Konsumsi Bensin Vega per Kilometer dan Kapasitas Bensin Nya

Bensin Vega –  Dari tahun ke tahun Yamaha Vega menjadi motor bebek yang sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini karena konsumsi bensinnya yang irit daripada motor bebek lainnya.

Advertisements

Lantas berapa konsumsi bensin Vega? Konsumsi bensin Vega R dan New Vega R adalah 35 km/jam. Lalu untuk konsumsi bensin ZR adalah 46 km/liter dan konsumsi bensin Yamaha New Vega RR adalah 55,6 km/liter.

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai konsumsi bensin \Vega, silahkan melihat pada artikel berikut ini:

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bahan Bakar Motor Yamaha Vega Tiap Liter
  • Ukuran Tangki dan Jenis Bahan Bakar yang Tepat untuk Yamaha Vega
  • Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Vega dan Suzuki Shogun
  • Dampak Buruk Motor Yamaha Vega Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Vega

Ketika melakukan uji bahan bakar pada motor Vega diperoleh data, yang menyatakan bahwa motor ini terbilang cukup irit. Berikut data konsumsi bensin vega dalam bentuk tabel:

Jenis MotorKonsumsi BBM
Yamaha Vega R35 km/jam
New Yamaha Vega R35 km/jam
Yamaha Vega ZR46 km/jam
Yamaha New Vega RR55,6 km/liter
Advertisements

Berdasarkan data dari hasil uji pemakaian bahan bakar di atas, beberapa indikator ketika melakukan uji coba bisa mempengaruhi hasil akhirnya. Maka dari itu standar ukuran ini bisa menunjukkan hasil yang berbeda.

Kapasitas Tangki dan Jenis BBM untuk Motor Vega

Pastinya Anda sudah tau bahwa tiap kendaraan ditunjang dengan mesin yang tidak sama. Maka dari itu sudah pasti bahwa beberapa komponen yang ada antara kendaraan satu dengan lainnya juga tidak sama.

Berikut ini adalah ukuran tangki bensin dan jenis bensin yang cocok untuk di pakai pada motor Yamaha Vega, yaitu:

Ukuran Tangki Bahan Bakar Yamaha Vega

Ukuran tangki bahan bakar pada suatu kendaraan akan berfungsi sebagai ukuran maksimal bahan bakar yang mampu tersimpan. Semakin besar ukurannya maka  volume bensin yang bisa dimasukkan juga lebih besar. Ukuran tangki BBM Yamaha Vega adalah 4,2 Liter.

Jenis Bahan Bakar untuk Yamaha Vega

Advertisements

Motor Yamaha Vega memiliki rasio kompresi motor  9.3 : 1. Maka dari rekomendasi bahan bakar yang paling tepat untuk motor ini adalah Pertalite karena memiliki RON 90. RON itu sendiri merupakan standar yang menentukan kualitas dari BBM yang direkomendasikan.

Selain bahan bakar jenis Pertalite (RON 90) Anda juga bisa menggunakan bahan bakar Pertamax (92).

Penggunaan bensin Pertamax Plus (RON 95) kurang disarankan untuk digunakan pada motor Yamaha Vega.

Sedangkan usahakan agar tidak menggunakan bahan bakar dengan RON di bawah 90, misalnya Premium dengan RON 88. Hal ini untuk menjaga kondisi mesin kendaraan Anda.

Perbandingan Konsumsi BBM Motor Vega dan Shogun

Saat ini terdapat beberapa produsen kendaraan  yang juga memproduksi motor bebek. Maka dari itu dalam mencari kendaran yang cocok banyak masyarakat yang membandingkan tingkat keiritan antara 2 kendaraan.

Maka dari itu kali ini akan dicari perbandingan konsumsi bensin untuk motor Suzuki Shogun 110 R dan  Yamaha Vega R karena memiliki ukuran mesin yang sama.

Dimanakah diantara keduanya yang memiliki tingkat keiritan paling tinggi? Untuk mengetahui jawabannya silahkan untuk melihat pada tabel perbandingan berikut in:

Jenis MotorKonsumsi BBM
Suzuki Shogun 110 R30,06 km/liter
Yamaha Vega R35 km/jam
Advertisements

Berdasarkan tabel perbandinga diatas, maka dapat disimpulkan untuk Yamaha Vega R jauh lebih irit jika dibandingkan dengan motor Suzuki Shogun 110 R.

Meski demikian untuk hasil uji  dari pemakain bahan bakar tersebut bisa saja berbeda untuk tiap orangnya. Beberapa faktor yang ada bisa mempengaruhi hasil dari uji pemakaian seperti gaya berkendara, kepadatan jalan maupun usia mesin kendaraan.

Dampak Buruk Motor Yamaha Vega Kehabisan Bensin

Bahan bakar pada kendaraan adalah energi yang bisa mendukung fungsi dan kinerja mesinnya. Maka dari itu tanpa adanya bahan bakar maka kendaran tidak akan bisa berjalan. Sedangkan jika terlambat mengisi bahan bakar juga akan berdampak buruk pada motor.

Meski begitu masih banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari pentingnya mengisi bahan bakar secara tepat waktu. Padahal jika dipikirkan dampak buruk yang ada bisa sangat merugikan.

Berikut beberapa dampak buruk pada motor Yama Vega yang kehabisan bensin, yaitu:

Tangki Bagian Dalam Berkarat

Motor yang sering kehabisan bensinn dapat menyebabkan timbulnya karat pada bagian dalam tangki. Hal ini karena tangki yang harusnya berisi bahan bakar justru terisi udara. Kondisi ini jika dibiarkan dapat membuat tangki Anda keropos dan jebol.

Karburator Rusak

Karburator menjadi tempat pembakaran bahan bakar pada kendaraan. Maka dari itu jika komponen ini rusak maka motor Anda akan sangat sulit untuk dinyalakan. Paling parah motor Anda akan mati mesin karena kerusakan yang menyebar.