Jenis Bensin Yang Cocok Untuk Motor Verza

Advertisements

Di Indonesia terdapat berbagai jenis bahan bakar yang bisa dipilh untuk kendaraan kita, motor Verza memiliki kompresi 9,3:1. Dengan kategori kompresi tersebut jika disesuaikan dengan kompresinya masih cocok menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan 90.

Bahan bakar yang disarankan untuk kriteria motor verza adalah menggunakan bahan bakar pertalite. Jika menggunakan bahan bakar yang sesuai maka jarak tempuh motor ini dengan menggunakan satu liter bensin dapat digunakan dengan kisaran jarak 46,3 km , hal tersebut berdasarkan hasil pengujian Euro-2.

Akibat Salah Pilih Jenis Bensin Verza

Kendaraan tentu memerlukan bahan bakar agar dapat digunakan. Setiap kendaraan memiliki kapasitas mesin yang berbeda oleh karena itu terdapat perbedaan kandungan dalam konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh motor.

Terdapat beberapa jenis bensin untuk beberapa jenis kendaraan yaitu bahan bakar peremium, pertalite, dan pertamax. Jenis bensin tersebut dibedakan pada kandungan oktan rendah sampai yang tertinggi. Pertalite memiliki oktan di angka 90, sedangkan premium di angka 88.

Verza dengan kapasitas mesin 150cc SOHC, bersilinder tunggal, serta menggunaan sistem sulpai bahan bakar PGM-FI, maka bahan bakar yang dibutuhkan adalah cukup dengan jenis pertalite. Hal ini sesuai dengan kapasitas mesin yang dimilikinya.

Sering sekali pengendara motor memilih jenis bensin yang mempunyai kandungan oktan yang tinggi namun kapasitas mesin sebenarnya tidak membutuhkan, hal ini dapat menyebabkan knockingjika dilakukan secara terus menerus.

Melakukan pengisian dengan berbeda-beda jenis bensin juga bisa menyebabkan daya konsumsi akan lebih boros serta performa kendaraan akan menurun.

Advertisements

Ciri Filter Bensin Kotor Verza

Filter bensin atau penyaring pada verza terdapat di luar tangki lebih tepatnya dibagian bawah tangki. Penyaring bensin pada verza ini hanya sekali pakai, maka jika filter bensin sudah kotor harus di ganti dengan yang baru.

Ciri- ciri jika filter bensin verza telah kotor biasanya motor akan sulit untuk dinyalakan, butuh berkali-kali untuk starter. Selain itu motor juga akan terasa berat dan terdapat sendatan saat motor dijalankan.  Hal tersebut disebabkan karena filter bensin tertumpuk dengan debu dan kotoran sehingga tidak bisa menyerap bahan bakar dengan maksimal.

Jika terdapat ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera mengganti filter bensin, agar kotoran tidak menumpuk dan masuk dalam pompa yang bisa mengakibatkan kerusakan pada fuel pump verza. Pergantian filter bisa dilakukan setiap 20.000 km – 30.000 km

Harga filter bensin pada motor verza yaitu Rp. 150.000 original AHM.